Tak Berkategori

Pulau Wetar, Mengenal Pulau Terluar Indonesia di Barat Daya Maluku yang kaya akan pesona

Jelajahi Pulau Wetar di barat daya Maluku, pulau terluar Indonesia yang mempesona dengan Danau Tihu, kekayaan flora dan keajaiban alam yang menakjubkan.

Biaya tur: Mulai dari Rp 75.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Wetar, Kab.Maluku Barat Daya, Maluku; Map: Periksa lokasinya

Pulau Wetar merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Moluku yang mempunyai pesona alam yang sangat menakjubkan. Pulau ini tergolong pulau terluar karena letaknya di Laut Banda dan berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Pulau ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang eksotis, tapi juga keunikan Danau Tihu dengan sumber air panasnya.

Selain itu, terdapat hutan bakau dengan 15 spesies berbeda di sepanjang pesisir pulau. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keunikan pulau ini, simak penjelasan selanjutnya.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Wetar

Daya Tarik Pulau WetarFoto: Google Maps/Dio Aditya Gunawan

1. Dekat Timor-Leste

Pulau Wetar di barat daya Maluku berbatasan dengan Timor-Leste dan menawarkan pengunjung kesempatan unik untuk mengenal negara tetangga. Hal ini menambah kegembiraan bagi wisatawan yang ingin memperluas pengetahuannya tentang Timor-Leste.

Menariknya, pulau eksotik ini terbagi menjadi beberapa kecamatan antara lain Wetar, Wetar Barat, Wetar Timur, dan Wetar Utara. Ibu kota Pulau Wetar, Ilwaki, tampil memukau dengan pesona alamnya yang autentik dan masih terjaga.

Terletak di tengah Laut Banda, pulau ini dikelilingi oleh ekosistem terumbu karang yang kaya, terutama di sepanjang pantai selatan dan utara. Keindahan alamnya tidak hanya terpancar melalui tumbuh-tumbuhan dan tumbuhan, tetapi juga melalui keajaiban bawah laut yang ditawarkannya.

Pengunjung Pulau Wetar dapat menikmati beragam biota laut antara lain ikan tenggiri, tuna, ekor kuning, dan kerapu.

2. Danau Tihu

Danau Tihu adalah danau indah di pulau eksotis ini. Airnya yang berwarna kebiruan mengalami naik turun, mirip dengan air laut.

Menariknya, Telaga Tihu merupakan telaga eksklusif di Pulau Wetar yang terletak di puncak gunung setinggi 6000 kaki. Penduduk setempat umumnya percaya bahwa danau ini adalah rumah bagi buaya air tawar.

Ada pula yang meyakini bahwa telaga ini merupakan tempat suci mengingat cerita mistis yang beredar di sekitar telaga. Keadaan alam telaga yang masih sangat asri semakin menguatkan keyakinan akan keistimewaannya.

Menurut legenda setempat, dahulu kala hiduplah raksasa jahat di danau ini dan dikalahkan oleh dua saudara kembarnya. Namun tiba-tiba kedua kakak beradik itu menghilang.

Kepercayaan tersebut diperkuat dengan adanya biota berkepala dua yang hidup di danau tersebut dan diyakini merupakan penjelmaan dari dua bersaudara kuat tersebut. Kisah legendaris ini diwariskan secara turun-temurun.

3. Penduduk yang ramah

Selain keindahan alamnya, masyarakat Pulau Wetar juga menarik karena sangat ramah. Penduduk yang tinggal di sana sebagian besar adalah penduduk lokal dan ada pula yang merupakan pendatang dari NTT, Timor Leste, dan luar daerah.

Kebanyakan masyarakat di sini mengandalkan aktivitas seperti memancing, beternak babi atau kambing, dan bertani. Mereka menjalani hidup sederhana.

Akibat terbatasnya angkutan umum dan akses listrik, kondisi di pulau ini memberikan kesan bahwa kita berada di zaman dulu.

Namun akses jalan di jalur utama sudah beraspal. Selain itu, pengunjung disambut dan diterima dengan baik oleh warga sekitar. Bisa dibilang pulau ini merupakan destinasi wisata terbaik untuk melepas kepenatan dari hiruk pikuk kota.

4. Pesona Flora

Keanekaragaman flora di kawasan wisata bahari ini juga sungguh menakjubkan. Terdapat 15 spesies mangrove yang termasuk dalam 15 genera dan 12 famili.

Keunikan flora ini terlihat dari persentase kemiripan jenis mangrove dengan Nusa Tenggara dan Timor Leste yang mencapai 67%. Sedangkan kemiripan spesies antara pesisir Pulau Wetar dengan Pulau Yamdena sekitar 80%.

Terdapat 14 spesies mangrove dominan lainnya di sisi barat pulau. Di pesisir tenggara, jumlah jenis mangrove lebih sedikit, hanya 7 jenis.

Berbagai spesies yang tersebar di kawasan ekologi pesisir pulau ini antara lain Hibiscus tiliaceus, Sonneratia alba, Barringtonia asiatica, Nypa fruticans dan Acanthus ilicifolius.

