Tempat Wisata

Taman Ujung Karangasem: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

SSalah satu tempat yang paling terkenal di Bali Barat yaitu Karangasem. Nah, wisata Karangasem ini memiliki konten yang sangat beragam. Mulai objek wisata pantai, Taman Ujung Karangasem, Bukit Putung Karangasem dan masih banyak objek wisata lainnya. Namun ulasan kami tentang daya tarik Taman Ujung di Karangasem. Taman Ujung Karangasem Bali juga memiliki nama lain Taman Sukasada Karangasem Bali.

Lokasi Taman Air Soekasada Ujung berada di Banjar Uug, Desa Tumbu. Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Sedangkan jarak untuk mencapai tempat ini sekitar 80 km (sekitar 2 jam 6 menit). Kehadiran taman ini di tengah masyarakat Bali yang membutuhkan tempat baru, semakin ramai pengunjung, dan semakin banyak liburan akhir pekan saat itu. Taman ini merupakan objek baru yang termasuk tujuan wisata Karangasem terpopuler.

Atraksi Taman Ujung Karangasem

Taman Sukasada disebut juga Tempat Perairan Taman Ujung. Artinya taman itu milik kerajaan Bali kuno. Pendirinya adalah salah seorang raja Karangasem pada masa pemerintahan I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Agung Anglurah Ketut Karangasem.

Awalnya, taman ini adalah sebuah kolam yang berfungsi sebagai tempat pembuangan orang-orang yang menggunakan ilmu hitam. Namun, pada tahun 1909 raja Karangasem memerintahkan dua arsitek Belandanya (van de hentz dan arsitek Cina Loto Ang) untuk mengembangkan tempat ini menjadi tempat peristirahatan raja dan keluarga kerajaan.

Selain itu, itu adalah tempat untuk bermeditasi dan menjamu tamu kerajaan. Selain itu, arsitek dari Bali khususnya dari Kerajaan Karangasem juga ikut serta dalam pembangunannya. Akhirnya, semua pekerjaan konstruksi dan renovasi selesai pada tahun 1921.

Setelah mempelajari sejarahnya, sekarang mari kita lihat apa saja daya tarik dari taman wisata Karangasem ini. Ada sejumlah atraksi di taman atas ini yang paling Instagrammable dan populer. Tempat ini juga menjadi spot foto untuk perayaan pernikahan karena menampilkan keindahan kolam renang yang tertata rapi dan arsitektur yang unik.

Ada tangga yang mengarah ke situs. Ada pilar di atasnya, tapi tidak ada atapnya, jadi Anda bisa melihat pemandangan indah di sekelilingnya.

Menengok ke arah tenggara kita melihat hamparan laut biru yang indah. Sebaliknya, jika Anda menghadap ke timur, Anda akan melihat arsitektur Taman Sukasada yang sangat artistik ini. Namun jika kita melihat ke arah timur, kita akan melihat sebuah bukit hijau bernama Bukit Bisbis.

Arsitektur taman di ujung lainnya merupakan tempat peristirahatan raja-raja Karangasem. Tempat ini merupakan perpaduan antara konsep arsitektur Eropa dan konsep arsitektur Bali. Kaca patri dianggap sebagai ciri arsitektur Eropa. Keunikan lain dari wisata ini bisa kita lihat di kamar kecil raja. Dari sini kita bisa melihat kolam bunga Tujung dan juga bunga teratai di balik jendela.

Ada dua jembatan yang mengarah ke sebuah rumah di atas kolam. Terletak tepat di tepi selatan dan utara. Jembatan ini cukup megah karena terbuat dari beton dan memiliki enam gapura sebagai simbol Kerajaan Karangasem berjarak 3 meter. Di ujung jembatan, untuk pintu masuk jembatan terdapat kubah dengan konsep Timur Tengah bercampur Eropa.

Titik tertinggi di ujung Taman Karangasem bisa dicapai melalui 108 anak tangga. Dari aula kapal Anda memiliki pemandangan taman dan pantai yang sangat jelas. Di zaman kuno, bangunan ini berfungsi sebagai tempat yang menguntungkan bagi raja untuk menjelajahi taman dan laut lepas.

Fasilitas di Taman Ujung Karangasem

Ada banyak fasilitas penunjang pariwisata di Taman Ujung Karangasem yang bisa kita gunakan berlibur disana. Beberapa fasilitas yang memenuhi syarat adalah:

  1. Parkir kendaraan yang luas
  2. Sebuah restoran tersedia untuk pengunjung
  3. Ada kamar mandi atau toilet
  4. Kalau mau menginap ada rest area
  5. Masih banyak fasilitas lainnya.

Jam buka dan harga tiket

Bagi pengunjung yang membawa kamera DSLR untuk berfoto harus membayar harga tiket sebesar Rp 50.000. Jam buka Taman Ujung Karangasem adalah setiap hari Senin – Sabtu, mulai pukul 08:00 – 17:00. Sebuah tiket masuk akan dikenakan untuk setiap pengunjung yang ingin memasuki kawasan Taman Ujung Karangasem sebagai berikut:

  1. Tiket masuk tiket domestik dewasa: Rp 25.000/orang
  2. Biaya masuk untuk anak domestik: Rp 15.000/orang
  3. Biaya masuk untuk dewasa asing: Rp 75.000/orang
  4. Biaya masuk untuk anak asing: Rp 50.000/orang
  5. Foto Pre-Wedding Domestik: Rp 1.000.000/seluruh staf
  6. Foto pre-wedding untuk WNA: Rp 2.000.000/seluruh kru
  7. Bawa kamera DSLR : Rp 50.000
  8. Parkir: Rp5.000
  9. Parkir Motor: Rp 2.000

()Diperbarui April 2023)

Rute menuju Taman Ujung Karangasem

Untuk menuju lokasi di Taman Ujung Karangasem, untuk sementara Anda hanya bisa mengaksesnya dengan kendaraan pribadi. Namun, jika Anda tidak memiliki kendaraan sendiri, Anda bisa menyewa jasa rental mobil. Jangan khawatir, tarif yang harus Anda bayarkan cukup murah.

Taman Ujung terletak hanya 10 menit dari pusat kota Amlapura, Karangsem. Dari Denpasar, perjalanan memakan waktu 2 jam (80 km). Untuk jalur tercepat, Anda bisa melewati Mantra Ida Bagu hingga ujung desa Kusamba dan dilanjutkan ke Amlapura.

Jika ingin singgah atau berbelanja, ambil saja jalur Gianyar agar bisa melihat pertunjukan Barong di desa Batubulan di pagi hari. Setelah itu belanja di Celuk, Mas atau ke Sukawati.

Bagi anda yang saat ini sedang merencanakan liburan di kawasan Karangasem, Taman Ujung Karangasem bisa anda pilih sebagai destinasi utama anda. Tempat ini menawarkan ketenangan dan suasana yang berbeda serta mendekatkan anak-anak dengan lingkungan alam.

Peta lokasi Taman Ujung Karangasem

Tips mengunjungi Taman Ujung Karangasem

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Taman Ujung Karangasem lebih menyenangkan dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Ujung Karangasem adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Taman Ujung Karangasem bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Taman Ujung Karangasem.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Taman Ujung Karangasem.

Galeri foto Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung Karang AsemTaman Ujung Karang Asem Sumber: instagram.com/airasia_bhsindonesia/Tanaman perbatasan KarangasemTumbuhan Ujung Karangasem Sumber: instagram.com/oky_rianto/keindahan tamanTaman Ujung KarangasemPerabotTempat foto terbaikTaman warna-warni

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button