Berita Wisata

Sebelum Wisata Muara Takus, jalanan sepi pedagang kaki lima

ARASYNEWS.COM – Acara Tour of Muara Takus (ToM) 2022 akan berlangsung pada 12 November 2022. Berbagai persiapan telah dilakukan, salah satunya pembersihan area yang akan dilalui oleh para peserta.

Terdapat banyak kios pedagang kaki lima (PKL) di sejumlah jalur yang sudah diperiksa. Hal ini karena mengganggu keindahan dan pemandangan kota.

Sejumlah ruas jalan telah dibersihkan dari PKL di Kota Pekanbaru mulai dari Jalan Pattimura, Jalan Diponegoro, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kaharuddin Nasution, Jalan Soekarno-Hatta, hingga Jalan HR Soebrantas. Pembersihan ini melibatkan Satpol PP Kota Pekanbaru.

Selain itu, petugas kecamatan juga melakukan pembersihan pinggir jalan yang nantinya akan digunakan pengendara sepeda dari dalam hingga luar negeri.

“Jalan ini merupakan salah satu jalan event utama di Pekanbaru dan Riau Menara Muara Takus, bagi para pedagang di sepanjang jalan tersebut bisa lebih tertib dalam berjualan,” kata Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, kegiatan penertiban ini dalam rangka melaksanakan tugas ketertiban umum dan penegakan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2021 tentang ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.
“Kepada pedagang, kami sudah berulang kali mengimbau untuk tidak berjualan di kawasan terlarang,” imbuhnya.

Banyak lapak pedagang yang diangkut petugas dan diamankan di kantor Satpol PP. Nantinya, pemilik lapak akan diproses dan dikenakan sanksi administratif.

Untuk diketahui, uji coba lintasan Wisata Muara Takus 2022 dilakukan oleh Polres Riau Irwasda dengan penanggung jawab utama Polda Riau, Kapolres Pekanbaru, perwakilan dari ISSI Riau dan rombongannya Sabtu lalu.

Sidang dimulai dari Mabes Polri hingga berhenti di Stand 1 Keraton Kasultanan Kampa di Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa.

Rute Tour Muara Takus 2022 akan menempuh jarak 125 kilometer termasuk tiga pit stop.

Pemberhentian pertama di Istana Kesultanan Kampa dengan resepsi pakaian adat setempat.

Selanjutnya pit stop kedua di Pendopo Bupati Kampar menyajikan jajanan dan hiburan Kampar.

Dan pit stop ketiga adalah Dermaga Batu Bersurat yang menyediakan spot foto untuk peserta sepeda Tour Muara Takus dan berakhir di Pura Muara Takus.

Acara ini selain memperkenalkan wisata Kampar Riau, juga menghadirkan kuliner khas Riau. []

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button