Tempat Wisata

Pulau Selayar : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Selayar : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Salah satu dari sekian banyak kepulauan yang ada di Kepulauan Riau, memiliki pesona bahari yang digemari pengunjung lokal maupun mancanegara dengan keanekaragaman biota laut dan terumbu karangnya yang masih alami. Wisata bahari menjadi daya tarik Kepulauan Riau, termasuk Pulau Selayar.

Pasir putih yang ada di sepanjang pantai pulau ini menjadi hal yang selalu menjadi pertimbangan pengunjung sebelum berkunjung. Banyak pengunjung yang sangat menyukai pantai dengan pasir putih karena itulah yang membuatnya menarik.

Selain itu, jernihnya air juga menjadi daya tarik dengan gradasi warna yang menunjukkan kedalaman laut Pulau Selayar. Mulai dari jernihnya air di pinggir pantai, hingga warnanya yang biru kehijauan dan biru tua menandakan betapa dalam lautnya.

Selain wisata bahari dengan pantai dan air laut yang jernih, pulau ini juga memiliki perbukitan dan pegunungan indah yang kaya akan mineral. Batuan granit juga terdapat di pulau ini, dan tidak hanya itu, pulau ini juga masih belum terjamah oleh wisatawan.

Sejarah Pulau Selayar

Pulau ini terletak di Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau dan disebut juga Suak Rappang oleh masyarakat setempat. Pulau ini kaya akan mineral dan granit, yang berarti terdapat banyak tambang di pulau ini.

Karena kekayaan mineralnya, banyak terdapat tambang di pulau ini. Para penambang mengambil mineral dan granit yang tersedia di pulau itu tanpa takut kehabisan, padahal sudah ditambang dalam jumlah yang cukup besar selama beberapa tahun.

Fasilitas di Pulau Selayar

Karena Pulau Selayar Bahkan di pulau-pulau yang masih asli belum terdapat fasilitas yang menambah kenyamanan pengunjung saat menikmati keindahan pulau, seperti: B. Paviliun sebagai tempat istirahat atau kios tempat berjualan makanan.

Berburu foto di Pulau Selayar

Tempat yang bisa digunakan untuk fotografi saat berlibur adalah pantai dengan pasir putih di sepanjang garisnya. Pasir putihnya selalu menjadi daya tarik pengunjung, terutama yang ingin menikmati suasana pantai.

Selain itu, keindahan perbukitan pulau ini juga bisa menjadi tempat fotografi selain pantainya yang berpasir dan air lautnya yang jernih. Perahu yang digunakan untuk mengantar pengunjung ke pulau ini juga dapat digunakan untuk mengabadikan kemunduran warna laut tergantung kedalamannya.

Tips berwisata ke Pulau Selayar

Mengenakan pakaian yang sesuai untuk liburan ke pantai sangat membantu terutama pakaian yang menyerap keringat agar pengunjung tidak terkesan salah memakai pakaian saat berlibur.

Gunakan tabir surya untuk mengurangi efek panas matahari, seperti: B. untuk menghindari kulit terbakar. Selain itu, kenakan juga kacamata untuk melindungi mata dan kenakan topi untuk melindungi diri dari terik sinar matahari.

Pastikan untuk mengatur waktu kunjungan Anda karena rutenya melalui laut. Saat terjadi gelombang tinggi, perahu yang digunakan tidak mampu mengangkut pengunjung untuk berkunjung Pulau Selayar.

Baca juga: Indahnya Lukisan Pelangi di Air Laut Pulau Serak

Tentukan anggaran yang akan digunakan. Menggunakan speedboat menghabiskan banyak biaya bagi pengunjung. Oleh karena itu, pengunjung juga perlu menghitung ulang anggarannya agar dapat memenuhi seluruh kebutuhan pengunjung.

Jangan tinggalkan sampah, yang terbaik adalah membawanya kembali. Menjaga kebersihan juga menjadi kewajiban pengunjung ketika berkunjung ke pulau ini. Tinggalkan jejak wisata hanya berupa foto-foto yang mengabadikan aktivitas berlibur.

Akses ke Pulau Selayar

Sebagai salah satu pulau di Kepulauan Riau yang dikelilingi laut, perahu motor atau pompong banyak digunakan sebagai alat transportasi. Untuk mencapai pulau ini melalui Kabupaten Selayar, Anda dapat menggunakan perahu motor.

Selain itu, kondisi jalan di Pulau Selayar masih belum sebaik perkotaan. Jalanan di pulau ini masih penuh kerikil dan batu, begitu pula jembatannya. Jembatan di pulau ini hanya bisa dilintasi kendaraan bermotor roda dua. Sisanya tidak berfungsi.

Karena pulau ini masih alami, tidak ada kios yang menjual makanan bagi pengunjung yang datang berkunjung. Selain itu, tidak ada penduduk yang tinggal di sana Pulau SelayarHanya orang yang ingin menambang yang tinggal di pulau itu.

Peta lokasi Pulau Selayar

Jam buka dan biaya masuk Pulau Selayar

Tidak ada peraturan khusus bagi pengunjung yang berkunjung ke pulau ini. Termasuk waktu-waktu tertentu pengunjung boleh memasuki pulau dan kapan pengunjung harus meninggalkan pulau. Jika ingin berkunjung ke Pulau Selayar, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi sebesar Rp 200.000 hingga 500.000 saja.

Cukup menentukan kapal yang akan membawa pengunjung berkunjung Pulau Selayar, lalu pengunjung bisa berwisata ke sana. Dan pastikan untuk membawa semua yang Anda butuhkan saat mengunjungi pulau ini.

Galeri Foto Pulau Selayar

Potret Pulau Selayar
Taman bunga di tepi pantai
Keindahan Perairan Pulau Selayar
Berburu Foto di Dermaga Pulau Selayar
Potret Masjid Gantarang di Pulau Selayar
Sunset di Pulau Selayar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button