Tempat Wisata

Taman Wisata Mekarsari: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Taman Wisata Mekarsari: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Dikenal dengan hujannya, Kota Bogor mempunyai keindahan alam yang tak terbantahkan. Dalam suasana kota yang sejuk, kita bisa berjalan-jalan di sekitar taman dan menyegarkan pikiran. Salah satu destinasi wisata bertema perkebunan yang sangat populer di kawasan Bogor adalah Taman Wisata Mekarsari. Koleksinya meliputi tanaman buah-buahan, sayuran, bunga hias dan tanaman tropis lainnya.

Taman Wisata Mekarsari merupakan suaka margasatwa terbesar berbagai buah-buahan tropis di dunia. Buah-buahan ini berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Taman wisata ini memiliki luas 264 hektar dan terletak di Jalan Cileungsi Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Taman wisata ini tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga tempat edukasi dimana anak-anak dapat belajar tentang berbagai jenis buah-buahan dan tumbuhan.

Fasilitas Taman Wisata Mekarsari

Diantara atraksi yang bisa kita jumpai disini adalah atraksi taman dan budidaya, atraksi air dan atraksi sepeda. Dalam atraksi berkebun dan bercocok tanam kita bisa langsung mempraktekkan cara menanam tanaman yang baik dan benar. Pengunjung juga dapat mengambil paket Tur dunia buah-buahan yang meliputi tur kebun dengan kereta wisata.

Atraksi air yang populer di sini meliputi: perahu buah, perahu pisangKano, perahu naga dan keluar. Ini juga tersedia di sini Sungai Malas yaitu cekungan arus dengan panjang 600 meter merupakan cekungan terpanjang di Indonesia. Jangan lewatkan wahananya Slide bumerang dengan tinggi menara 16 meter dan panjang papan selancar 118 meter.

Tak kalah serunya adalah atraksi sepeda seperti sepeda tandem, sepeda tuk-tuk (sepeda khas Thailand) dan kendaraan off-road. Bagi yang ingin menikmati keseruannya keluarbisa mencoba rintangan, rubah terbang, kelompok mendayung rakit dan panjat tebing. Terdapat juga kesempatan untuk berolahraga sehat seperti hiking, senam, dan bersepeda.

Kegiatan favorit pengunjung antara lain piknik keluarga, wisata kebun buah/sayuran, memanggang, Jalan-jalan buah Atau berjalan-jalan di kebun, menunggang kuda, memandikan sapi, dan menanam padi. Jangan lupa sediakan area bermain dari mono rail. Pesawat terbangGo-kart mini dan kereta yang bagus.

Ada juga pertunjukan pongo setiap hari. Pertunjukan ini menampilkan komedi interaktif dengan menggunakan teknologi canggih. Pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan operet dengan badut buah yang menari gembira sebagai bagian dari karnaval.

Sejarah Singkat Berdirinya Taman Wisata Mekarsari

Penggagas Taman Wisata Mekarsari adalah Ibu Tien Soharto. Dibangun pada tahun 1990 dan resmi dibuka pada tahun 1995. Taman ini awalnya bernama Taman Buah Mekarsari. Seiring dengan masuknya varian tanaman budidaya, pada tahun 2004 berubah nama menjadi Taman Wisata Mekarasari.

Taman Wisata Mekarsari direnovasi pada tanggal 5 Agustus 2013 dan dibuka kembali pada tanggal 15 Februari 2014 dengan tambahan atraksi air keluar. Terdapat 1.470 jenis tanaman buah-buahan dan 100.000 pohon di taman wisata ini, antara lain tanaman rempah-rempah, tanaman biofarmasi, tanaman hias, tanaman pangan, tanaman sayuran, tanaman industri, dan tanaman pelindung.

Baca juga : Pantai Palabuhanratu, Keindahan Mistis Pantai Ombak Besar

Berburu foto di Taman Wisata Mekarsari

Karena taman wisata ini mempunyai banyak objek wisata yang menarik, kita terpaksa harus mencari foto di tempat ini. Salah satunya mengunjungi Danau Cipicung yang luasnya sekitar 20 hektar. Di danau ini kita bisa mengabadikan pemandangan di atas perahu latar belakang jembatan besi merah yang mengarah ke sana.

Akses lokasi ke Taman Wisata Mekarsari

Biaya Masuk Taman Wisata Mekarsari

  • Biaya masuk: Rp 35.000 hingga 80.000/orang

(Pembaruan September 2023)

Jam buka Taman Wisata Mekarsari

  • Buka setiap hari Sabtu dan Minggu dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore

Tips Berwisata di Taman Wisata Mekarsari

  • Siapkan stamina yang cukup untuk menjelajahi semua wahana.
  • Bawalah topi atau payung untuk melindungi diri dari terik matahari jika bepergian di siang hari.
  • Disarankan untuk tidak menggunakannya sepatu hak tinggi bagi wanita karena ada banyak hal yang bisa dijelajahi dengan berjalan kaki, meskipun ada juga wahana yang dapat diakses melalui jalur kereta api taman.

Itulah gambaran singkat mengenai tempat wisata Taman Wisata Mekarsari yang penuh dengan wahana menarik dan membuat kita betah berlama-lama disini. Taman wisata ini pasti akan menjadi tempat favorit kita saat berlibur bersama keluarga atau orang tercinta. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan liburan dan mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Galeri foto Taman Wisata Mekarsari

Selamat datang di Desa Wisata Mekarsari
Taman Buah Mekarsari
Danau Mekarsari dengan berbagai permainannya
Spot foto di bawah kincir angin
Potret sawah dan jembatan
Potret air terjun buatan di Mekarsari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button