Berita Wisata

Sebagai objek wisata baru, Museum Kidung tetap menjadi harapan masyarakat Pacitan » BERITA DARI JOGLOSEMAR

Ini tampak depan objek wisata baru di Pacitan yaitu Museum Sog Terus / Foto: Wahyu Fajar Lestari

PACITAN, JOGLOSEMAREWS.COM Museum Kidung terus menjadi objek wisata baru di Kabupaten Pacitan. Setelah diresmikan pada 12 Oktober 2022, museum ini menambah daftar destinasi wisata di kota berjuluk 1001 Goa tersebut.

Berlokasi di Dusun Weru, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, museum ini tidak hanya dijadikan tempat wisata dan rekreasi, tetapi juga bisa dijadikan tempat wisata sejarah.

Museum Song Terus merupakan museum yang menyajikan perjalanan manusia, budaya, dan lingkungan alam di Gunung Sewu dari zaman prasejarah hingga saat ini.

Kehadirannya seharusnya mengajak dan menggugah pengunjung untuk memahami, menghargai dan melestarikan bukti-bukti sejarah masa lampau untuk kehidupan sekarang dan mendatang.

Terletak tepat di seberang Goa Song Terus, museum dengan arsitektur unik ini memamerkan berbagai koleksi prasejarah, seperti batu purba, peralatan kuno, dan masih banyak lagi. Apalagi museum ini juga sarat akan ilmu.

Beragam informasi prasejarah bisa Anda dapatkan di sini, seperti lanskap Gunung Sewu, perkembangan manusia purba, kehidupan di zaman prasejarah, industri purbakala, pola budaya prasejarah, dan gaya hidup manusia prasejarah.

Selain itu, DNA atau asam deoksiribonukleat sebagai ikon Museum Song Terus merupakan simbol keanekaragaman ras manusia yang pernah menghuni kawasan Gunung Sewu.

Keberadaan museum ini menjadi harapan bagi masyarakat Pacitan, khususnya warga setempat. Tidak hanya untuk kepentingan pembangunan, penelitian dan pelestarian sejarah, tetapi juga dapat membawa manfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button