Tempat Wisata

Taman Remaja Muara Tembesi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pemerintah Provinsi Jambi nampaknya sedang gencar mengembangkan beberapa tempat wisata untuk mendongkrak pariwisata di daerah tersebut. Berbagai ruang hijau, taman, dan tempat wisata didesain ulang dan dipercantik untuk menarik minat masyarakat dalam dan luar negeri untuk berkunjung. Taman yang baru selesai dibangun adalah Taman Remaja Muara Tembesi.

Taman Remaja Muara Tembesi merupakan tempat wisata baru yang mengajak Anda bersantai dan nongkrong di sore hari. Meski disebut taman remaja, tempat wisata ini juga sering dikunjungi keluarga dan menjadi tempat bermain yang nyaman bagi anak-anak. Tak jarang para pengendara melewati taman ini untuk bersantai menikmati keindahan taman.

Taman Remaja Muara Tembesi

Secara geografis Taman Remaja Muara Tembesi terletak di Desa Kampung Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Untuk menuju taman tersebut, wisatawan harus menempuh jarak setidaknya 22 kilometer dari Muara Bulian. Perjalanan ini setidaknya memakan waktu sekitar 35 menit.

Karena letaknya yang sangat strategis dan berada di pertigaan Batanghari-Tebo-Sarolangun, taman ini mudah ditemukan oleh wisatawan. Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua. Selain itu, terdapat berbagai pilihan angkutan umum seperti bus atau taksi yang mengantarkan wisatawan menuju Taman Remaja Muara Tembesi.

Pesona Taman Remaja Muara Tembesi

Faktanya, Taman Remaja Muara Tembesi belum diresmikan oleh Pemprov Jambi. Namun hal tersebut tidak menyurutkan minat masyarakat setempat untuk mengunjungi taman tersebut dan menikmati keindahannya. Tempat ini merupakan ruang hijau seluas sekitar 3,5 hektar yang biaya pembangunannya sekitar Rp 100.000. 4,8 miliar.

Sebelum dialihfungsikan menjadi ruang hijau, taman ini berfungsi sebagai terminal dan sudah lama terbengkalai. Setelah lama tidak digunakan, terminal tersebut akhirnya dialihfungsikan menjadi Taman Remaja Muara Tembesi dan juga ruang hijau Kabupaten Batanghari. Ide ini datang dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi dengan menggunakan anggaran APBN tahun 2016.

Taman Remaja Muara Tembesi

Kawasan taman ini tidak hanya berfungsi sebagai taman bermain keluarga dan ruang hijau, namun juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung pariwisata dan pusat kuliner di Muara Tembesi. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat setempat. Diharapkan kedepannya tempat wisata ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Di Taman Remaja Muara Tembesi, wisatawan akan menjumpai sebuah monumen atau tugu peringatan yang terletak di tengah taman. Tata letak taman ini juga bisa dikatakan cukup baik, rapi dan rapi. Sehingga wisatawan akan merasa nyaman saat bersantai dan ngobrol bersama teman dan keluarga di sore hari.

Pengunjung bisa menjumpai berbagai jenis tanaman, meski masih dalam tahap penanaman, Anda sudah bisa merasakan indahnya suasana dengan hijaunya tanaman. Rencananya, taman ini juga akan ditanami berbagai jenis bunga dan pepohonan untuk semakin menambah keindahan Taman Remaja Muara Tembesi.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengunjungi kami untuk melihat hasil pembangunan Taman Remaja Muara Tembesi dan mengaku puas dan bahagia. Meski belum rampung 100%, namun ada harapan taman ini bisa menjadi ikon Muara Tembesi. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai lampu hias yang terlihat semakin indah saat malam tiba.

Sayangnya menurut berbagai sumber, taman ini kerap dimanfaatkan para remaja untuk melakukan perbuatan asusila. Banyak warga yang mengatakan perkelahian dan pemuda mabuk-mabukan merupakan hal biasa yang cukup meresahkan warga. Diharapkan pemerintah setempat memperhatikan aktivitas di taman ini untuk memberikan kenyamanan kepada warga sekitar.

