Tempat Wisata

Sangkan Resort Aqua Park, taman rekreasi air yang populer di Kuningan

harga tiket: Rp65.000 Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Raya Bandorasa No. KM. 12, Bandorasa Wetan, Kec. Cilimus, Cab.Kuningan, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Traveling itu penting, setidaknya bisa mengurangi stres pekerjaan sehari-hari. Tidak melulu wisata alam dengan pemandangan yang indah, mengunjungi wahana seperti Sangkan Resort Aqua Park juga tak kalah menarik. Seperti namanya, tempat wisata di Kabupaten Kuningan ini menawarkan berbagai wahana air yang seru. Tentunya sangat cocok jika Anda datang bersama keluarga, apalagi bersama anak-anak.

Letaknya yang strategis membuat objek wisata ini selalu ramai pengunjung. Bukan hanya hari libur, hari aktif pun tetap ramai pengunjung. Selain seluncuran air yang sebagian besar berupa kolam renang, Sangkan Aqua Park juga terintegrasi dengan restoran dan hotel sebagai tempat akomodasi. Cukup banyak wisatawan yang menginap karena bisa dikatakan harganya terjangkau.

Berada di kawasan Gunung Ciremai, tempat wisata ini menawarkan udara sejuk dengan pemandangan yang indah. Apalagi bila Anda bisa melihat dengan jelas kegagahan Gunung Ciremai dari jauh. Tentu saja, panorama tersebut terlihat saat cuaca cerah. Namun bukan itu yang utama, karena setiap pengunjung yang datang pasti ingin menikmati wahana atau keistimewaan air.

Daya tarik Sangkan Aqua Park

Atraksi Taman Air SangkanKredit foto: Instagram Kota Indramayu

Memang bukan wisata alam dengan pesona yang luar biasa, namun sebenarnya Sangkan Resort Aqua Park memiliki daya tarik tersendiri. Tentunya bagi anda yang ingin mengunjunginya dan penasaran ingin mengetahui apa saja tempat wisata tersebut. Jadi perhatikan baik-baik ulasan berikut ini!

1. Lokasi taman rekreasi yang strategis

Sepintas terlihat bahwa objek wisata ini berada pada posisi yang sangat strategis untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tidak jauh dari pusat kota, apalagi di kawasan pemukiman, semua orang bisa mengaksesnya. Tak heran setiap harinya ramai pengunjung, baik turis yang sengaja datang maupun yang sekedar mampir dari tempat lain.

Sebuah objek wisata sebagus apapun dikenal tetap sepi jika tempatnya sulit dijangkau. Sangkan Resort Aqua Park tidak hanya terletak di pusat kota tetapi juga dekat dengan fasilitas umum lainnya. Beberapa angkutan umum juga melintasi kawasan tersebut, sehingga Anda tidak perlu bepergian dengan kendaraan pribadi.

2. Berbagai wahana air tersedia

Daya tarik lain dan yang paling penting adalah berbagai seluncuran air yang tersedia. Ada puluhan wahana yang terdiri dari seluncuran atau water slide, kolam renang, lazy river dan ember raksasa. Alasan ini bikin pusing sekaligus mengundang banyak pengunjung.

Selain itu ada juga permainan yang tidak ada hubungannya dengan air yaitu Outbound. Meski peminatnya tidak terlalu banyak, pengelola menyediakan fasilitas tambahan ini bagi siapa saja yang berminat. Menariknya, ada ATV yang disewakan kepada wisatawan yang ingin mengelilingi tempat wisata ini.

3. Kolam renang dari berbagai usia

Atraksi memiliki Sangkan Aqua ParkKredit foto: Google Maps Imam Wahyudi

Bagi Anda yang datang bersama anak-anak di bawah umur, tersedia kolam renang khusus dengan kedalaman tak lebih dari setengah meter. Ada juga yang sebatas lutut orang dewasa saja dan cocok untuk anak di bawah 3 tahun. Bukan untuk berenang tentunya hanya untuk bermain air saja.

