Tempat Wisata

Sejarah, wahana & tiket masuk

Menjelaskan kota Batu di Malang Jawa Timur Sebagai tempat wisata memang tidak akan ada habisnya. Apalagi jika berbicara mengenai tempat wisata yang dikelola oleh Jatim Park Group.

Jatim Park Group yang telah terbukti berhasil membangun dan mengembangkan tempat wisata binaan menjadi ikon wisata di kota Batu dan Jawa Timur.

Beberapa atraksi bagus yang di promosikan oleh Jatim Park Group adalah Jatim Park 1, BSN, Museum Angkut, Predator Park, Body Museum dan Taman Jawa Timur 2 yang terdiri dari 3 objek wisata yaitu Animal Museum, Eco Green Park dan Secret Stone Zoo.

Dari beberapa objek wisata yang didukung oleh grup Jatim Park tersebut di atas, beberapa yang menarik untuk dibahas adalah objek wisata yang terintegrasi ke dalam Jatim Park 2.

Karena selain memang didesain dengan konsep yang mirip dengan Jatim Park 1 yang sudah dibangun dan terkenal. Wahana dan fasilitas wisata di Jatim Park 2 juga cukup lengkap.

Kenali objek wisata Jatim Park 2 lebih dekat

Hampir seluruh objek wisata di Kota Batu yang dimiliki oleh Jatim Park Group merupakan objek wisata yang terkenal dan populer di kalangan wisatawan. Begitu juga dengan objek wisata Jatim Park 2 yang tidak pernah sepi kunjungan wisatawan.

Tercatat, baik pada hari libur maupun hari biasa, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jatim Park 2 tak pernah kurang dari ribuan orang.

Apalagi saat libur panjang seperti libur Idul Fitri atau perayaan tahun baru, jumlah wisatawan yang datang biasanya akan jauh lebih banyak.

Meski memiliki konsep yang hampir sama, Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 tetap dibangun dengan tujuan yang berbeda. Jika Jatim Park 1 lebih condong ke wisata gaming dan entertainment, maka Jatim Park 2 lebih condong ke wisata edukasi.

Dengan kata lain, jika kita menginginkan liburan yang penuh dengan wahana, permainan dan hiburan, maka Jatim Park 1 adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sisi lain, jika kita ingin berlibur sekaligus memperluas pengetahuan, Jatim Park 2 adalah tempat yang tepat.

Wahana liburan edukasi di Jatim Park 2

Karena tempat wisata Jatim Park 2 terdiri dari 3 zona wisata, Anda tidak perlu menjelajahi ketiganya jika ingin menikmati semua wahana yang tersedia. Dan berikut adalah wahana yang tersedia di setiap zona wisata Jatim Park 2.

1. Zona Museum Satwa

Museum Satwa di Jatim Park 2

Saat memasuki museum satwa, kita akan disambut berbagai bentuk diorama dengan figur berupa hewan purba dan hewan lainnya.

Salah satu diorama yang cukup menarik adalah diorama replika kerangka hewan purba seperti dinosaurus, triceptor dan juga tynosaurus yang ditata sedemikian rupa dengan sentuhan artistik yang menarik.

Ada pula diorama yang menggambarkan aktivitas hewan yang ditata dengan sentuhan artistik dan elemen dramatis.

Jadi ketika kita melihatnya, seperti mengamati aktivitas hewan-hewan tersebut dalam bentuk dan habitat aslinya.

2. Kebun Binatang Rahasia Zona Batu

Batu Secret Zoo Jatim Park

Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang menampilkan koleksi berbagai spesies hewan dengan desain yang lebih modern yang membuatnya berbeda dari kebun binatang lainnya.

Selain itu, yang membuat zona batu kebun binatang rahasia ini semakin menarik adalah kawasan ini didesain unik, bersih, dan nyaman.

Apalagi dengan adanya area fantasy land dan adventure land yang dibangun untuk tujuan tersebut, tentunya zona ini semakin menarik untuk anak-anak.

Di zona batu kebun binatang rahasia ini. Kita bisa menjelajahi 6 area dengan koleksi hewan yang berbeda. Keenam area tersebut adalah:

• Daerah reptil

Seperti namanya, di kawasan ini kita bisa menemukan berbagai koleksi reptil yang ditampilkan dalam akuarium besar yang tata letaknya hampir menyerupai habitat alami reptil.

Menyaksikan aktivitas reptil di dalam akuarium beserta pencahayaan tambahan di dalam ruangan selalu membuat area ini terasa menarik.

