Tempat Wisata

Taman Narmada: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Taman Narmada merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata di Lombok. Pulau Lombok terkenal dengan tempat wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam yang menawarkan pesona keindahan hingga wisata sarat sejarah, bahkan bercampur misteri atau mitos menurut penduduk setempat. Berbicara tentang wisata sejarah di Lombok, ada sebuah taman wisata bernama Taman Narmada. Situs ini berjarak 10 kilometer dari Mataram dan menunjukkan kepada kita beberapa sejarah Lombok.

Taman Nermada

Namanya berasal dari Narmadanadi, nama anak sungai Gangga di India. Sungai ini dianggap sangat sakral dan merupakan salah satu unsur suci bagi umat Hindu. Penduduk setempat percaya bahwa elemen suci ini adalah sumber kehidupan semua makhluk hidup di bumi. Mata air yang memancar dari dalam tanah kemudian diasosiasikan dengan Tirta Amerta atau “air keabadian”. Konon Narmada adalah nama yang diberikan untuk mata air yang muncul di daerah tersebut dan membentuk sungai dan telaga. Namun seiring berjalannya waktu, Narmadanadi berganti nama menjadi Taman Narmada.

Atraksi Taman Narmada:

1. Memiliki sejarah panjang

Tempat dimana Taman Narmada sekarang berdiri memiliki sejarah yang cukup panjang, termasuk sejarah kerajaan yang pernah berdiri disana. Situs tersebut terletak di Lombok Barat, tepatnya Jalan Narmade yang dulu bernama Anak Agung Ngurah Ngurah Karangasem. Ia membangun replika Gunung Rinjani dengan alasan tidak bisa lagi mendaki Gunung Rinjani untuk berdoa. Pada tahun 1727, tempat ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan raja dalam perjalanan menuju upacara keagamaan umat Hindu. Ada juga tempat ibadah.

2. Replika Gunung Rinjani

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Taman Narmada. Ada Gunung Rinjani versi kecil dan memiliki daya tarik tersendiri. Saat pertama kali masuk, Anda bisa langsung menuju ke Bale Terang. Ada rumah panggung dengan tiga bagian atas dan gudang di bawah. Dua kamar di ujung utara dan selatan adalah apartemen kerajaan. Ketika permaisuri Bali memiliki lukisan monyet sedangkan permaisuri Lombok memiliki lukisan naga. Selain tempat memandikan kedua selir, juga terdapat ruang terbuka yang menghadap ke timur ke arah pura dan meru.

Tidak hanya bangunan yang berkaitan dengan keluarga kerajaan dan replika Gunung Rinjani, tetapi juga Telaga Ageng, replika Danau Segara Anakan. Di dekat danau terdapat kolam renang umum yang dulunya merupakan tempat pemandian raja.

3. Pura Narmada, pura tertua di Lombok

Lombok memiliki delapan pura, salah satunya adalah Pura Narmada, yang tertua di antara yang lainnya. Letaknya di kawasan ini dan berhadapan langsung dengan Bale Terang. Bentuknya menyerupai punden berundak. Selain itu, ada juga Bale Agung yang konon pernah melayani raja sebagai tempat penting diadakannya pertemuan para raja. Ada juga Bale Loji tempat penyimpanan senjata untuk tentara. Tak heran jika Taman Narmada menjadi destinasi wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan karena di sini Anda akan belajar banyak tentang kehidupan raja-raja kuno.

4. Aula Flash

Daerah ini memiliki banyak pengunjung. Balai Petirtaan merupakan sebuah kawasan dengan mata air yang bersumber langsung dari Gunung Rinjani itu sendiri. Tempat ini juga merupakan tempat bertemunya tiga mata air yaitu Suranadi, Lingsat dan Narmada. Masyarakat setempat percaya bahwa mata air ini dapat melindungi kulit dan menyejukkan kulit yang berkeringat dan panas. Anda dipersilakan masuk ke Balai, namun disarankan memakai selendang berwarna kuning. Jika Anda atau salah satu Grombolang Anda sedang haid, Anda dilarang memasuki kawasan Balai karena dianggap keramat.

5. Nikmati liburan ala Lombok

Liburan ke sana tentunya sambil belajar sejarah Lombok. Ada pemandangan yang menarik dan Anda bisa makan sate bulayak, makanan khas Lombok. Namun dulu di kawasan ini terdapat beberapa taman yaitu Kelasa, Paresak, Anyar dan Bidadari. Namun, sebagian telah diubah menjadi kawasan pemukiman, kebun buah-buahan, dan Taman Narmada itu sendiri.

Fasilitas Taman Narmada:

Mereka tidak memiliki brosur dengan deskripsi lengkap tentang taman ini, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Namun, ada fasilitas peta besar yang bisa Anda lihat. Lokasi dijelaskan secara singkat pada rencana. Fasilitas berupa kolam renang, taman, mata air serta tempat duduk dan istirahat. Jika Anda datang dengan rombongan, jangan khawatir, Anda bisa menemukan penginapan atau hotel yang tidak jauh dari Taman Narmada. Hotel terdekat antara lain Lombok Astoria Hotel, Aston Inn Mataram, Lombok Raya Hotel dan Hotel Santika.

Biaya masuk ke Taman Narmada

  • Biaya masuk untuk tiket domestik: Rp 5.000/orang
  • Biaya masuk untuk orang asing: 15.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Taman Narmada:

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00

Lokasi dan Rute Taman Narmada:

Lokasinya di Jalan Raya Narmada, Lembuak, Cab Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Dengan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung menuju tujuan, baik itu dari Lombok maupun Mataram. Jaraknya juga tidak terlalu jauh. Namun, jika menggunakan kendaraan umum seperti angkutan umum, Anda bisa langsung mengincar lokasi Taman Narmada dari Terminal Mandalika, dan ojek bisa mengantarkan Anda ke sana.

Selain sejarah Lombok, Anda juga bisa membeli oleh-oleh di sana sebagai kenang-kenangan untuk keluarga Anda di kampung halaman. Kapan lagi bisa liburan wisata musim semi dan merasa seperti bangsawan liburan?

Peta Taman Narmada

Tips mengunjungi Taman Narmada

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Taman Narmada semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Narmada adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Taman Narmada bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Taman Narmada.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Taman Narmada.

Galeri Foto Taman Narmada

Taman NaradaTaman Narmada Sumber : instagram.com/ilesmana_/Taman NaradaSumber Taman Narmada: instagram.com/_gakadaig/
Spot foto di tamanSungai NarmadBebatuan di Sungai NarmadaSungai berkabut di pagi hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button