Tempat Wisata

Puncak Kelorta Wanua Tonra, melihat lebih dekat tempat liburan favorit keluarga di Bone

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Bulu-Bulu, Kec. Tonra, Cab.Bone, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Puncak Kelorta Wanua Tonra atau sering disebut dengan Puncak Kelor Ta Wanua Tonra merupakan sebuah puncak wisata yang menawarkan beberapa atraksi alam dan buatan. Bagi Anda yang menyukai wisata kuliner di malam hari, tempat keren ini bisa menjadi destinasi Anda.

Tak hanya pemandangannya saja, spot foto keren dan wahana menegangkan juga dibangun untuk memeriahkan puncak Bone. Kegiatan apa yang Anda inginkan dan apa yang menarik dari tempat tersebut? Simak dulu ulasannya di bawah ini!

Pemandangan Puncak Kelorta Wanua Tonra

Objek Wisata Puncak Kelorta Wanua TonraFoto oleh Ridha Amaliano di Google Maps

✦ Pemandangan pantai

Yang ini unik! Walaupun tempat wisata ini terletak di atas bukit, namun pemandangan pantainya begitu jernih dan indah untuk dipandang. Anda dapat melihat pantai setidaknya dari tiga sisi. Ada Pantai Togeo, Desa Bonelampe dan Wisata Batu Loppoe yang Menyejukkan Hati.

Bagi Anda pecinta alam, Puncak Kelorta Wanua Tonra adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Pemandangan alam yang segar, birunya laut di cakrawala dan masih alaminya perbukitan disekitarnya akan menenangkan hati.

✦ Suasana menyenangkan

Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota memberikan kesan suasana nyaman dan tenang. Karena keindahan alamnya masih terjaga, Anda mungkin akan terharu dan tenang selama berkunjung. Tak heran jika banyak orang datang ke sini sekadar untuk duduk dan bersantai.

✦ Berbagai spot foto

Pengelola Puncak Kelorta Wanua Tonra sendiri menawarkan banyak tempat indah dan penuh warna. Biasanya tempat ini menjadi tempat berfoto yang bagus atau lokasi yang indah. Misalnya, pintu masuknya didesain seperti gerbang kayu yang estetis.

Ada lagi tempat favorit wisatawan yaitu tangga. Apa yang membuatnya menarik? Anak tangganya dicat dengan dekorasi warna-warni sehingga memberikan kesan lebih cerah dan menarik. Tak sedikit pengunjung yang duduk-duduk di objek wisata populer ini, beristirahat dan berfoto.

✦ Atraksi tradisional

Sesekali pengelola objek wisata mengadakan acara atraksi tradisional. Ada tarian, musik dan masih banyak atraksi menarik lainnya. Hiburan ini tidak selalu tersedia, namun Puncak Kelorta Wanua Tonra menjadi tempat ikonik untuk dikunjungi.

✦ Tempat pendakian

Tidak dapat dipungkiri jika kawasan objek wisata kekinian ini terletak di atas bukit. Oleh karena itu, hanya dapat dicapai melalui jalan trekking yang buruk. Bukankah itu sepadan? Jangan salah, inilah yang dicari para pecinta trekking.

Akses jalan setapak menuju puncak bukit kurang optimal. Namun dihiasi dengan tanaman, ruang hijau, dan tangga berwarna-warni. Ini menjadikannya tempat yang menarik untuk hiking dan fotografi.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Puncak Kelorta Wanua TonraFoto oleh Ridha Amaliano di Google Maps

Dimana tempatnya? Jangan bingung karena tempat wisata yang berada di atas bukit dan di tengah persawahan kelor ini sudah terlihat di Google Map. Beginilah cara Anda menemukan rute dan via ferratas yang sesuai dengan hati Anda. Alamat tepatnya sendiri adalah Bulu Bulu, Bone. Yakni di Sulawesi Selatan.

Yang perlu diperhatikan adalah tempatnya berada di atas bukit yang artinya membutuhkan tenaga untuk berjalan menanjak. Objek wisata mempesona ini banyak digemari wisatawan lokal, terutama anak muda yang gemar berfoto.

Kalau mau mampir, sebaiknya datang saja dari Tonra. Pasalnya, lokasinya sangat jauh dari Makassar, hingga 5 jam perjalanan. Namun dari Tonra hanya sekitar 10 menit dengan mobil.

