Berita Wisata

Sebelum liburan Nataru, Ganjar mengajak piknik rumah tangga

JAKARTA — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerukan “Ayo piknik rumahan”, usai menjadi pembicara Meluncurkan Paket Wisata Nusantara 100 (Pak Wisnu) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Senin (5/12/2022). Hal ini untuk mendukung upaya Presiden RI Joko Widodo dalam memajukan dunia pariwisata Tanah Air.

Meluncurkan dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Pak Wisnu adalah upaya memikat wisatawan domestik untuk berlibur hanya di Indonesia. Di setiap provinsi disertakan tiga paket wisata unggulan.

Hal ini juga sebagai penunjang tercapainya target pergerakan wisatawan mencapai 1,4 miliar orang pada tahun 2023. Target tersebut meningkat dibandingkan target sebelumnya yaitu 700 juta pergerakan wisatawan nusantara pada tahun 2022.

Tiga paket wisata Jawa Tengah yang masuk dalam daftar Pak Wisnu adalah Wisata Religi Ziarah Walisongo, Jeep Solo dan Perjalanan Sehari Belanja sebaik Private Trip ke Gunung Merbabu.

“Saya senang, bisa diajak berdiskusi dan mempromosikan masing-masing tiga di provinsi, sebagai satu tujuan wisata daerah. Pak Wisnu, perjalanan yang terorganisir ke nusantara,” kata Ganjar.

Ia menambahkan, Jateng dipastikan akan berperan dalam hal ini, terutama dengan menjalin kerja sama dengan daerah lain. Ia mencontohkan rangkaian religi ziarah Walisongo.

“Tentu saja tidak hanya, Jawa Tengah. Tapi kami berkolaborasi dengan tempat lain. Jadi, tadi kami menawarkan, misalnya kepada yang beragama, sunan-sunan yang ada. Dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur satu paket saja,” jelasnya.

Menurut Ganjar, ini merupakan kebangkitan dunia pariwisata tanah air.

“Jadi kita bangun optimisme. Dan beberapa waktu lalu presiden bilang, ‘Ayo kita piknik desa’,” kata gubernur berambut putih itu.

Sejauh ini, kata Ganjar, baru tiga paket yang masuk Pak Wisnu. Tugas daerah adalah membantu mempromosikannya kepada masyarakat.

“Sekarang kita coba kembangkan, dan hari ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sedang membantu kita di daerah untuk bisa mempromosikannya,” imbuhnya.

Namun, fasilitas infrastruktur lainnya juga memerlukan perhatian khusus. Misalnya, fasilitas umum di lokasi wisata.

“Itu pesan yang bagus. eh awas toilet bersih, awas tong sampah. Saya kira itu yang menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran Pak Wisnu merupakan bagian dari semangat liburan Natal dan Tahun Baru.

“Jadi menurut saya bagian dari kita bergembira sebelum liburan Nataru, piknik di Indonesia saja,” ucapnya. (Wk/Ul, Diskominfo Jateng)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button