Berita Wisata

Rute perjalanan, harga tiket camping

Sleman

Selain Keraton dan Malioboro, Jogja memiliki wisata alam perbukitan yang tak kalah menarik. Bukit ini bernama Bukit Klangon yang tepatnya berada di Kabupaten Sleman.

Tidak hanya menawarkan pengalaman mengunjungi bukit yang menawan, Bukit Klangon merupakan salah satu tempat yang bagus untuk menikmati keindahan pemandangan Gunung Merapi.

Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Bukit Klangon hanya untuk berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang megah.

Bagi yang penasaran dengan pesona Bukit Klangon, berikut informasi lengkapnya mulai dari rute hingga harga tiket masuknya.

Rute menuju Bukit Klangon

Dikutip dari laman Visiting Jogja milik Dinas Pariwisata DIY, Bukit Klangon terletak di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Bukit ini terletak di kaki Gunung Merapi, di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut.

Jarak kota Jogja dengan Bukit Klangon adalah 32 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Tiket Bukit Klangon

Untuk menikmati pemandangan indah Bukit Klangon, wisatawan cukup membayar Rp 5.000,- Kawasan Bukit Klangon buka setiap hari tanpa batasan jam buka.

Namun untuk mendapatkan pemandangan Gunung Merapi yang megah dan suasana yang sejuk, lebih baik datang ke bukit ini pada pagi hari.

Fasilitas Bukit Klangon

Viewpoint untuk menikmati pemandangan Merapi

Berwisata ke Bukit Klangon bisa memanjakan mata Anda dengan pemandangan Gunung Merapi. Ada beberapa pos pengamatan yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto dan menikmati eksotisme Merapi.

Wisatawan dapat melihat Gunung Merapi dari jarak sedekat itu tanpa perlu mendaki ke puncak.

Bersepeda menuruni bukit

Klangon Hill juga sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang suka downhill. Ada jalur yang bisa digunakan untuk bisa menuruni bukit.

Bersepeda di jalan yang naik turun dan ada bagian yang terjal akan menguji adrenalin Anda. Bahkan, sirkuit downhill Bukit Klangon dianggap yang terbaik di Yogyakarta. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan acara bersepeda.

Pelacakan Bukit

Bukit Klangon masih berjarak sekitar 4-5 km dari Gunung Merapi, namun tempat ini biasa dijadikan tempat tracking dan hiking yang ramah bagi pemula.

Sepanjang jalan, wisatawan dapat menikmati pemandangan Merapi yang sangat indah dan jika beruntung dapat bertemu dengan hewan hutan Merapi, seperti oripod, burung gunung, musang dan monyet.

arena perkemahan

Salah satu fasilitas menarik Bukit Klangon adalah Camping Arena. Fasilitas ini memungkinkan wisatawan menikmati keindahan Bukit Klangon lebih lama sambil berkemah di sana.

Untuk berkemah di sini, wisatawan cukup membayar biaya kebersihan sebesar Rp10.000 saja. Wisatawan juga tidak perlu khawatir karena di Bukit Klangon tersedia fasilitas umum seperti kamar mandi, mushola, gazebo, dan warung makan.

Tonton videonya “Kafe tanpa izin di Babarsari disegel, ada perlawanan”
[Gambas:Video 20detik]
(Bagus)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button