• Area sabana

Kawasan sabana merupakan tempat berkumpulnya hewan-hewan yang didatangkan dari benua Afrika. Tidak hanya kita bisa melihatnya, kita juga bisa belajar tentang hewan-hewan tersebut melalui media interaktif yang ada di area ini.

• Area akuarium

Berikut adalah kumpulan hewan air dengan berbagai warna, bentuk dan spesies. Sekilas kawasan ini menyerupai dunia air mini, bedanya tidak ada terowongan ikan.

• Area Fantasyland dan Adventureland

Kawasan ini menawarkan berbagai jenis taman bermain yang biasanya merupakan taman bermain anak-anak. Jika Anda datang bersama anak-anak, Anda bisa memanjakan mereka dengan berbagai wahana yang ada di kawasan ini.

• Daerah Tigerland

Ada berbagai spesies harimau di daerah ini. beberapa di antaranya adalah harimau putih, harimau emas, dan harimau sumatera. Ada juga beberapa hewan liar lain yang sengaja ditinggalkan di kandang terbuka.

Namun jangan khawatir, meski sudah dilepasliarkan, kita masih bisa dengan aman melihat harimau dan satwa di kawasan ini dari dekat. Pembatas kaca tebal telah dipasang antara area dan lokasi pengunjung.

• Area Pasar Afrika

Kawasan ini memberikan gambaran tentang situasi dan kondisi di benua Afrika. Jika beruntung, Anda selalu bisa merasakan serunya memberi makan gajah dan hewan lainnya secara langsung.

Baca juga: Taman Safari Prigen Jawa Timur Review

3. Zona lingkungan hijau taman

Eco Green Park di Jatim Park Batu Malang

Inilah zona terakhir dari objek wisata Jatim Park 2. Disini kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang budaya nusantara. Wahana di zona ini antara lain:

• Miniatur Kuil

Di sini Anda bisa menemukan candi-candi terkenal di Indonesia dan mempelajarinya. Miniatur pura dibangun di atas bukit yang dikelilingi oleh kolam ikan dan aneka sayur dan buah-buahan dengan penataan yang sangat tertata.

• Peternakan Hewan

Di kawasan ini Anda hanya akan menemukan binatang yang mungkin sudah sering Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari. Hewan-hewan ini termasuk ayam, kambing, sapi dan bebek.

Hanya saja jika Anda tidak melewatkan kawasan ini, saat keluar Jatim Park 1 Anda akan dibawa pulang pengetahuan cara membuat pakan majemuk untuk satwa tersebut.

• Kerajaan Bebek

Bagi anda yang senang merawat dan melihat bebek. Kemudian Kerajaan Bebek adalah tempat untuk dikunjungi. Ada beberapa jenis bebek yang didatangkan langsung dari seluruh dunia seperti bebek angsa bisu, bebek mandarin, bebek amerika dan bebek ethiopia.

Selain bebek, kamu juga bisa berinteraksi dengan kawanan burung beo dan burung bangkok di sini.

Selain ketiga kawasan yang disebutkan di atas, sebenarnya ada beberapa kawasan atau wahana lain di zona Eco Green Park yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah Wahana Air, Multimedia Domes, Rumah Terbalik, Parrot World, Hidroponik, Jungle Adventures dan Eco Lesson.

Baca juga: Sumber Maron Malang

Fasilitas yang ada di tempat wisata Jatim Park 2

Untuk melengkapi keberadaan tempat wisata di Jatim Park 2, pihak pengelola tempat wisata ini juga telah menyiapkan beberapa fasilitas utama yang biasanya dibutuhkan wisatawan saat berlibur di suatu tempat tertentu. Beberapa fasilitas tersebut adalah:

1. Toilet
2. Toilet umum
3. Tempat Ibadah
4. Tempat parkir
5. Rumah akan
6. Akomodasi

Sebenarnya ada cukup banyak rute yang bisa kita tempuh untuk menuju tempat wisata Jatim Park 2 ini. Ini tergantung pada arah mana atau mulai Anda mulai saat Anda memulai perjalanan.

Bagi yang berasal dari kota Malang, lokasi Jatim Park 2 tentu tidak sulit ditemukan. Selain terkenal, jarak antara pusat kota Malang dengan tempat wisata Jatim Park 2 hanya sekitar 20 km.

Baca Juga : Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur

Demikian artikel tentang tempat wisata Jatim Park 2 di kota Batu Malang. Semoga semua informasi yang ada dalam artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang Jatim Park 2.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button