Tempat Wisata

Situ Cibeureum, nikmati keindahan alam yang mempesona mirip Danau Toba di Bekasi

Temukan keindahan alam Situ Cibeureum di Bekasi, pemandangan mempesona dengan nuansa mirip Danau Toba. Sempurnakan petualangan Anda di sini.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Lambangjaya, Kec. Tambun Selatan, Kab.Bekasi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Bekasi, kota yang terletak tak jauh dari ibu kota Indonesia, punya sejuta wisata alam yang tak terduga. Salah satunya adalah Situ Cibeureum, tempat wisata alam di Bekasi yang menakjubkan. Saking indahnya tempat ini, pengunjung bahkan lupa bahwa kawasan di sekitarnya merupakan kawasan industri yang sangat besar.

Dana, atau yang biasa disebut penduduk setempat dengan Situ, dulunya sangat luas. Luasnya lebih dari 38 hektar, tugas utamanya adalah mengairi sawah di sekitarnya. Selain itu juga dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya mencari ikan dengan jaring dan pancing, mencari kangkung serta air minum dan kesempatan mandi.

Kini luasnya hanya tinggal 2 hektare yang akan berkurang dengan dibangunnya kompleks perumahan. Namun keindahan dan pesonanya tidak pernah berkurang selama berabad-abad. Suasana sejuk dan asri tercipta dari banyaknya semak belukar yang mengelilingi hampir seluruh tepian danau.

➥ Cek hotel murah di bekasi

Daya tarik Situ Cibeureum

Objek wisata Situ Cibeureum BekasiFoto oleh I Made Suryadi di Google Maps

Situ Cibeureum Bekasi mempunyai banyak objek wisata yang menarik pengunjung. Bukan hanya dari warga sekitar yang ingin nongkrong, tapi juga dari seluruh kota. Jaraknya yang tidak jauh dari Jakarta menjadikan objek wisata alam ini strategis dan mudah untuk dikunjungi.

1. Mirip Danau Toba

Pastinya banyak orang yang mengenal Danau Toba dengan segala keindahannya. Kali ini Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Sumatera Utara untuk menikmati pesonanya. Bekasi juga punya, meski tidak persis sama. Setidaknya Anda akan merasakan suasana yang hampir setara dengan danau terluas dan terluas di Indonesia.

Di tengah Situ Cibeureum terdapat sebuah pulau kecil yang ditumbuhi rerumputan liar dan semak belukar. Bukit daratan yang berada di tengah danau ini menyerupai Pulau Samosir di Danau Toba. Airnya tenang, hampir tidak ada ombak. Suasananya asri sekali, serasa berada di danau yang berada di tengah hutan.

Padahal tempat wisata yang Anda kunjungi berada di tengah kota. Bekasi merupakan kawasan industri terbesar di Indonesia dan dikelilingi oleh banyak pabrik. Namun saat berada di sini, Anda seperti melupakan lingkungan sekitar. Menariknya, pengunjung juga bisa menuju pulau kecil di tengah danau tersebut dengan menggunakan transportasi yang disediakan.

➥ Periksa tiket Go! Taman air basah bekasi

2. Keindahan alam memang mempesona

Daya tarik Situ Cibeureum Bekasi selanjutnya adalah keindahan alam disekitarnya. Sejauh mata memandang, warna hijau tercipta. Pemandangan hijau ini didapat berkat rerumputan yang tumbuh subur di tepian danau. Ada juga semak belukar yang mengelilingi hampir setiap titik dan menjadi objek wisata di Bekasi.

Keindahannya semakin sempurna dengan tenangnya air danau. Mengunjungi tempat ini sangat cocok untuk penyembuhan, yakni melepas penat sehari-hari dan menikmati pemandangan alam. Udaranya sejuk, seperti di pegunungan atau di tengah hutan. Suasana semakin sempurna ketika langit meredup dan muncul gradasi warna.

3. Wisata kuliner yang nikmat

Mengunjungi Situ Cibeureum di Bekasi bukan sekadar menikmati keindahan alam sekitar. Anda juga bisa mencari kuliner lezat selama menginap. Ada banyak stand yang didirikan di tepian danau. Konsep bangunannya sangat unik yaitu berbahan bambu semi permanen. Jadi sambil menikmati makanan, Anda bisa menikmati pesona alam sekitar.

Menu yang ditawarkan di stand bervariasi, mulai dari makanan hingga minuman. Misalnya saja makanan khas Bekasi yang biasa menjadi tujuan wisatawan. Ada juga makanan dan jajanan lainnya. Untuk minumannya, sebagian besar warung menawarkan es krim kelapa muda yang sangat menyegarkan.

