Tempat Wisata

Pulau Tabuhan di Banyuwangi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Salah satu wisata tingkat internasional di Banyuwangi adalah Pulau Tabuhan. Meski hanya memiliki luas 5 hektar, pulau ini menawarkan pesona yang luar biasa.

Bagian tengah pulau terdiri dari pepohonan yang rimbun. Pepohonan hijau dikelilingi oleh pantai berpasir putih. Air lautnya juga jernih dengan warna gradasi dari hijau ke biru muda hingga biru tua.

Lokasi Pulau Tabuhan

Pulau TabuanPulau Tabuhan Sumber : instagram.com/yukbanyuwangi/

Pulau ini berada di Selat Bali. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah administrasi Desa Bengkak, Kec. Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Biaya masuk ke Pulau Tabuhan

Tarif masuk ke Pulau Tabuhan adalah sebagai berikut:

  1. Biaya masuk: Gratis
  2. Biaya Sewa Kapal: Rp 400.000 (pulang pergi)

(Diperbarui Maret 2023)

Waktu operasi Pulau Tabuhan

Wisata pulau di Selat Bali ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Peta Pulau Tabuhan

Pulau Tabuan

Jadikan liburan Anda dan liburan keluarga di Pulau Tabuhan semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Tabuhan adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Tabuhan bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pulau Tabuhan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pulau Tabuhan.

Fasilitas di Pulau Tabuhan

Sebagai destinasi wisata bertaraf internasional, pemerintah Banyuwangi tampak serius dalam mengembangkan kawasan ini. Terbukti fasilitas wisata di pulau ini cukup lengkap, termasuk tempat perkemahan.

Wisatawan yang ingin bermalam di Tabuhan bisa mendirikan tenda di bumi perkemahan ini. Ada juga banyak toilet umum.

Bagi wisatawan yang ingin sholat, di pulau kecil ini juga terdapat tempat ibadah umat Islam. Selain itu, ada juga fasilitas lainnya seperti perahu wisata, warung dan spot snorkeling.

Pulau ini cocok untuk kamu yang ingin eksis di media sosial karena banyaknya spot foto yang Instagrammable.

Tempat wisata menarik di Pulau Tabuhan

Foto Pulau TabuhanFoto Pulau Tabuhan Sumber : instagram.com/fairuzathr/

Banyak tempat wisata yang menjadi daya tarik Tabuhan. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau kecil di Banyuwangi ini. Berikut adalah beberapa tempat yang pasti harus Anda nikmati ketika mengunjungi Tabuhan.

1. Matahari terbit dan terbenam

Sangat jarang ada pantai yang menawarkan keindahan sunset dan sunrise sekaligus. Namun dua pemandangan indah ini bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Tabuhan.

Untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, Anda bisa menghadap ke barat atau ke arah Pulau Jawa. Sedangkan untuk menikmati matahari terbit, Anda bisa ke arah timur pulau dan melihat ke arah pulau Bali.

2. Snorkling

Salah satu aktivitas pantai yang menarik adalah snorkeling. Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di pulau ini dengan harga mulai dari Rp30.000.

Jika kamera Anda tidak cukup untuk dokumentasi, Anda juga bisa menyewa kamera bawah air seharga Rp 150.000.

3. Menyelam

Anda bisa berlatih freediving di Tabuhan. Namun, pastikan Anda ahli dalam berenang dan menyelam. Sayangnya, belum ada persewaan peralatan untuk menyelam di pulau ini.

4. Kiteboarding dan Kitesurfing

Tabuhan memang menjadi spot yang cocok untuk kite surfing dan kite boarding. Tak heran, pulau ini terpilih menjadi tuan rumah event Banyuwangi Summer Kitesurfing pada 2014-2015.

Sejak saat itu, popularitas Tawon semakin meningkat. Ada alasan lain kenapa Tabuhan dipilih menjadi tuan rumah Kitesurfing Championship. Pasalnya, kecepatan angin di pulau ini stabil antara 20 hingga 25 knot.

5. Berkemah

Ada beberapa tempat di Tabuhan yang sangat cocok untuk berkemah. Anda bisa membawa tenda sendiri dan menginap bersama teman dan keluarga di Tabuhan.

Anda tidak perlu khawatir dengan ombak saat berkemah di pantai. Ini karena ombak di pulau ini sangat tenang. Namun, pastikan Anda telah meminta izin kepada penduduk setempat sebelum mendirikan tenda.

Hotel dan akomodasi di Pulau Tabuhan

Sayangnya tidak ada satupun penginapan di Tabuhan. Memang, hal ini disebabkan oleh luas pulau yang terbatas. Selain itu, pulau di Selat Bali ini juga tidak berpenghuni. Turis biasanya hanya melakukan one day tour saat berkunjung ke pulau ini.

Namun, jika Anda berencana untuk bermalam di Tabuhan, Anda bisa berkemah di tepi pantai. Pastikan Anda sudah mempersiapkan sendiri semua perlengkapan berkemah Anda. Selain itu, Anda juga harus mendaftar ke officialnya.

Itinerary ke Pulau Tabuhan

Pulau ini berada di sebelah timur Banyuwangi dan hanya berjarak sekitar 3 km. Perjalanan perahu ke pulau ini memakan waktu sekitar 15 menit. Ada dua cara untuk menuju Tabuhan.

Dari kota Banyuwangi

Dari pusat kota Anda bisa menuju Pelabuhan Ketapang kemudian menuju Pantai Watudodol. Sesampainya di pom bensin, belok kanan menuju rumah terapung. Ikuti rambu jalan menuju Pantai Bangsring.

Dari Pantai Bangsring Anda bisa naik perahu ke Tabuhan.

Dari luar kota

Jika naik kereta api, sesampainya di Stasiun Banyuwangi Baru, Anda bisa naik OJOL menuju Terminal Sritanjung. Kemudian naik bus menuju Situbondo dan turun di Desa Bangsring. Anda kemudian dapat menyeberang ke Tabuhan dengan perahu yang disediakan pemandu.

Keindahan alam di Pulau Tabuhan

Keindahan Pulau TabuhanPulau Tabuhan Sumber : instagram.com/yukbanyuwangi/

Keindahan Tabuhan tidak hanya bisa dikagumi dari pantainya saja. Namun, potensi keindahan bawah lautnya juga sangat mengagumkan. Karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk snorkeling atau menyelam.

Anda bisa menikmati panorama bawah laut Tabuhan dengan keindahan alam terumbu karang yang masih terjaga. Karena anginnya yang kencang, kawasan ini juga sangat cocok untuk selancar, selancar layang atau selancar angin.

Sekilas dan Foto Pulau Tabuhan di Banyuwangi

Selamat datang di Pulau TabuhanSuasana pantai di Pulau TabuhanTransportasi ke Pulau TabuhanKeindahan Pulau Tabuhan di BanyuwangiKeindahan Pulau Tabuhan di sore hariKejernihan air laut di Pulau Tabuhan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button