4. Lokasi Sangkan Aqua Park jauh

Sangkan Resort Aqua Park dibangun di atas lahan luas yang memungkinkan dilakukannya berbagai aktivitas seru. Di tepi dan beberapa sudutnya dipagari dengan pohon-pohon yang tumbuh subur. Tentunya tidak hanya untuk dekorasi, tapi juga sebagai pemandangan agar terlihat lebih cantik dan menenangkan.

Lokasinya yang luas lebih fleksibel bagi mereka yang ingin beraktifitas. Jadi Anda tidak perlu berdesakan jika ingin berenang atau menggunakan fasilitas seluncuran. Meski tidak terlalu penting, atraksi ini mungkin menarik beberapa wisatawan. Apalagi jika air kolam selalu jernih dan rutin diganti.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sangkan Resort Aqua ParkSumber gambar: Google Maps GHANIA PLAYTIME

Ke mana harus membawa kendaraan jika ingin mengunjungi Sangkan Resort Aqua Park? Pastikan untuk pergi ke alamat Jl. Raya Bandorasa No km. 12, Bandorasa Wetan, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat. Karena lokasinya yang strategis, Anda dapat menggunakan google map untuk menemukan rute terbaik.

Ambil jalur utama Hotel Ayong Linggarjati lalu lewati Jalan Bojong – Linggarjati dengan kendaraan. Setelah tikungan pertama, belok kanan menuju Jalan Panauwan. Anda akan melewati beberapa hotel di jalan, lurus saja terus sampai bertemu pertigaan berikutnya, ambil arah kanan. Dari titik ini Anda berada di dekat objek wisata di sisi kiri jalan.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk Sangkan Resort Aqua ParkSumber gambar: Google Maps Deni Rahadiansyah

Anda pasti bertanya-tanya berapa harga tiket masuk Sangkan Resort Aqua Park bukan? Mengingat fasilitas dan seluncuran airnya sangat lengkap, harga tiket yang ditawarkan mungkin sedikit mahal. Namun jika dibandingkan dengan tempat wisata lain yang bertema sama, harga tersebut masih standar.

Untuk hari aktif dewasa membayar 65.000 rupiah, anak-anak 55.000 rupiah. Bedanya hanya di akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu dikenakan tarif 75.000 untuk anak-anak dan dewasa. Biaya ini memberi Anda hak untuk menggunakan fasilitas dan seluncuran air sebanyak yang Anda suka. Namun, masih belum termasuk loker, ban, dan gazebo.

Aktivitas menarik di Sangkan Resort Aqua Park

Aktivitas menarik di Sangkan Resort Aqua ParkKredit foto: Instagram iie Adiwinata

Saatnya membahas poin-poin penting dari setiap tujuan. Apa saja hal menarik yang bisa dilakukan di Sangkan Resort Aqua Park? Banyak sekali tentunya, sebagian besar masih berhubungan dengan seluncuran air yang ditawarkan. Lebih khusus lagi, kami telah mengumpulkan beberapa aktivitas menarik di bawah ini!

1. Menjawab Tantangan Slider Raft

Salah satu wahana sensasi paling populer adalah Raft Slider. Ini dimaksudkan untuk menantang karena Anda meluncur ke bawah seluncuran berbentuk tabung dari ketinggian 12 meter. Selain itu, jarak yang harus ditempuh sangat jauh yakni sekitar 120 meter. Peluncuran harus menggunakan ban yang bisa disewa terlebih dahulu.

Wahana ini sangat mengasyikkan dan membutuhkan keberanian, setra adrenalin. Apalagi saat mendarat Anda langsung disambut arus yang langsung hanyut. Keseimbangan sangat dibutuhkan saat bermain di wahana ini. Mungkin tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Oleh karena itu pengelola membatasi tinggi badan minimal 110 cm.

