Tempat Wisata

Savana Bekol: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ketika Anda melihat saluran TV asing yang menayangkan tur safari di Afrika, Anda pasti akan bermimpi merasakan sensasi melakukan tur safari, mengamati dari dekat hewan-hewan yang mencari makan di padang rumput yang luas dan menikmati pemandangan yang unik. Tentu saja anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit jika ingin berkunjung ke Afrika, untungnya di provinsi Jawa Timur lebih tepatnya di kabupaten Situbondo terdapat objek wisata yang menawarkan wisata safari dengan sentuhan cita rasa Afrika, tempat ini bernama Savanah Bekol .

Savana Bekol merupakan salah satu tempat wisata yang masih masuk dalam wilayah Taman Nasional Baluran yaitu di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi Km 35, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Afrika, di sini Anda mendapatkan pengalaman yang hampir sama dengan di sana, dengan harga yang jauh lebih murah dan terjangkau. Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama lain “Little Africa”.

Meski masih banyak tempat wisata lain yang menarik di Taman Nasional Baluran sendiri, namun yang nampaknya menarik perhatian wisatawan adalah savanah Bekol itu sendiri. Sabana dengan luas hampir 300 hektar ini merupakan sabana terluas di Jawa Timur. Di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan indah Gunung Baluran.

Jika Anda ingin melihat panorama dari Savana Bekol secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan menara observasi di sana. Dari menara ini Anda memiliki panorama sabana yang sangat bagus. Dengan bantuan teropong atau teropong, pengunjung juga bisa melihat pemandangan lain yang ada di sekitar Taman Nasional Baluran, seperti Pantai Bama dan Gunung Baluran itu sendiri. ada di malam hari.

Di sana Anda bisa melihat berbagai jenis hewan antara lain banteng, kerbau, rusa, babi hutan, rusa, macan tutul dan masih banyak lagi termasuk berbagai jenis burung yang hilir mudik menghiasi langit Savana Bekol.

Di lingkungan ini juga terdapat tumbuhan bernama Acacia nilotica yang memiliki fungsi penting dalam perkembangannya yaitu sebagai sumber makanan hewan herbivora pada musim kemarau. apa yang kamu tunggu? Jika Anda menyukai alam dan fauna, namun bosan mengunjungi kebun binatang, Anda bisa langsung mengunjungi savanah Bekol ini.

Fasilitas di Savana Bekol

Karena tempat ini berkaitan dengan objek wisata Taman Nasional Baluran, fasilitas pendukung untuk wisatawan di sini cukup lengkap, antara lain:

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung. Tempat parkir juga aman karena ada beberapa penjaga keamanan.

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Meski harus berjalan agak jauh, setidaknya tidak perlu repot mencarinya.

– Kamar untuk menginap

Di kawasan Taman Nasional Baluran, penginapan ditawarkan dengan harga terjangkau mulai dari sekitar 100.000 hingga 150.000 per kamar. Sayangnya, kamar di sini terbatas. Jadi jika Anda berencana menginap, Anda harus menghubungi pengelola terlebih dahulu.

– Kantin atau tempat makan

Anda tidak perlu takut kelaparan karena menghabiskan waktu berjam-jam menjelajahi sabana ini, di kawasan ini juga terdapat kantin yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– menara observasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa menggunakan menara observasi objek wisata ini untuk mendapatkan pemandangan yang lebih jelas dari ketinggian.

– Masjid

Bagi Anda yang ingin segera melaksanakan ibadah salat dapat langsung menghubungi petugas setempat yang dengan senang hati akan mengantarkan Anda ke musala disana.

Berburu foto di Savana Bekol

Berburu foto di tempat wisata ini pasti akan sangat menyenangkan. Anda bisa memanjakan hobi Anda dengan mengabadikan berbagai pemandangan yang ada di sana. Seperti yang telah disebutkan di atas, atraksi fauna biasanya dapat dilihat pada pagi dan sore hari, selain itu dengan latar belakang Gunung Baluran, Anda dapat berfoto bersama teman atau keluarga. Jika Anda naik menara observasi, Anda bisa melihat panorama yang lebih baik lagi, yang merupakan target jepretan kamera yang sangat baik. Bila sudah puas dengan foto yang diinginkan, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial Anda agar banyak orang tahu betapa indahnya Savana Bekol.

Baca juga: Pantai Tamperan, Kawasan Pelabuhan Perikanan dengan Pemandangan Indah

Akses jalan menuju Savana Bekol

Untuk menuju objek wisata Savana Bekol, terdapat berbagai rute dan akses yang bisa Anda pilih tergantung jenis kendaraan. Jika menggunakan mobil bisa langsung menuju jalan Banyuwangi – Batangan dan dilanjutkan ke Bekol. Anda juga dapat melanjutkan langsung dari jalan Situbondo – Batangan. Di Bekol, jalanannya terbuat dari aspal tipis, jadi sebaiknya gunakan mobil sejenis SUV agar petualangan semakin berkesan. Jalan Bekol – Bama akan menghubungkan pintu masuk ke Savannah Baluran.

Biaya masuk ke Savana Bekol

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Savana Bekol

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Tips berlibur di Savana Bekol

  • Persiapkan daya tahan yang prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Jangan lupa untuk membawa kamera Anda
  • Siapkan makanan dan minuman yang cukup
  • Jangan mencemari lingkungan

Galeri foto Savana Bekol

Selamat datang di Savana Bekol
Taman Nasional Savana Baluran Bekol
Tempat foto terbaik
Potret kerbau yang sedang berkubang di Savana Bekol
Potret keindahan Taman Nasional Baluran
Peringatan bagi pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button