➥ Tiket Waterboom Lippo Cikarang

4. Tempat memancing favorit

Situ Cibeureum tidak berbeda jauh dengan fungsi danau pada umumnya dan juga cocok sebagai tempat memancing. Di antara sekian banyak pengunjung yang datang, ada pula yang mempunyai tujuan menangkap ikan. Hal ini wajar karena banyak tempat yang bisa dikunjungi. Banyak sekali ikan yang bersembunyi tepat di pinggir danau dan mencari makan.

Berbagai jenis ikan hidup di air jernih tersebut, antara lain ikan mas, cichlid, dan lele. Bawalah peralatan memancing Anda dan nikmati waktu santai menunggu ikan menggigit. Uniknya lagi, ikan hasil tangkapanmu bisa kamu bawa ke stand untuk dimasak. Tentu saja tidak gratis, jasa stand chef harus berbayar.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Situ Cibeureum BekasiFoto Napak Tilas Tasikmalaya di Instagram

Untuk mengunjungi objek wisata alam ini, seseorang harus menghabiskan banyak waktu meninggalkan pusat kota. Jarak Situ Cibeureum ke Alun-Alun M Hasibuan sekitar 15 kilometer. Biasanya rute ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit dengan kendaraan pribadi. Tentu saja dengan kecepatan rata-rata dan kondisi jalan normal.

Alamat lengkap : Desa Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jadi bila keluar dari pusat kota, silakan menuju Jalan Veteran terlebih dahulu. Selanjutnya menuju Jalan RA Kartini dan Jalan Chairil Anwar. Ambil arah tol Jakarta – Cikampek dan ikuti jalur utama.

Tujuan selanjutnya adalah Jalan Grand Wisata hingga tiba di Jalan Celebration Boulevard. Jarak Situ Cibeureum dari titik ini sekitar 2 kilometer, Anda tinggal mengikuti rambu saja. Jika perlu silakan bertanya kepada warga setempat, saya yakin semua orang mengetahuinya. Menggunakan aplikasi Google Maps juga menjadi salah satu cara untuk mempermudah pencarian.

Setelah menemukan lokasinya, silahkan mencari tempat parkir yang aman. Siapapun bisa mengunjungi objek wisata di Bekasi ini tanpa perlu membayar biaya masuk. Hal yang sama berlaku untuk tempat parkir, dan Anda tidak perlu membayar sepeser pun. Karena tempat parkirnya tepat di depan toko, Anda hanya perlu membelinya sebagai syarat meninggalkan kendaraan.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Situ Cibeureum BekasiFoto Napak Tilas Tasikmalaya di Instagram

Pengunjung Situ Cibeureum Bekasi sebagian besar adalah keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama. Ada pula pasangan muda yang menghabiskan liburannya dengan menikmati pemandangan alam dan kuliner. Siapapun yang datang, banyak hal menarik yang bisa dinikmati di sini.

Nikmati pemandangan alam

Aktivitas yang wajib dilakukan di objek wisata alam ini adalah menikmati pesona alam. Wajar karena keindahannya tidak bisa ditemukan di tempat lain. Apalagi banyak yang bilang kalau tempat ini mirip dengan Danau Toba. Mereka pun penasaran dengan keindahan danau tersebut karena di tengah danau terdapat pulau kecil yang terlihat eksotis.

Carilah makanan enak di kawasan Situ Cibeureum

Situ Cibeureum di Bekasi merupakan tempat mencari makanan enak yang patut untuk dicoba. Hal ini tidak sia-sia karena banyak terdapat warung makan berkonsep saung di tepi danau. Saat Anda menikmati santapan, keindahan alam pun semakin sempurna di hadapan mata Anda. Selain itu, menunya sangat banyak dan bervariasi, termasuk snack dan minuman.

penangkapan ikan

Tak ada salahnya jika Anda senang memancing dan menjajal spot-spot di danau ini. Bukan rahasia lagi kalau danau ini menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan air tawar. Memancing di danau lebih mudah dibandingkan di laut. Ikan yang hidup di dalamnya beragam mulai dari ikan lele, nila, nila hingga ikan gabus.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Situ Cibeureum BekasiFoto oleh I Made Suryadi di Google Maps

Meski tiket masuknya tidak tetap alias gratis, namun Situ Cibeureum memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Seperti halnya tempat wisata lainnya, tersedia tempat parkir yang luas di sini. Ada juga toilet yang tersebar di beberapa lokasi. Tempat sampah, perahu wisata, dan musala kecil juga tersedia sebagai fasilitas penunjang.

Tidak harus mahal untuk mengisi liburan Anda dengan mengunjungi tempat wisata. Di Bekasi ada beberapa tempat yang bisa Anda gunakan untuk menghabiskan waktu luang. Situ Cibeureum misalnya, tempat ini masih layak untuk dikunjungi karena memiliki banyak kelebihan. Menariknya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli tiket.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button