Berita Wisata

Sudah siap mengunjungi pesisir Pulau Bintan? Inilah 6 kegiatan seru di Desa Wisata Pengudang

SuaraGovernment.ID – Pulau Bintan merupakan saudara kembar Kota Batam dalam hal destinasi wisata favorit untuk dikunjungi di Kepulauan Riau. Terlepas dari keindahan pulau itu, ada harta karun tersembunyi di pantai utara pulau ini. Ya, hidden gem-nya adalah Desa Wisata Pengudang yang terletak di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Apa yang istimewa dari Desa Wisata Pengudang?

tempat wisata di tangerangDesa menawan ini terletak di lokasi yang strategis yaitu pesisir utara Pulau Bintan, memiliki pantai bernama Pantai Pengudang dan hutan bakau yang sangat luas. Dahulu desa ini termasuk dalam wilayah Kesultanan Riau-Lingga, sehingga banyak pulau yang ditemukan oleh para arkeolog di pesisir pantai Pengudang. Ingin tahu lebih banyak tentang Desa Pengudang dan aktivitas seru yang menanti Anda di sini? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

1. Kagumi kreativitas artistik di Kastil Madun

– Iklan –

tempat wisata di tangerangInilah salah satu tempat keren yang hanya bisa ditemukan di Desa Pengudang, Puri Madun atau Istana Jendela Dunia. Disebut Keraton Madun karena bangunan dengan pelataran unik ini berisi karya seniman asal Sulawesi Tenggara yang merantau ke desa ini, yakni Madun. Ia mengolah dan mendaur ulang sampah yang berserakan di sekitar Pantai Pengudang – terutama kayu – menjadi karya seni estetik. Yuk, datang ke sini dan nikmati banyak spot foto yang instagenic!

2. Segarkan kembali semangat Anda di Pantai Pengudang

tempat wisata di tangerangBerjalan beberapa meter dari perkampungan, Sobat Pesona akan menemukan sebuah pantai dengan pesona yang tidak biasa, yaitu Pantai Pengudang. Hamparan rerumputan seperti savana, bongkahan batu karang yang berserakan di bibir pantai yang indah serta pohon kelapa yang tinggi menambah keindahan pantai ini. Sobat Pesona bisa berjalan di atas bebatuan tersebut saat air laut surut dan menjelajahi area sekitar pantai. Selain menjelajahi kawasan pantai yang indah, Sobat Pesona juga bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Pengundang, termasuk snorkeling dan diving yang dipandu oleh tim pemandu wisata lokal. Wah, kedengarannya seperti liburan yang mewah ya?

3. Jelajahi hutan bakau yang sejuk

– Iklan –

tempat wisata di tangerangSelain keindahan pantai dan bawah lautnya, di desa Pengudang ini Anda juga bisa menikmati kesejukan hutan bakau. Lokasinya yang sangat dekat dengan pantai memudahkan navigasi dengan perahu yang dipimpin oleh pemandu lokal. Berbagai jenis pohon bakau langka tumbuh subur di sini, misalnya pohon bakau yang diikat dengan banyak cangkang hitam. Pokoknya wisata mangrove atau hutan bakau ini tidak boleh kamu lewatkan ya.

4. Menikmati wisata kunang-kunang di malam hari

Jika Sobat Pesona terlambat datang ke desa ini, tidak perlu khawatir kehabisan ide aktivitas yang bisa dinikmati. Soalnya, menjelajah hutan mangrove desa Pengudang di malam hari juga bisa jadi pengalaman romantis lho! Ya, pada malam hari hutan bakau akan berubah menjadi taman kunang-kunang. Dengan demikian, Sobat Pesona bisa merasakan suasana yang istimewa, yaitu berjalan kaki menyusuri hutan mangrove ditemani indahnya cahaya kunang-kunang. Sangat lucu dan romantis, bukan?

5. Beberapa wisata lain yang patut dicoba

tempat wisata di tangerangSelain yang telah disebutkan di atas, masih banyak wisata lain di desa Pengudang yang bisa menemani aktivitas Anda selama berada di desa ini. Misalnya, jika Anda ingin menangkap ikan, Anda bisa mencoba wisata kelong, yaitu menangkap ikan di rumah kelong yang terapung di laut bersama nelayan. Jangan lupa juga mencoba wisata bekarang, atau pengalaman mencari kerang dan remis di laut, serta memasak hasil tangkapan di gubuk bakau. Hal lain yang tak kalah seru, ada aktivitas off-road atau berkendara Jeep dengan jalur yang sulit! Sobat Pesona, lebih suka yang mana?

6. Jangan lupa beli oleh-oleh!

tempat wisata di tangerangSebelum meninggalkan desa yang menakjubkan ini, Anda harus membeli beberapa oleh-oleh. Di desa ini terdapat berbagai produk UMKM berkualitas buatan warga setempat. Ada berbagai jenis jajanan yang bikin lidah tergelitik seperti kerupuk atom, ubi putu, otak-otak, telur dadar pulut, mash, brongko, gulai kerang, dan tumis gorab. Sementara itu, salah satu produk yang bisa Anda gunakan sebagai pilihan produk ramah lingkungan yang juga membantu mengurangi sampah plastik adalah sedotan bambu. Unik, bukan?

Selain mengunjungi desa wisata istimewa ini, Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata indah di Bintan. Untuk akomodasi, Anda bisa berkonsultasi dengan hotel-hotel yang ada di sekitarnya! Nah untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang desa Pengudang bisa menghubungi sahabat Pesona Pak Ivan dari Pokdarwis di nomor 081372636070, website resminya di desa-pengudang.com, dan akun instagramnya di @desawisatapengudang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button