Tempat Wisata

Ranu Pane: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Mau liburan bareng keluarga atau teman tapi belum tau mau kemana? Jika ya, coba kunjungi objek wisata yang satu ini yaitu Ranu Pane. Ranu Pane terletak di kaki Gunung Semeru, lebih tepatnya di Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang. Obyek wisata ini memiliki pesona alam dan sangat menarik untuk dikunjungi. Jadi sangat disayangkan jika anda sedang berada di Lumajang namun tidak sempat mengunjungi Ranu Pane.

Ranu Pane merupakan sebuah danau hijau seluas 1 hektar dan terletak di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut. Dari sini Anda bisa melihat Gunung Semeru berdiri tegak di kaldera yang mengelilingi kawah. Selain Ranu Pane, Anda juga akan menemukan dua danau lain di dekatnya, yakni Ranu Regulo dan Kumbolo. Di sekitar danau juga terdapat desa yang memiliki nama yang sama dengan Ranu Pane. Ranu Pane merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 2.100 mdpl.

Fasilitas dan akomodasi yang tersedia di Objek Wisata Ranu Pane

Obyek wisata alam ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik. Semua fasilitas tersebut membuat pengunjung merasa nyaman di Ranu Pane. Tempat parkir kendaraan roda dua dan empat tersedia tidak jauh dari pos jaga, sehingga anda tidak perlu repot mencari tempat parkir kendaraan anda. Terdapat pula rest area di sekitar Ranu Pane bagi pengunjung yang ingin bersantai dan melepas penat selama berkunjung ke objek wisata ini.

Ada juga tempat ibadah yang tidak jauh dari pos jaga bagi pengunjung yang ingin menunaikan kewajibannya, belum lagi toilet yang tersebar di sekitar Desa Ranu Pane bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar. Tidak jauh dari Ranu Pane Anda juga akan menemukan restoran dan bumi perkemahan. Karena pesona alamnya yang indah, tempat wisata ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin berfoto ria bersama teman atau keluarga. Percuma jika Anda tidak mengabadikan momen bersama mereka selama berada di Ranu Pane.

Berburu foto kekinian di objek wisata Ranu Pane

Jika anda ingin berfoto bersama teman atau keluarga di tempat wisata Ranu Pane ini, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui Pekerjaan dengan mana Anda dapat membuat foto keren. Di jalan setapak Anda bisa berfoto di sekitar hutan pinus yang kering. Jangan lupa foto-foto sesampainya di Ranu Pane karena foto-fotomu dijamin akan terlihat lebih keren dan tentunya lebih modern!

Anda juga bisa mengambil foto beberapa pengunjung yang pernah ke sana. Tetapi Anda harus meminta izin terlebih dahulu. Anda mungkin merasa tidak nyaman karena mengambil foto secara diam-diam. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata ini, ada baiknya persiapkan semua rencana dan persiapan nanti dengan baik bersama teman atau keluarga.

Baca juga: Ranu Kumbolo, Salah Satu Danau Terindah di Indonesia di Gunung Semeru

Akses jalan menuju fasilitas wisata Ranu Pane

Tentunya jika ingin berkunjung ke objek wisata Ranu Pane, Anda perlu mengetahui lokasi dan akses jalannya. Jangan sampai tersesat karena ini akan membuang waktu dan tentunya bahan bakar kendaraan Anda. Perlu Anda ketahui terlebih dahulu dimana objek Ranu Pane berada, karena akses jalan menuju objek wisata ini terbilang cukup mudah. Bila Anda berada di Lumajang, Anda bisa melalui Jl. Probolinggo – Wonorejo merupakan jalur tercepat atau jalan kaki menuju lokasi objek wisata Ranu Pane. Gunakan peta ini untuk mempermudah perjalanan Anda berikutnya:

Atau bisa juga melalui Jl. Nasional III sebagai jalur alternatif. Anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan empat untuk menuju lokasi objek wisata Ranu Pane. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat berhenti di halte terdekat kemudian dilanjutkan dengan atau dengan ojek. Seperti, sangat sederhana, bukan?

Biaya masuk ke objek wisata Ranu Pane

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Wisata Ranu Pane

Tips liburan ke tempat wisata Ranu Pane

Jika Anda sudah menyiapkan semua rencana untuk mengunjungi objek wisata ini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan wisata ini untuk menghormati para pejabat yang bekerja dan menjaga keindahan objek wisata tersebut. Anda dapat membawa kantong sampah untuk dibuang dan kemudian membawanya ke pos jaga. Jangan lupa juga untuk memiliki kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh jika ingin mengambil foto yang bagus di sini.

Jangan lupa membawa KTP dan kartu sehat agar bisa masuk ke kawasan Gunung Semeru. Karena Ranu Pane berada di dataran tinggi, sebaiknya kamu juga memiliki jaket atau perlengkapan lain yang dapat menghangatkan tubuh. Dilarang juga membawa sabun atau pasta gigi saat berada di Ranu Pane, namun yang terpenting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan selama perjalanan atau saat berada di Ranu Pane nanti.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Ranu Pane, indahnya danau hijau di kaki Gunung Semeru. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan Anda dapat menikmati liburan Anda!

Galeri Foto Ranu Pane

Ranu Pane di Lumajang
Bersantai dan nikmati keindahan Ranu Pane
Foto prewedding di Ranu Pane
tur keluarga
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button