Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas GRAVE BUNG KARNO Desember 2022

Biaya masuk Makam Bung Karno: Rp 3.000Jam buka: 07.00 – 17.00Tidak Telepon: (0342) 801145Alamat: J L Ir Soekarno No.152, Bendogerite, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66133

Mengunjungi tempat-tempat bernilai sejarah juga termasuk wisata sejarah. Selain itu, tempat tersebut merupakan tempat penting bagi orang terkenal tersebut. Sebagai Makam Bung Karno berlokasi di Blitar, tempat peristirahatan terakhir penerbit.

Suasana nasionalisme terasa begitu memasuki pelataran pemakaman. Tidak hanya pada hari libur, pada hari biasa pun tempat ini ramai dikunjungi. Kebanyakan orang ingin berziarah dan mengirimkan doa kepada Presiden Soekarno. Selama ziarah, wisatawan juga menyempatkan diri untuk mengeksplorasi sejarah di museum dan perpustakaannya.

Biaya masuk

Untuk memasuki kawasan makam, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3.000. Pengunjung juga harus membayar tiket kendaraan.

Biaya masuk
Tiket masuk Makam Bung Karno Rp3.000

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata TAMAN KEBON ROJO Blitar

Syarat mengunjungi Perpustakaan Bung Karno:

  • Download aplikasi PeduliLindendi.
  • Pengunjung bisa masuk dengan syarat sudah divaksin.
  • Pindai kode QR saat masuk dan keluar area perpustakaan.

jam operasi

Wisatawan bisa mengunjungi Makam Sang Pengkhotbah dari pagi hingga malam hari. Dan hampir selalu banyak peziarah yang datang, tempat ini tidak pernah sepi.

jam operasi
Senin minggu 07.00 – 17.00 WIB

Kunjungi tempat peristirahatan terakhir para penyiar

Peziarah di makam Bung KarnoPeziarah di makam Bung Karno. Foto: Gmap/OTNAY Kris

Baca: Sumber Tiket Masuk dan Wahana Udel Waterpark Blitar

Datang ke sini, wisatawan memasuki gerbang besar. Gapura ini menjadi penanda untuk memasuki kawasan makam sekaligus ibu dan ayah Bung Karno. Gapura yang menghadap ke selatan ini berbentuk seperti Gapura Candi Bentar, bangunan khas Bali. Selain itu gapura ini juga berbentuk gapura yang ada di Pura Wringin Agung Mojokerto.

Setelah melewati gapura, pengunjung akan melihat makam Bung Karno di pendopo. Sebelumnya, makam ini mendapat dinding kaca sebagai sekat antara ruangan dan peziarah. Kemudian, pada masa Presiden Abdurrahman Wahid, partisi kaca ini dibongkar habis-habisan. Pengunjung kini bisa lebih dekat ke makam dan juga menabur bunga.

Batu nisannya terbuat dari marmer hitam besar. Di permukaan batu tertulis: “Di sini Bung Karno dimakamkan”. “Proklamator kemerdekaan dan Presiden pertama Republik Indonesia, penyambung lidah rakyat,” lanjutnya. Di sebelah kanan batu ada bendera merah putih, di sebelah kiri ada bendera kuning.

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik di Blitar

Benamkan diri Anda dalam sejarah di Museum Makam Bung Karno

Patung di Museum Makam SoekarnoPatung di Museum Makam Soekarno. Foto: Gmap/Eko Retmawan

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Negeri Dongeng Blitar

Di museum ini pengunjung bisa belajar tentang sejarah, baik sejarah Bung Karno maupun sejarah Indonesia. Ada benda-benda bersejarah dari Bung Karno di sini. Ada banyak koleksi foto Bung Karno, mulai dari kegiatan hingga peristiwa terkenal. Bahkan ada juga foto saat Bun Karno jatuh sakit sebelum meninggal.

Ada juga koleksi uang kertas rupiah bergambar Bung Karno. Uang kertas 1000 rupiah tahun 1964 konon bisa menggelinding sendiri di tangan orang tertentu. Ada juga koper tua dari Bung Karno yang merupakan produksi dari Jerman. Dahulu ia sering menggunakan peti ini, sekarang digunakan untuk menyimpan replika keris kuno Kiai Sekar Djagad.

Yang paling unik adalah lukisan berukuran 1,5 x 1,75 meter dalam bingkai kayu berwarna keemasan. Lukisan itu adalah Herald yang tampak mengamati kemana para pengunjung bergerak. Di bagian dada lukisan Bung Karno ini terlihat unik seperti detak jantung manusia. Ini membuat lukisan ini menjadi hidup, yang membuatnya unik.

Tonton film dokumenter di Perpustakaan Makam Bung Karno

Makam Bung KarnoMakam Bung Karno. Foto: Gmap/Steven Jonathan

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas KAMPUNG COKLAT Blitar

Tak hanya museum, di kawasan Makam Bung Karno juga terdapat perpustakaan. Ada banyak buku sejarah dan pertempuran Bung Karno di sini. Dengan arsitektur minimalis modern, pengunjung betah membaca buku di sini.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan film dokumenter Bung Karno. Namun, video dokumenter ini hanya diputar pada waktu-waktu tertentu saja.

Peace Gong di Makam Bung Karno

Gong perdamaian di makam Bung KarnoGong perdamaian di sekitar kuburan. Foto: Gmap/GatraMail

Baca: Tiket & Wahana Kampung Afrika Blitar

Ada gong di belakang museum dan perpustakaan, tepat di halaman kompleks. Gong ini adalah gong perdamaian Gong Perdamaian Dunia. Dengan diameter 2,5 meter, gong ini berasal dari sumbangan Komite Perdamaian Dunia. Tujuannya untuk memperingati perdamaian dunia, tidak ada perang, konflik SARA dan lain-lain.

Ada sembilan simbol agama dan sebuah bendera di permukaan gong. Ada sekitar 202 bendera negara di dunia. Selain makam Bung Karno, ada juga gong perdamaian di Bali, Ambol, dan Palu.

Beli oleh-oleh di sejumlah toko oleh-oleh

Sebelum pulang, sempatkan untuk berbelanja oleh-oleh di area makam. Deretan toko souvenir ini menuju pintu keluar. Jadi, sambil berjalan menuju pintu keluar, Anda bisa membeli oleh-oleh.

Baca: Tiket Masuk Pantai Gondo Mayit Blitar dan Beragam Aktivitas Wisata

Berbagai jenis souvenir dijual. Mulai dari gantungan kunci, gelang, lukisan, foto, kaos hingga patung Bung Karno. Tak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Jika beruntung, pengunjung akan mendapatkan potongan harga dari penjual.

Lokasi Makam Bung Karno

Makam Bung Karno terletak di Jalan Ir. Soekarno No. 152 Bondogerit. Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Pengunjung dapat dengan mudah mencapai lokasi dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button