5. Tambang emas

Beberapa dekade yang lalu terdapat tambang emas yang dioperasikan PT di Pulau Wetar. Pertambangan Prima Lirang (PLM). Namun karena cadangan emasnya habis, peralatan penambangan tersebut akhirnya dijual dan dibeli oleh PT. Mineral Nusa Halmahera.

Pada tahun 2008, perusahaan pertambangan Australia Finders Resources berhasil menemukan deposit tembaga di pulau ini. Hal ini mendorong perusahaan untuk membangun tambang di kawasan wisata tersebut.

Tambang yang dibangun sebagai proyek percontohan ini berukuran tidak terlalu besar. Dari sini terlihat bahwa pulau ini tidak hanya kaya akan flora dan fauna serta keindahan alamnya, tetapi juga sumber daya alamnya.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau WetarFoto: Google Maps/Adistoro Hdk

Apakah Anda ingin menghabiskan liburan Anda di kawasan wisata Pulau Wetar? Anda bisa mengunjungi Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Ada tiga jalur untuk menuju pulau ini: dari Kota Kupang ke arah barat, utara dan timur.

Dari arah barat harus menggunakan angkutan laut atau udara menuju Kisar. Kemudian Anda bisa mengambil jalur laut menuju pulau indah ini.

Dari utara, Anda bisa mencapai Kisar melalui jalur udara dari kota Ambon. Kemudian lanjutkan perjalanan wisata bahari Anda melalui jalur laut.

Dari arah timur, Anda akan melintasi berbagai pulau kecil di Provinsi Maluku, termasuk Pulau Kisar. Untuk angkutan udara tersedia penerbangan rutin Merpati Nusantara Airlines.

Penerbangan ini menggunakan tiga pesawat CN-250 yang lepas landas dari kota Ambon menuju Pulau Kisar. Selanjutnya naik angkutan CN-212 dari Kota Kupang menuju Pulau Kisar.

Perlu diketahui bahwa penerbangan berangkat dari kota Ambon dua kali seminggu. Kini ada penerbangan perintis dari Kota Kupang seminggu sekali.

Biaya Tour ke Pulau Wetar

Untuk mencapai Pulau Wetar, Anda bisa memilih rute dari Ambon atau Kupang. Dari Kupang ada kapal Sabuk Nusantara menuju Wetar dengan harga tiket berkisar antara 75.000 hingga 90.000 rupiah per orang.

Alternatif lainnya adalah menggunakan perahu Pangrango dari Ambon ke Kisar dengan biaya 320.000 rupiah per orang.

Kemudian melanjutkan perjalanan dari Kisar ke Wetar dengan harga 50.000 rupiah per orang atau memilih opsi sewa kapal carteran dari Kisar ke Wetar dengan harga negosiasi sekitar 1 hingga 1,5 juta rupiah.

Perlu diingat bahwa tidak ada dermaga di pulau ini, sehingga kapal perintis yang datang hanya akan berlabuh di tepi pantai.

Pengunjung kemudian akan dijemput oleh perahu nelayan setempat dan dibawa ke darat. Biasanya dikenakan biaya sekitar 20.000 rupiah per orang untuk setiap penjemputan.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau WetarFoto: Google Maps/Rahal Marsha Balazam

Jelajahi pulau itu

Aktivitas seru pertama yang wajib Anda lakukan adalah naik perahu ke Pulau Wetar di barat daya Maluku.

Anda berkesempatan untuk merasakan pesona pulau ini dari jauh dari perairan. Hal ini bahkan lebih terlihat ketika melakukannya bersama kelompok keluarga.

Selain berperahu, Anda juga bisa menjelajahi pulau dengan berjalan kaki untuk melihat lebih dekat hutan bakau dan pesona pulau. Anda juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat.

Mancing di Pulau Wetar

Dengan beragamnya spesies ikan di laut, Anda bisa menghabiskan banyak waktu untuk memancing. Anda bisa memilih tempat memancing yang nyaman dan strategis. Dengan cara ini Anda bisa memasak dan memakannya.

Cobalah kuliner yang khas

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan di Pulau Wetar di barat daya Maluku adalah mencicipi kuliner khas Manado dan Indonesia.

Terdapat berbagai restoran yang menyajikan kuliner lezat dan menggugah selera seperti Kue Bangket, Sop Brenebon, Ayam Isi Bambu, Pandada, Halua Kenari dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau WetarFoto: Google Maps/Dio Aditya Gunawan

Meski fasilitas berupa akses listrik belum memadai, namun pengunjung akan merasa nyaman dengan sarana dan prasarana yang tersedia.

Jalan beraspal memudahkan mobilitas pengunjung. Aneka makanan dan minuman juga mudah ditemui di kawasan wisata Pulau Wetar.

Terdapat juga beberapa pilihan angkutan umum di sini, namun kapasitasnya terbatas. Transportasi air berupa perahu mudah ditemui di pesisir pantai.

Banyaknya area tempat duduk berupa bangku, kursi, dan meja mengundang Anda untuk bersantai atau beristirahat di pinggir pantai. Anda juga bisa duduk di tempat teduh di bawah pohon. Restoran dan tempat makan juga mudah ditemukan.

Demikian penjelasan mengenai keunikan apa saja yang ditawarkan Pulau Wetar. Bisa dibilang pulau ini memiliki pesona alam yang tetap terjaga keindahannya meski fasilitasnya masih kurang memadai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button