Sedangkan untuk rutenya, jika dari Makassar harus melalui Jl Poros Bantimurung atau Maros – Soppeng agar lebih cepat. Selanjutnya Anda harus melalui Jl. Poros Salomekko, setelah Jl Watampone menuju Bulu Bulu, lalu menuju Wisata (jalan kaki atau naik mobil).

Karena Puncak Kelorta Wanua Tonra belum begitu terkenal dan jarang dilalui, jalur yang dilalui masih cukup bergelombang. Untuk alasan ini tidak ada biaya masuk. Jadi apakah ini gratis? Ada baiknya Anda mengalokasikan sejumlah uang untuk kegiatan tambahan, makanan ringan, dan parkir.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Puncak Kelorta Wanua TonraFoto oleh Firayullah SAYA di Google Maps

1. Pertanian

Dibalik kawasannya yang populer dan terlihat keren, destinasi wisata alam di Bone yang sebenarnya adalah agrowisata. Yakni agrowisata yang menawarkan berbagai fasilitas untuk bertani dan belajar. Sangat cocok untuk anak muda dan pelajar yang mencari pengalaman.

Apa saja kegiatan pertanian tersebut? Anda bisa mencoba mampir ke kawasan Puncak Kelorta Wanua Tonra yang merupakan sentra pengolahan daun kelor. Tanaman ini tersedia bagi warga sekitar sebagai komoditas dan sumber pangan alternatif. Anda bisa melihat area persawahan dan juga aktivitas warga sekitar.

2. Wisata kuliner kawasan Puncak Kelorta Wanua Tonra

Untuk menutupi kebutuhan akomodasi saat ini, pihak pengelola juga menyediakan beberapa stand. Di toko ini Anda dapat mencoba berbagai hidangan dan menikmati kue ringan dan kopi. Duduk dan bersantai sambil ngopi pasti bisa bikin betah. Siap mencobanya?

3. Ambil foto

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di Puncak Kelorta Wanua Tonra. Apa yang bisa difoto? Banyak! Mulai dari pemandangan alam yang masih bersih, kawasan yang begitu asri, hingga wahana dan tempat yang disulap menjadi warna-warni yang indah.

Momen paling populer dan ditunggu-tunggu adalah matahari terbenam. Suasana asri ini bisa Anda saksikan dari bibir pantai yang terkesan begitu jauh. Meski harus menunggu hingga hari gelap, Anda tidak akan kecewa dengan keindahan ini. Dan ini juga berlaku jika Anda ingin bermalam dengan berkemah.

4. Menikmati keindahan alam

Tak ada salahnya jika Anda ingin duduk dan beristirahat di tempat wisata yang sepi ini. Keindahan alamnya yang menonjolkan pantai dan dataran rendah Bone menciptakan tampilan yang luar biasa. Belum lagi suasananya tenang dan segar di malam hari.

Nikmati keindahan alam dengan wisata kuliner dan fotografi. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan area sekitar agar area tersebut tetap terawat dan dalam kondisi terbaiknya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak Kelorta Wanua TonraFoto oleh Ahmad Amiruddin Albek di Google Maps

Sebagai destinasi wisata kelas atas, destinasi wisata seru ini bisa dikatakan memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari wahana seru hingga aktivitas santai dan semarak atau tempat istirahat dan makan. Pada dasarnya objek wisata menawan ini memang memiliki kesan alami yang maksimal.

Bagi Anda yang ingin bersantai tidak perlu bingung. Ada tempat perkemahan yang bisa disewa untuk bermalam di bawah atap surga. Jika ingin bersantap dengan santai, tersedia tempat duduk dan area estetika.

Keamanan juga telah dimaksimalkan untuk mencegah kesalahan pengunjung di area tinggi. Bagaimana dengan fasilitas umum? Jangan khawatir, tersedia toilet, tempat ibadah dan akses jalan yang baik serta tempat parkir yang banyak. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat mampir ke Puncak Kelorta Wanua Tonra.

Kesan wisata alam di perbukitan menjadi sesuatu yang unik dan menarik dari destinasi wisata keren ini. Wahana telah dimaksimalkan dengan desain warna-warni dan area yang unik. Fasilitasnya lengkap dan dapat Anda kunjungi di waktu luang untuk menghilangkan kepenatan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button