Tempat Wisata

Situ Sukarame: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Situ Sukarame: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang menawarkan banyak kawasan wisata alam untuk menemani akhir pekan Anda. Salah satunya kawasan wisata Situ Sukarame yang menyuguhkan pemandangan indah perpaduan perkebunan teh, hutan pinus, dan hutan damar yang rindang, serta air danau yang jernih.

Objek wisata Situ Sukarame terletak tepat di kaki Gunung Salak. Jika wisatawan ingin menikmati telaga dan berkeliling telaga, banyak masyarakat di sekitar telaga yang menyewa rakit hingga 30 orang dengan harga Rp 300. 2000 per orang saja.

Situ Sukarame sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga. Kawasan ini terbilang sejuk dan menarik untuk dikunjungi. Danau Sukarame bukanlah danau alami melainkan danau buatan yang dibuat pada masa pemerintahan Belanda ketika mereka masih menguasai kawasan tersebut.

Fasilitas di Situ Sukarame

Fasilitas dan pelayanan di sekitar telaga ini terbilang biasa saja, sama seperti telaga pada umumnya. Tempat parkir kendaraan yang luas telah dibuat di sini. Ruang sholat untuk umat Islam. Ada juga fasilitas lainnya yaitu toilet umum, akomodasi dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin beristirahat sejenak di kaki Gunung Salak, Anda bisa menemukan beberapa akomodasi di sini dengan harga yang relatif terjangkau. Penduduk setempat juga ramah terhadap pengunjung.

Jika Anda mempunyai masalah perut, jangan khawatir karena di sekitar danau terdapat warung-warung kecil yang menjual nasi bungkus, mie instan, atau gorengan hangat untuk mengenyangkan perut. Minuman seperti teh, minuman jahe dan minuman panas lainnya juga tersedia di sini.

Sejarah dan Keindahan Situ Sukarame

Situ Sukarame merupakan sebuah danau yang terbentuk pada masa Hindia Belanda. Disebut Situ Sukarame karena letaknya di dekat desa Sukarame. Pada awalnya tidak ada danau sama sekali di kawasan ini, melainkan hutan belantara yang tidak ada penghuninya. Orang yang pertama kali mendiami tempat ini bernama Ama Sadarina. Ia merupakan pemimpin Kerajaan Mataram yang bersembunyi dari penjajahan Belanda.

Setelah Ama Sadarina datang, ia mulai membuka Sekolah Tinggi Sains Kadigjayaan, dan akhirnya tempat itu mulai ramai dikunjungi orang dan dikenal dengan nama Kampung Sukarame. Mitos Situ Sukarame menyebutkan bahwa pada zaman dahulu, sebelum danau itu selesai dibangun, penjaga kawasan meminta untuk mengorbankan anak kembar yang lahir dari bule.

Sebelumnya, banyak kendala yang menghambat penyelesaian danau tersebut. Namun setelah anak kembarnya dikorbankan oleh bule, danau buatan tersebut menjadi seperti Situ atau Danau Sukarame yang sekarang.

Keindahan Situ Sukarame membuat banyak wisatawan mengunjungi tempat ini. Banyak pengunjung yang datang kesini, dan kawasan danau ini banyak digunakan untuk piknik bersama keluarga atau teman. Puncak keramaiannya terjadi pada tanggal 17 Agustus, karena pada hari tersebut hampir seluruh warga Kecamatan Parakansalak mengikuti perayaan HUT RI.

Berburu foto di kawasan wisata Situ Sukarame

Jangan lupa membawa kamera kesayanganmu. Jika Anda ingin mengabadikan momen di danau, tak ada salahnya. Dengan latar belakang danau yang indah, fotomu pasti akan terlihat keren, yang dalam bahasa modern Instagrammable. Spot foto alam akan memberikan keceriaan untuk berfoto selfie seru bersama keluarga tercinta.

Akses lokasi ke Situ Sukarame

Akses menuju objek wisata Situ Sukarame dapat dilakukan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini hanya perlu menempuh jarak 1 kilometer dari jalan utama untuk sampai ke Situ Sukarame.

Biaya masuk Situ Sukarame

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Situ Sukarame

Tips berlibur di Situ Sukarame

Bagi Anda yang ingin berwisata ke danau cantik ini, tidak ada salahnya mengikuti tips di bawah ini.

  • Anda bisa membawa kamera untuk mengabadikan momen di tempat yang indah dan asri
  • Disarankan juga untuk membawa perbekalan kesehatan seperti sampo, antiseptik, tisu, dan lain-lain
  • Persiapkan badan dan kendaraan Anda untuk memastikan liburan berjalan lancar
  • Kenakan pakaian hangat dan tebal karena danau ini berada di kaki gunung sehingga suhunya selalu dingin

objek wisata Situ Sukarame Sejuk dan indah merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia. Tak ada salahnya merencanakan liburan akhir pekan bersama keluarga dan mengunjungi danau cantik ini. Jangan lupa tips diatas akan sangat bermanfaat bagi anda yang mengikuti wisata ini agar merasa nyaman. Liburan yang menyenangkan.

Galeri Foto Situ Sukarame

Potret Danau Situ Sukarame di Sukabumi

Potret pengunjung Danau Situ Sukarame
Perburuan Foto
Fasilitas untuk relaksasi
Keindahan Danau Situ Sukarame

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button