Tempat Wisata

Puncak Sempur, Menikmati keindahan alam yang mempesona dari ketinggian di Karawang

Puncak Sempur, Menikmati keindahan alam yang mempesona dari ketinggian di Karawang
harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Puncak Sempur, Cintalaksana, Kec. Tegalwaru, Cab.Karawang, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Puncak Sempur merupakan tempat wisata di Karawang yang wajib Anda kunjungi saat merasa penat dan bosan. Ada banyak keindahan alam yang bisa dilihat di sini yang akan menyegarkan pikiran seketika. Pengunjung terus berdatangan setiap harinya, kebanyakan dari mereka adalah para remaja yang berpasangan dan ingin menghabiskan waktu menikmati suasana alam.

Dari namanya sudah jelas bahwa tempat ini terletak di ketinggian, tepat di perbukitan. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya di sini, pemandangan indah di bawah sangat jelas. Pemandangan alam yang hijau tidak terlepas dari pepohonan yang tumbuh subur di kawasan wisata sembari melihat keindahan kota Karawang.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Karawang merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Semuanya ada disini, mulai dari wisata religi, wisata alam, wahana bahkan taman air. Namun tentunya tidak semuanya menarik untuk dikunjungi, hanya yang memiliki pesona dan banyak aktivitas yang cocok untuk mengisi hari liburan.

Daya Tarik Puncak Sempur

Objek Wisata Puncak SempurKredit foto: Google Maps di sekitar kita

Bicara soal daya tarik, Puncak Sempur memiliki banyak hal yang perlu Anda ketahui. Berkenalan dan mengenal tempat wisata yang menarik membuat kunjungan semakin menyenangkan. Dari sekian banyak alasan turis datang, inilah beberapa di antaranya!

1. Keindahan alam yang mempesona

Seperti yang sudah disebutkan, wisata ini menawarkan pemandangan indah dari atas. Ini adalah salah satu daya tarik utama, itulah sebabnya turis datang ke sini. Hampir semua pemandangan dari atas berwarna hijau menyegarkan, mata selalu dimanjakan dengan panorama ini.

Sawah milik warga, deretan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan dan semak belukar menciptakan perpaduan warna hijau yang indah. Dengan ketinggian lebih dari 600 mdpl, Puncak Sempur memiliki cuaca yang sejuk. Kesejukan ini juga didapat dari rindangnya pepohonan yang juga menjadi tempat bersarang burung dari berbagai jenis.

2. Tempat perkemahan yang tersedia

Daya tarik selanjutnya adalah adanya tempat menginap atau bermalam yang artinya bumi perkemahan tentunya. Areanya cukup luas, Anda bisa mendirikan tenda di beberapa tempat. Banyak wisatawan yang bermalam untuk menikmati suasana selama berwisata. Jadi tidak hanya di siang hari, tapi juga saat malam tiba.

Bahkan, tidak ada pesona alam yang terlihat, atau kalaupun tidak ada yang bisa dilihat di malam hari. Sebagai gantinya, Anda bisa melihat kelap-kelip lampu di beberapa kota Karawang yang cantik. Selain itu, pengunjung yang berkemah biasanya menunggu pagi untuk menikmati keindahan dan pesona matahari terbit.

3. Saung Koffie Hideung

Saung Koffie Hideung adalah atraksi selanjutnya dari Puncak Sempur. Bagaimanapun, orang menduga bahwa kali ini adalah sebuah kafe. Memang bukan menjadi daya tarik utamanya, namun keberadaan kafe ini membuat suasana liburan semakin lengkap. Bagaimana tidak, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang dipamerkan sambil bersantai di kafe.

Tidak hanya itu, ada banyak menu makanan dan minuman yang enak. Merasakan pesona alam yang indah ditemani hidangan lezat merupakan hal yang jarang dialami saat berlibur. Selain itu, kafe ini terletak menghadap ke perbukitan, Anda mungkin tidak ingin pergi dan betah berlama-lama di sini.

4. Spot foto yang instagramable

Liburan belum lengkap jika tidak mencari spot foto begitu juga jika sedang berada di Puncak Sempur. Selain itu, hampir semua pemandangan indah di sini bisa dijadikan background foto. Sebut saja deretan bukit eksotis, hamparan sawah hijau dan perkebunan masyarakat, atau dua bukit tinggi menyerupai gunung.

