Berita Wisata

Suka liburan danau alam? Kabupaten Probolinggo pilihan

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memiliki banyak wisata alam seperti danau atau Ranu. Padahal, sebuah kecamatan memiliki banyak danau. Apa saja danau di Kabupaten Probolinggo?

Bicara soal wisata danau, Kabupaten Probolinggo adalah tempatnya. Dari danau di lereng gunung, atau dari danau Kabupaten Probolinggo yang berada di tengah hutan pegunungan.

Danau apa saja di Kabupaten Probolinggo yang wajib kamu kunjungi?

Pertama, RanuBetok. Ranu Betok terletak di Dusun Betok, Desa Segaran, Kecamatan Tiris. Ranu atau danau Kabupaten Probolinggo terletak di dasar danau-danau lainnya di Kecamatan Tiris.

Ranu Betok memiliki ciri khas tersendiri yaitu tumbuhan eceng gondok atau dalam bahasa Madura disebut betok. Makanya, danau Kabupaten Probolinggo disebut Ranu Betok.

Wisata-Danau-Alam-2.jpgRanu Segara memiliki pendopo berwarna menarik dan merupakan salah satu danau di Kabupaten Probolinggo. (Foto: Instagram @Syaikhab)

Meski berada di bagian paling bawah, namun panorama yang disajikan danau ini tetap mengagumkan. Pada hari yang cerah, ketinggian Gunung Lemongan menjadi latar pemandangan danau di Kabupaten Probolinggo ini.

Dahulu, tumbuhan eceng gondok menutupi hampir 90% permukaan Ranu Betok. Hampir tidak terlihat permukaan air danau yang jernih.

Namun seiring dengan kemajuan perkembangan kawasan wisata, danau Kabupaten Probolinggo ini mulai dipoles. Langkah pertama adalah membersihkan eceng gondok.

Pemerintah daerah kemudian membangun fasilitas dasar di Ranu Betok. Kini danau Kabupaten Probolinggo ini menjadi salah satu wisata alam yang banyak dikunjungi pengunjung.

Kedua, Ranu Segar. Ranu Segaran masih satu desa dengan Ranu Betok. Namun letak danau di Kabupaten Probolinggo ini lebih tinggi dari posisi Ranu Betok.

Meski letaknya lebih tinggi, fasilitas yang dibangun pemerintah di Ranu Segaran lebih lengkap. Ada food court, penginapan, bebek dayung, dan perahu motor untuk berlayar mengelilingi danau di Kabupaten Probolinggo.

Ada juga mushola, toilet, rakit dan tempat parkir yang luas. Area parkir terbagi dua. Untuk kendaraan roda empat, letaknya persis di tepi danau. Sedangkan parkir roda dua terletak di lapangan dekat pintu masuk danau Kabupaten Probolinggo.

Jadi jika anda berlibur bersama keluarga, teman atau sahabat di danau yang ada di Kabupaten Probolinggo ini sangat cocok dan recomended.

Untuk makan bersama, Anda tinggal melakukan pemesanan pada pengelola yang juga menyediakan menu catering. Begitu pula jika berlama-lama di Ranu Segaran tanpa meninggalkan waktu sholat, pihak pengelola menyediakan mushola.

Ketiga, Ranu Agung. Danau Ranu atau Kabupaten Probolinggo ini letaknya lebih tinggi dari Ranu Segaran. Tepatnya berada di desa Ranu Agung, kecamatan Tiris.

Nah, Danau Kabupaten Probolinggo lah yang sesuai dengan namanya. Memang, Ranu Agung merupakan danau terbesar di Kabupaten Probolinggo. Dalam bahasa Jawa, agung berarti besar.

Ranu Agung memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki danau-danau di Kabupaten Probolinggo. Yakni, terdapat tebing yang menjulang bersih dan vertikal di salah satu sisi danau.

Keberadaan tebing tersebut tidak hanya memperkuat tanah di bagian atas batas danau. Tebing berwarna abu-abu kecoklatan semakin mempercantik Ranu Agung.

Dalam kondisi tertentu, warna tebing yang lebih rendah menjadi kekuningan. Warna kuning tersebut disebabkan oleh aktivitas vulkanik Danau Ranu Agung yang merupakan bagian dari keberadaan Gunung Lemongan.

Seperti yang kita ketahui, Gunung Lemongan merupakan salah satu gunung api aktif di Kabupaten Lumajang yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo. Nah, Ranu Agung sendiri berada di lereng utara Gunung Lemongan.

Fasilitas Ranu Agung juga lengkap. Kios-kios pedagang kuliner banyak berdiri. Toiletnya lengkap. Begitu juga dengan tangga yang dibangun oleh pemerintah setempat.

Keempat, Ranu Merah. Danau Kabupaten Probolinggo ini diketahui masih merupakan bagian dari danau vulkanik di lereng utara Gunung Lemongan.

Jika terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Lemongan, air Ranu Merah yang semula bening menjadi kemerahan. Makanya, danau Kabupaten Probolinggo ini disebut Ranu Merah.

Hanya saja, fasilitas Ranu Merah tidak selengkap Ranu Segaran dan Ranu Agung.

Ranu Merah merupakan salah satu danau di Kabupaten Probolinggo yang terletak di dusun/desa Andungsari, kecamatan Tiris.

Kelima, Ranu Palaran. Ranu ini juga terdapat di desa Andungsari di kecamatan Tiris. Tepatnya di Dusun Paleran.

Kawasan Ranu Paleran merupakan yang terkecil dibandingkan empat danau lainnya di Kabupaten Probolinggo. Ranu Paleran kaya akan ikan nila dan banyak dimanfaatkan warga setempat untuk memancing.

Deretan danau vulkanik

Perlu diketahui bahwa kelima danau tersebut merupakan danau vulkanik dari keberadaan Gunung Lemongan. Gunung Lemongan sendiri berada di Kabupaten Lumajang.

Sedangkan danau di kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, berada di lereng utara Gunung Lemongan. Gunung Lemongan disebut-sebut sebagai salah satu gunung api aktif di Jawa Timur. Bahkan mungkin lebih aktif dari Gunung Semeru.

Hanya saja, banyaknya danau di sekitar Gunung Lemongan membuat aktivitas gunung berkurang akibat aliran danau tersebut.

Ada lima danau di lereng utara Gunung Lemongan saja. Belum lagi keberadaan danau lain di lereng selatan Gunung Lemongan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Lumajang. Seperti Ranu Pakis, Ranu Bedali dan Ranu Klakah.

Bagaimana, sudah siap memanfaatkan liburan akhir tahun di Kabupaten Probolinggo ini?

Jangan berpikir terlalu lama, oke? Yuk, persiapkan liburan akhir tahun di Kabupaten Probolinggo dengan mengunjungi danau di Kabupaten Probolinggo.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button