Tempat Wisata

Taman Buah Mekarsari : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Dengan kesibukan sehari-hari yang begitu padat, Anda tentu perlu menyegarkan diri untuk mengembalikan semangat yang hilang. Jika anda sedang mencari wisata untuk berlibur khususnya di kawasan bogor, anda tidak perlu lagi khawatir karena ada objek wisata menarik di kawasan bogor jawa barat yaitu Taman Wisata Mekarsari. Tempat ini sudah tidak asing lagi dan sering kita dengar karena tempat ini sudah terkenal dan menjadi tujuan wisata populer baik dalam maupun luar negeri.

Wisata Mekarsari merupakan salah satu tempat wisata agrowisata yang cukup terkenal di kota Bogor, Jawa Barat. Suguhan wisata yang menarik, unik dan berbeda dengan tempat wisata lainnya menjadi salah satu alasan mengapa kawasan resor ini selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Terdapat sekitar 1.470 jenis tanaman buah-buahan dan sekitar 100.000 pohon seperti biofarmasi, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayuran, tanaman rempah-rempah dan masih banyak lagi jenis tanaman lainnya di lokasi wisata ini. Pengunjung juga dapat menikmati buah-buahan segar dan memetik buah langsung dari pohonnya. Bagi Anda yang ingin membeli bibit tanaman, di lokasi ini juga terdapat pusat taman yang menjual berbagai tanaman buah dan sayur. Selain itu, di Mekarsari juga terdapat pusat iptek seperti laboratorium persilangan varietas tanaman hingga menghasilkan varietas tanaman baru.

Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 1995 ini memiliki banyak koleksi buah-buahan mulai dari buah-buahan musiman hingga buah-buahan yang cukup langka dan unik. Tidak hanya tersedia tanaman dengan berbagai bentuk dan jenis, objek wisata ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang melengkapi kenyamanan liburan Anda dan keluarga. Terdapat panggung acara, balai pulau Mekarsari, teater pongo, tenda acara, rumah pohon, wahana air, taman acara dan masih banyak fasilitas lainnya. Berbagai kegiatan juga dapat dilakukan di lokasi ini, seperti: Seperti kegiatan outbond, bercocok tanam padi, berkebun, kumpul keluarga, berolahraga atau belajar tentang tanaman dan buah-buahan dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda dan keluarga lakukan. Tempat ini juga sangat cocok bagi anak-anak untuk belajar mengenal berbagai jenis tumbuhan dan belajar mengenal berbagai jenis buah-buahan.

Sejarah Taman Wisata Mekarsari

Taman wisata Mekarsari ini pertama kali diresmikan oleh mendiang Ibu Tien Suharto. Awalnya dibangun pada tahun 1990 dan diresmikan pada tahun 1995. Awalnya tempat wisata ini dinamakan Taman Buah Mekarsari karena semakin beragamnya tanaman seperti buah-buahan dan sayur-sayuran serta berbagai tanaman hias lainnya. Oleh karena itu, pada tahun 2004 Taman Buah Mekarsari berubah nama menjadi Taman Wisata Mekarsari. Luasnya sekitar 264 hektar dan memiliki banyak wahana menarik yang mampu menambah keseruan wisatawan yang datang berkunjung.

Lokasi Taman Wisata Mekarsari

Lokasi Taman Wisata Mekarsari berada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Cileungsi Bogor, Jawa Barat. Lokasinya cukup mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda ingin mencapai tempat ini dengan kendaraan umum, rutenya adalah:

  • Dari desa Rambutan, Anda dapat naik angkutan umum menuju Kowanbisata jurusan Bogor-Jonggol dan turun di depan gedung Taman Wisata Mekarsari
  • Dari kota bekasi, Anda bisa menggunakan bus jurusan Bekasi-Jonggol Kowansiata dan turun tepat di depan gedung Taman Wisata Mekarsari.

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti tol Jagorawi yang berangkat dari pintu tol Cibubur kemudian dilanjutkan ke jalur Cileungsi. Dari alun-alun tol, Anda dapat mencapai Taman Wisata Mekarsari dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Fasilitas di Taman Wisata Mekarsari

Berbagai fasilitas tersedia di lokasi ini untuk menambah kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang disediakan antara lain:

  • Hotel dan akomodasi
  • restoran
  • Tempat parkir yang luas untuk kendaraan
  • tempat peristirahatan umum
  • Berbagai toko suvenir

Baca juga: Nikmati nuansa Jepang di taman bunga sakura Kebun Raya Cibodas

Harga tiket dan waktu operasional

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, ada baiknya anda mengetahui harga tiket masuk objek wisata di Mekarsari ini. Berikut ini adalah tarif masuk kawasan wisata Mekarsari.

Biaya Masuk Taman Buah Mekarsari

  • Biaya masuk untuk dewasa: 75.000
  • Biaya masuk untuk anak usia 2 hingga 9 tahun: 60.000

Harga tiket parkir kendaraan

  • Kendaraan roda dua : Rp 10.000
  • Kendaraan roda empat: Rp 20.000
  • Bus: Rp 40.000

Taman Wisata Mekarsari buka pada hari dan jam sebagai berikut:

  • Sabtu-Minggu dan hari libur lainnya: pukul 09.00 hingga 16.00 WIB

Tips Berwisata di Taman Wisata Mekarsari

  • Siapkan stamina anda untuk menjelajahi kawasan wisata Taman Mekarsari
  • Gunakan topi, payung, atau penutup kepala lainnya untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari
  • Kenakan sepatu yang nyaman karena tempat ini membutuhkan banyak berjalan kaki.

Galeri Foto Taman Buah Mekarsari

Selamat datang di Taman Buah Mekarsari
Taman buah Mekarsari di Bogor
Potret patung dinosaurus
Air terjun buatan
Potret patung penyu
buah di Taman
Tempat bermain anak-anak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button