Tempat Wisata

Pura Tanah Lot, keindahan pura yang terapung di tengah Laut Tabanan

Rasakan keanggunan Pura Tanah Lot, situs suci yang mengapung megah di tengah Laut Tabanan, mengajak Anda merasakan keajaiban spiritual.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 06.00-19.00 WIB, Alamat: Beraban, Kec. Kediri, Cab.Tabanan, Bali; Map: Periksa lokasinya

Berkunjung ke Bali tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Pura Tanah Lot yang punya sejuta keindahan. Pengunjung dari dalam dan luar negeri berbondong-bondong meluangkan waktu untuk merasakan aura sakral tempat ibadah ikonik tersebut.

Pura ini awalnya berfungsi sebagai tempat peribadatan masyarakat Hindu Bali di Tabanan. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ibadah ini semakin terbuka dan bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Keindahan dan keunikan objek wisata di Tabanan inilah yang membuatnya begitu populer. Hingga saat ini, siluet Pura Tanah Lot menjadi salah satu ikon wisata yang begitu dibanggakan Pulau Dewata.

Daya tarik Pura Tanah Lot

Daya tarik Pura Tanah LotFoto oleh Pan Species di Unsplash

Ketenaran objek wisata Pura Tanah Lot bukannya datang tanpa alasan. Ada banyak atraksi yang menarik masyarakat dari seluruh dunia untuk mengunjungi dan merasakan langsung kemegahan tempat ibadah ini.

Lokasi kuil yang unik

Daya tarik Pura Tanah Lot Tabanan yang pertama adalah lokasi pura yang dibangun di tempat yang tidak alami dan unik. Area pura terletak di atas batu karang yang cukup besar di tepi pantai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pura ini dinamakan “Tanah Lot” karena kata “tanah” berarti pulau atau daratan sedangkan “Lot” berarti laut. Dengan nilai spiritualnya yang tinggi dan keindahannya yang luar biasa, hal ini menambah minat pengunjung untuk melihat langsung candi ini.

Kuil terapung di laut

Letak pura yang strategis akan menjadi pemandangan yang mengesankan bagi pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke Bali. Pasalnya, saat permukaan laut sedang tinggi, pura ini terlihat seperti terapung di tengah laut.

Saat air laut surut, pengunjung dapat berjalan menuju pura dengan ditemani ombak tanpa perlu khawatir karena kedalaman air yang cukup dangkal sehingga menjamin keselamatan mereka selama perjalanan menuju pura.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pura Tanah LotFoto oleh David Dwipayana di Unsplash

Kawasan wisata Pura Tanah Lot ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Denpasar, hanya berjarak sekitar 25 kilometer saja. Pengunjung dapat mengambil jalur Jalan Bandara Ngurah Rai kemudian menggunakan By Pass Ngurah Rai untuk perjalanan yang lebih cepat.

Berikutnya berkendara adalah Sunset Road dan Jalan Raya Canggu, Bali. Kemudian pengunjung akan sampai di Jalan Raya Tanah Lot di Beraban dan lokasi pura ini akan semakin dekat.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk yang harus dibayar untuk mengunjungi Pura Tanah Lot di Tabanan bervariasi tergantung kategori umur. Wisatawan yang datang dari dalam negeri akan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Sedangkan wisatawan asing harus mengeluarkan tiket senilai Rp. 30.000 untuk anak-anak dan Rp 60.000 untuk dewasa.

Pengunjung tidak hanya harus membayar tiket masuk tetapi juga biaya parkir kendaraan pribadi atau kendaraan seperti bus.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Pura Tanah LotFoto oleh David Dwipayana di Unsplash

Pengunjung akan sangat puas dengan keindahan yang ditawarkan wisata religi ini sambil menikmati beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di destinasi wisata ini.

1. Amati ular Lipi Poleng

Aktivitas pertama yang sering dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Pura Tanah Lot adalah mengamati ular Lipi Poleng. Penduduk setempat percaya bahwa ular ini adalah penjelmaan selendang pendiri pura Dang Hyang Nirartha.

Saat air laut surut, pengunjung bisa melihat langsung ulat bulu di lubang-lubang karang. Ular keramat ini berbentuk pipih seperti ikan dan tidak akan mengganggu wisatawan karena jinak.

2. Melihat upacara keagamaan

Seperti diketahui, Pura Tanah Lot Tabanan masih aktif digunakan warga sekitar untuk beribadah. Pengunjung bahkan dapat menghadiri upacara adat seperti Piodalan atau Jubilee Pura yang diadakan setiap enam bulan atau empat hari setelah Hari Raya Kuningan.

Upacara ini dilaksanakan dengan khidmat dan penuh nilai spiritual sehingga memberikan pengalaman hidup bagi para pengunjung yang hadir.

3. Memotret matahari terbenam

Pengalaman tak terlupakan di Pura Tanah Lot adalah pemandangan matahari terbenam yang mempesona, oleh karena itu pengunjung disarankan mengunjungi tempat ini pada sore hari.

Keindahan matahari terbenam ini menjadi momen indah untuk diabadikan dalam kamera. Banyak wisatawan berbondong-bondong mengabadikan momen indah tersebut, sehingga sore hari menjadi waktu sibuk di tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pura Tanah LotFoto oleh David Dwipayana di Unsplash

Pengelola objek wisata berupaya memberikan pengalaman yang memuaskan kepada pengunjungnya dengan menyediakan fasilitas yang menarik dan lengkap.

Fasilitasnya meliputi tempat parkir yang luas, pusat informasi, akomodasi dan fasilitas lainnya untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Mereka juga memastikan kebersihan dengan toilet berstandar internasional dengan tetap mengutamakan kenyamanan pengunjung.

Pura Tanah Lot di Tabanan menjadi daya tarik utama yang menarik banyak pengunjung. Pihak administrasi mencantumkan aturan berpakaian yang harus dipatuhi pengunjung untuk memasuki kompleks candi, sesuai peraturan pihak berwenang.

Dengan demikian, mereka menjamin pengalaman berkunjung yang menyenangkan dengan tetap menjaga nilai-nilai kebersihan dan keamanan serta mematuhi pedoman perlindungan tempat yang berlaku.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button