Fasilitas Taman Remaja Muara Tembesi

Fasilitas di Taman Remaja Muara Tembesi cukup lengkap. Wisatawan akan menemukan fasilitas umum di dalam taman seperti bangku taman, tempat parkir yang luas untuk beberapa mobil dan juga tempat sampah. Namun sayangnya masih belum ada toilet umum di taman ini.

Jika wisatawan ingin beribadah, terdapat beberapa musala dan masjid di sekitar taman. Selain itu, terdapat juga banyak paviliun di taman tempat wisatawan dapat bersantai dan menikmati taman. Pengunjung juga tidak akan kesulitan mencari penjual makanan dan minuman. Anda akan menemukan banyak penjual berbagai makanan dan minuman di sekitar taman.

Baca juga:

Namun sayangnya, keberadaan para pedagang tersebut belum terkendali sehingga sedikit mempengaruhi keindahan taman. Pengunjung juga bisa menemukan berbagai masakan khas Jambi yang dijual di sekitar taman ini. Usai mengunjungi taman, tidak ada salahnya memanjakan lidah Anda dengan berwisata kuliner.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tersedia berbagai pilihan akomodasi dan hotel di seluruh Kabupaten Batanghari. Mengunjungi Taman Remaja Muara Tembesi merupakan salah satu cara menarik untuk bersantai di sore hari. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di taman ini.

Menikmati keindahan taman

Taman Remaja Muara Tembesi bisa menjadi alternatif wisata menarik saat Anda berada di Muara Tembesi. Di sini Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan taman dengan tanaman hijaunya. Tamannya sangat indah, jernih dan nyaman. Anda bisa memanfaatkan gazebo di taman untuk bersantai setelah bekerja seharian.

Anda juga bisa mengajak keluarga untuk bersantai di taman. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi taman ini. Saat matahari tidak lagi bersinar terang dan lalu lintas mobil berkurang. Taman yang luas juga cocok untuk anak-anak bermain dan ngobrol bersama orang tuanya.

Perburuan Foto

Keindahan taman ini tak lepas dari minat para remaja yang gemar berfoto selfie dan mengabadikan momen bersama teman atau keluarga. Di sini Anda bisa menemukan berbagai objek menarik sebagai latar berfoto, seperti tugu yang berada di tengah taman atau tulisan warna-warni Taman Remaja Muara Tembesi.

Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, taman ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat mencari pekerjaan fotografi. Aneka tanaman hijau dan wisatawan yang lalu lalang akan sayang jika tidak diabadikan dengan kamera. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif menarik jika ingin mengambil foto prewedding.

Jam buka Taman Remaja Muara Tembesi dan tarif masuknya

Karena Taman Remaja Muara Tembesi merupakan ruang hijau, maka wisatawan tidak dipungut biaya masuk karena tiket masuknya gratis. Sedangkan untuk jam bukanya, Anda bisa mampir kapan saja karena buka 24 jam.

Baca juga:

Peta Taman Remaja Muara Tembesi

Tips menuju Taman Remaja Muara Tembesi

  • Datanglah pada sore hari saat cuaca sudah tidak panas lagi.
  • Dilarang menambahkan coretan pada monumen dan bangunan di dalam taman.
  • Karena taman ini terletak tepat di jalan utama, maka cukup berdebu, jadi sebaiknya kenakan masker.
  • Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan mengotori taman.
  • Menjaga kelestarian dan keindahan taman serta tidak merusak fasilitas taman.

Galeri foto Taman Remaja Muara Tembesi

Taman Remaja Muara Tembesi
Berburu foto di taman
Spot foto di bawah tugu
Taman remaja
Fasilitas sampah
Taman Remaja Muara Tembesi pada malam hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button