Berita Wisata

Sedih! Gajah Damar meninggal karena virus di Riau

Pekanbaru

Dunia konservasi khususnya di Riau kembali berduka. Pasalnya, seekor gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) mati di Unit Konservasi Gajah, Taman Wisata Alam Buluh cina. Gajah yang diberi nama Damar itu ditemukan tergeletak tak bernyawa oleh petugas.

“Damar lahir di TWA Buluh Cina pada 3 Juli 2020. Damar adalah anak dari sepasang gajah latih di sana, Robin dan Ngatini,” jelas Kepala BKSDA Riau Genman S Hasibun kepada wartawan, Rabu (8/1/2023). ) .

Genman mengatakan, keramahan Damar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke TWA. Oleh karena itu, kematian Damar merupakan tragedi bagi konservasi.

Genman mengatakan petugas atau pelatih gajah awalnya datang ke lokasi pada Senin 11 Januari pukul 07.45 WIB. Petugas saat itu melakukan pengecekan dan hendak memindahkan gajah tersebut ke dalam hutan.

Sesampainya di lokasi, petugas bernama Alex melihat gajah Damar tergeletak tak bergerak. Awalnya Alex mengira Damar masih tidur

Namun, gajah tersebut dipastikan mati. Sementara sebelumnya pada Selasa 10 Januari, petugas jaga malam masih menemukan Damar dalam kondisi baik tanpa gejala yang mencurigakan karena sakit sekitar pukul 18.00 WIB.

“Setelah menerima laporan, saya meminta tim medis untuk melakukan otopsi dan mendiagnosa penyebab kematian gajah Damar. Sampel berupa lidah, hati, limpa, perut gajah, ginjal, jantung, paru-paru dan cairan perikardial. dikirim ke laboratorium Kota Bogor untuk mengetahui secara detail penyebab kematian gajah Damar tersebut,” tambah Genman.

Selain itu, pada Rabu (17/1/2023) uji lab telah selesai. Hasilnya, gajah Damar yang berjenis kelamin jantan dan berusia 2 tahun 4 bulan itu mati karena positif Elephant Endotheliotropic Herpes Virus (EEHV).

“Jenis virus ini sangat sulit diprediksi, gejalanya tidak kentara jika hanya melihat fisik gajah. Namun, bisa menyerang bayi gajah dengan cepat,” ujarnya.

Genman meyakinkan, selama ini BKSDA Riau Pusat bekerja sama dengan Badan Pemantauan Gajah telah bekerja keras untuk mencegah dan mengantisipasi kematian gajah. Salah satunya melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, memberikan obat-obatan, vitamin dan makanan bergizi.

Selamat tinggal Damar…

Simak Video “Dramatis! Proses Evakuasi Bayi Gajah Dari Penggalian di Riau”
[Gambas:Video 20detik]
(balapan/nkm)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button