Tempat Wisata

Situ Gede: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Situ Gede: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ayo ke Bogor! Kota dengan segudang tempat wisata yang membuat kita bisa terbuai dengan keindahan pemandangan alamnya. Tak lain adalah adanya sebuah telaga indah yang berjarak 10 km dari pusat kota Bogor, Jawa Barat. Danau ini terletak di dalam hutan Dramaga dengan luas sekitar 6 hektar dan memiliki kedalaman air hingga 6 meter. telah resmi ditetapkan sebagai tempat wisata atau simbol baru pariwisata di kota hujan ini.

merupakan tempat rekreasi bagi warga Bogor untuk berperahu, memancing, piknik atau berjalan-jalan di hutan. Pengelola danau juga menyediakan perahu bebek dan perahu dayung yang bisa disewa untuk berlayar mengelilingi danau. Selain kawasannya yang sejuk, telaga ini dekat dengan Balai Penelitian Kehutanan yang masih bernuansa pedesaan.

Fasilitas di Situ Gede

Di warung-warung sekitar danau terdapat hidangan dengan menu ikan berbeda-beda yang memanjakan lidah dan perut pengunjung. Setelah perut kenyang dengan sajian kuliner khas, pengunjung bisa menghabiskan waktunya di danau ini hingga sore hari. Panorama telaga ini di sore hari menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan dan sulit untuk dilupakan.

Bagi yang ingin jogging bisa memanfaatkan area jalan yang mengelilingi danau. Terdapat juga paviliun, taman, dan area berkemah. Fasilitas penunjang lainnya antara lain musholla, tempat parkir yang luas dan toilet yang memadai.

Keindahan Situ Gede

Keindahan danau dan keindahan pemandangan alam disekitarnya menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya menikmati pesona wisata ekologi berupa vegetasi alami di sekitar danau, udaranya juga sejuk dan segar. Tak heran jika danau ini ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Keindahan telaga ini sangat cocok bagi wisatawan yang berada dekat maupun jauh untuk datang kesini dan bersantai. Pesona keindahan alam danau dan hutannya yang tiada tara sungguh sayang jika dilewatkan. Selain itu, penduduk lokal di kawasan danau sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebelum dijadikan tempat wisata, danau ini berfungsi sebagai tempat penampungan air untuk mengairi sawah di sekitar danau. Keunikan danau ini adalah terdapat pulau kecil seluas 1 hektar di tengahnya. Selain itu juga terdapat makam Eyang Prabudilaya, seorang tokoh agama Islam yang disegani masyarakat. Makam Eyang Prabudilaya masih dianggap keramat dan keramat oleh masyarakat setempat.

Danau ini juga berperan sebagai hutan penyeimbang bagi ekosistem tumbuhan tropis yang tumbuh di sekitar danau indah ini. Sebagian besar penduduk lokal di kawasan danau bergantung pada populasi habitatnya. Oleh karena itu, di telaga ini kita bisa menjumpai orang-orang yang sedang mencari ikan.

Di sebelahnya ada Hutan Penelitian Dramaga. Kondisi hutan masih terjaga dengan baik dengan pepohonan yang besar dan menjulang tinggi. Banyak juga pengunjung yang piknik di kawasan hutan ini. Di hutan ini terdapat jalan setapak yang bisa digunakan untuk berjalan melewati hutan. Anda harus berhati-hati saat memasuki hutan karena banyak terdapat ular tanah dan ular berbisa lainnya di sana.

Terdapat tempat penangkaran rusa di salah satu sisi hutan ini. Tenang saja, disini kita juga bisa ngobrol langsung dan memberi makan rusanya. Panorama telaga ini menjadi sangat indah seiring dengan turunnya kegelapan, apalagi saat matahari terbenam dan langit berubah menjadi merah.

Berburu foto di Situ Gede

Makam Eyang Prabudilaya yang berada di tengah pulau menjadi tempat menarik untuk berburu foto. Selain itu, jika melintasi pulau ini dengan menggunakan perahu dayung, pemandangan alamnya juga bisa dijadikan objek foto yang menarik. Berfoto bersama rusa di hutan penelitian Dramaga pun tak kalah menariknya. Jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam dan langit merah di sore hari.

Akses lokasi ke Situ Gede

Bagi yang menggunakan angkutan umum sebagai alat transportasinya, dapat menaiki angkutan umum 03 jurusan Baranangsiang – Bubulak dari Terminal Baranangsiang. Setelah sampai di Bubulak, naik angkutan umum lagi menuju jalur utama. Juga dapat diakses dengan ojek

Jika anda berangkat dari Terminal Pancasila Kota Tasikmalaya, naik angkutan umum jalur 04. Setelah turun angkutan umum, berjalanlah sekitar 1 km untuk sampai ke lokasi.

Biaya masuk Situ Gede

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Situ Gede

Tips berwisata di Situ Gede

  • Persiapkan kendaraan dan badan Anda untuk memastikan liburan Anda berjalan lancar.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen tak terlupakan sepanjang perjalanan.
  • Jaga barang-barang pribadi masing-masing.
  • Jangan lupa membawa perbekalan kesehatan seperti sabun basah, sampo, dan antiseptik.
  • Menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada lokasi yang disediakan pengelola.

Jika anda sedang atau akan berlibur ke kota bogor jangan lupa untuk mampir. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang merencanakan destinasi liburan. Danau yang indah dan berbagai fasilitasnya pasti akan membuat pengalaman liburan kita berkesan dan berkesan.

Galeri foto Situ Gede

Selamat datang di Situ Gede
Potret Situ Gede
Bermain di Situ Gede
berburu foto
Spot foto di Situ Gede
Aneka masakan dan jajanan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button