Wisata hits di Karawang ini juga menghadirkan spot foto instagenik bagi yang suka berfoto. Pada umumnya wisatawan yang berkunjung lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari spot foto. Setelah itu, mereka menghabiskan sisa waktu dengan bersantai, ada yang menggelar tikar atau pergi ke kafe tersebut di atas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak SempurSumber gambar: Google Maps Ibrahim SH

Untuk mengunjungi Puncak Sempur, Anda harus tahu dulu di mana letaknya. Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, tempat ini cukup jauh dari perkotaan. Jarak dari pusar Karawang sekitar 26 kilometer, Anda bisa sampai di sana dengan kendaraan umum atau pribadi. Namun, lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena lebih mudah.

Meski akses jalan terbilang baik, beberapa kawasan belum terlayani transportasi umum. Alamatnya sendiri berada di Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kota Karawang, Jawa Barat. Untuk aksesibilitas yang lebih baik, sebaiknya gunakan aplikasi Google Maps. Silakan masukkan nama tempat atau tempat lalu pilih rute terbaik.

Biaya masuk ke objek wisata

Puncak Sempur merupakan objek wisata yang dikelola dengan baik oleh pihak terkait. Artinya, Anda tidak bisa memasuki kawasan wisata tanpa harus membeli tiket masuk. Tapi tenang, harga tiketnya sangat murah, biaya pengunjung hanya 10.000 rupiah. Harga tiket belum termasuk parkir kendaraan yang sesuai dengan jenisnya.

Jika membawa motor, siapkan retribusi 3.000 rupiah. Namun jika datang membawa mobil maka siapkan tambahan 5.000 rupiah. Total biaya yang Anda perlukan untuk mengunjungi wisata ini masih sangat mendasar. Mengenai jam buka, silahkan datang kapan saja, karena buka 24 jam sehari.

Aktivitas menarik di Puncak Sempur

Aktivitas menarik di Puncak SempurKredit foto: Google Maps Mastum Cikarang

Bagi sebagian orang, berlibur bukan hanya untuk mengisi waktu luang. Banyak juga yang memilih tempat yang memiliki banyak aktivitas seru untuk dilakukan. Dalam hal ini, Puncak Sempur sangat cocok dijadikan pilihan utama karena kamu bisa melakukan aktivitas berikut ini!

1. Nikmati keajaiban alam yang indah

Dengan segala keindahan yang dimilikinya, aktivitas pertama yang paling tepat adalah menikmatinya. Seperti yang sudah disebutkan, pemandangan di sini didominasi oleh semak hijau dan persawahan warga. Ada juga bukit-bukit yang berbentuk kerucut sehingga sekilas terlihat seperti pegunungan yang terlihat eksotik.

2. Berburu spot foto

Aktivitas menarik selanjutnya di Puncak Sempur tentunya hunting spot foto karena banyak keindahan yang bisa dijadikan background. Hampir setiap sudut tempat menawarkan pesona yang mempesona, cocok sebagai latar foto. Belum lagi kursus-kursus khusus yang dibangun oleh pengelola, dijamin kegiatan ini akan semakin menyenangkan.

3. Wisata Kuliner

Hampir semua aktivitas yang sangat menarik dilakukan selama Anda berada di sini. Anda juga datang dengan rombongan, baik keluarga, teman dekat atau pasangan. Selain dua hal di atas, wisata kuliner dijamin seru dan menyenangkan. Bukan hanya karena terdapat kafe yang menjadi daya tarik tersendiri, namun juga banyak warung yang menawarkan menu-menu istimewa.

4. Bermalam di Puncak Sempur

Rekomendasi aktivitas di Puncak Sempur selanjutnya adalah bermalam atau mendirikan tenda. Rugi kalau datang ke sini tanpa harus menginap, meski hanya satu malam. Dari sekian banyak wisatawan yang berkemah, hampir semuanya ingin menunggu matahari terbit atau biasa disebut sunrise.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak SempurKredit foto: Peta Google Resmi Rizki Fahruroji

Setiap tempat wisata pasti memiliki fasilitas pendukung, baik seadanya atau bisa disebut lengkap. Tersedia juga tempat parkir mobil yang cukup luas di sini, namun hanya diaspal dengan batu dan kerikil. Toilet, mushola, warung dan tersedianya spot foto juga menjadi fasilitas yang penting untuk digunakan.

Meski wisata hits ini buka 24 jam sehari, ada baiknya datang pada sore hari. Bukan tanpa alasan, karena sebentar lagi Anda akan bisa menyaksikan pesona sunset yang begitu indah. Puncak Sempur merupakan wisata alam jadi pastikan Anda merawat dan melestarikannya selama berkunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button