2. Sensasi Laut di kolam ombak

Kegiatan menarik lainnya adalah bermain di kolam ombak. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke pantai atau laut jika jarak dari lokasi Anda tidak memungkinkan. Sangkan Resort Aqua Park juga menawarkan wahana ombak buatan yang mirip dengan aslinya.

Ketinggian ombak bervariasi, dengan lima jenis gelombang berbeda yang berubah setiap 10 menit. Lokasinya yang terbuka membuat perasaan semakin ingin pergi ke pantai. Bagi yang membawa anak-anak, berhati-hatilah karena kolamnya cukup dalam, lebih dari 160cm.

3. Serunya ice skating di seluncuran gurita

Jika Anda menyukai hal-hal yang sedikit lebih santai, ada baiknya Anda mencoba wahana bernama Octopus Slide. Nama itu diambil karena ada 6 slider berbeda warna yang disusun berjejer. Ketinggian awal saat berseluncur adalah sekitar 15 meter dan mampu menghasilkan kecepatan sekitar 45 km/jam.

Dengan panjang lintasan 85 meter, kegiatan ini tentu mengasyikkan. Selain itu, cukup aman untuk anak-anak karena menggunakan alas sebagai alat meluncur. Wahana ini juga berakhir di kolam arus dengan kedalaman sekitar 1 meter.

4. Bersantai di Flow Pool

Aktivitas menarik di Sangkan Resort Aqua ParkKredit foto: Instagram Hedi Susilo

Tidak harus memacu adrenalin atau meluncur di atas slider. Anda dan keluarga juga bisa bersantai dan menikmati Lazy River Rides. Kegiatan ini biasanya dilakukan di atas ring sambil bersantai. Arusnya, tidak cukup cepat, memungkinkan Anda perlahan-lahan melayang melalui lintasan tertentu. Uniknya, panjang lintasan bisa lebih dari 300 meter, mengelilingi lokasi Sangkan Resort Aqua Park.

5. Bermain dengan anak-anak di kolam dayung

Tempat wisata yang semakin populer ini juga menawarkan kolam renang untuk anak di bawah umur yang disebut Kiddy Pool. Kedalamannya hanya 60 cm dan cocok sebagai arena bermain untuk anak usia 4 tahun. Anda bisa bermain bersama mereka dan melihat betapa serunya mereka bermain di dalam air.

Meski untuk anak kecil, wahana ini juga dilengkapi seluncuran dengan ketinggian tidak lebih dari 2 meter. Selain itu ada beberapa pancuran yang akan membuat anak-anak begitu senang seolah-olah sedang hujan. Jangan lupakan ember raksasa yang menumpahkan 500 liter air setiap 4 menit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sangkan Resort Aqua ParkSumber gambar: Google Maps Akhmad Hidayat

Untuk fasilitas tidak perlu khawatir karena sudah pasti lengkap dan sesuai dengan standar operasional tempat wisata. Sangkan Resort Aqua Park dilengkapi dengan tempat parkir yang luas, toilet yang bersih dan nyaman, serta ruangan khusus untuk membilas dan mengganti pakaian. Selain itu, terdapat mushola di dekat tempat bagi anda yang ingin mengikuti azan. Gazebo dan loker juga tersedia untuk melengkapi fasilitas yang ditawarkan dengan biaya tertentu.

Taman air ini juga dilengkapi dengan pilihan akomodasi dengan harga standar resor wisata. Selain itu, terdapat area outbond bagi pengunjung yang menginginkan suasana berbeda di dekat kolam renang. Dalam waktu dekat, kabarnya manajemen akan menambah fasilitas kebun binatang mini dengan berbagai satwa, termasuk satwa langka.

Bagi Anda yang sedang berada di Jawa Barat khususnya Kuningan, jangan pernah lupa untuk mengunjungi Sangkan Resort Aqua Park. Apa yang sudah dibahas di atas sangat menarik untuk di perkenalkan, apalagi jika anda berkunjung ke situs tersebut tentunya tidak ada ruginya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button