Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Tour KOTA TUA Jakarta Februari 2023

Tiket & Aktivitas Tour KOTA TUA Jakarta Februari 2023

Harga Tiket Masuk Kota Tua Jakarta: Gratis – Rp 5.000. Jam buka: 06.00 – 22.00. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11110.

Kota tua Jakarta merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di provinsi DKI Jakarta. Kawasan Kota Tua Jakarta memiliki luas 1,3 km2 di Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kawasan ini menyuguhkan suasana bangunan bersejarah yang dikelilingi beberapa museum menarik yang wajib dikunjungi.

Biaya masuk

Kawasan kota lama sendiri tidak mematok tiket masuk ke kawasan tersebut. Namun, pengunjung akan dikenakan tiket masuk yang murah jika ingin mengunjungi museum.

Biaya masuk
museum Tiket masuk umum Rp5.000
Tiket masuk untuk pelajar Rp3.000
Tiket untuk pelajar dan anak-anak Rp 2.000

Baca: Harga dan Keunikan Menu Tugu Kunstkring Paleis Jakarta

jam buka

Durasi jam buka
Senin minggu pk. 06.00 – 22.00

Kegiatan wisata di kota tua jakarta

Museum Fatahillah di Kota Tua Jakarta Barat Wisata DKI Jakarta melestarikan koleksi dan jejak rekam kota Jakarta - WisatakotatuaMuseum Fatahillah di Wisata Kota Tua melestarikan koleksi dan jejak rekam kota Jakarta – Foto: Instagram/wisatakotatua

Selama di sini, wisatawan bisa menikmati wisata sejarah bangunan bersejarah. Kota Tua memiliki banyak bangunan bersejarah dan museum di distriknya. Wisatawan dapat mengunjungi Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Museum Bank Mandiri.

Berbagai bangunan di kawasan itu pun menjadi incaran para pemburu spot foto instagrammable. Nuansa bangunan heritage juga bisa ditelusuri di kawasan Kali Besar. Kawasan ini menjadi rekomendasi wisata untuk liburan akhir pekan bersama teman dan keluarga.

Baca: Tiket Masuk Dufan Ancol dan 12 Wahana Keren

melacak sejarah

Kawasan wisata Kota Tua mencakup wilayah yang cukup luas. Sisi utara bahkan berbatasan dengan pasar ikan, pelabuhan Sunda Kelapa dan Laut Jawa.

Kota Tua Jakarta secara historis menjadi simbol kejayaan bagi yang menguasainya. Mulai dari Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda Pajajaran, Kesultanan Banten Jayakarta, VOC, hingga pemerintahan Jepang. Pada abad ke-16, kawasan ini disebut sebagai “Permata Asia” dan “Ratu Timur” oleh para pelaut Eropa.

Kawasan wisata ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Berbagai peninggalan masa lampau masih bisa dijumpai. Menjelajahi jalanan dan gedung-gedung mengarahkan wisatawan dari waktu ke waktu ke jejak sejarah.

Baca: Tiket Masuk Art1 Museum dan Art Collection

Bangunan tua bersejarah di kota tua

Arsitektur kuno menjadi salah satu ciri khas kawasan wisata Kota Tua di Jakarta Barat. Banyak bangunan peninggalan zaman Belanda yang masih kokoh berdiri di kawasan ini. Beberapa bangunan telah diubah menjadi restoran dan museum.

Wisatawan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan merangkum keunikan arsitekturnya. Setiap bangunan menjadi saksi sejarah kota Batavia. Bentuk dan usia bangunan ini tetap memiliki daya tarik tersendiri dari masa ke masa.

Mengendarai sepeda Onthel

Bersepeda di lapangan Taman Fatahillah di Kota Tua JakartaBersepeda di lapangan Taman Fatahillah – Foto: GoogleMaps/Jeffry UHuK

Sepeda Onthel merupakan salah satu simbol kendaraan masa lalu. Sebuah lapangan yang cukup luas terletak di tengah-tengah areal tersebut. Lapangan di samping Museum Fatahillah menjadi tempat para wisatawan menemukan persewaan sepeda Onthel.

Di kawasan ini banyak wisatawan yang bersepeda onthel. Ada sepeda dengan warna berbeda yang bisa disewa di sana. Menyewa sepeda ini juga memberi turis topi tua.

Pada waktu-waktu tertentu banyak merpati yang terbang dan bermain di kawasan Taman Fatahillah. Wisatawan juga bisa memberi makan, bermain dan memotret burung-burung ini.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Museum Sejarah Jakarta

untuk mengunjungi museum

Wisatawan dapat mengunjungi beberapa museum di daerah tersebut. Seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bahari dan Museum Bank Indonesia. Selain itu, ada juga Museum Bank Mandiri serta Museum Seni Rupa dan Keramik.

Di Museum Fatahillah, wisatawan bisa melihat ribuan koleksi dan kesaksian sejarah kota Jakarta. Sedangkan di Museum Bank Indonesia, wisatawan bisa menonton film tentang sejarahnya di ruang teater.

Museum Seni Rupa dan Keramik menyimpan koleksi lukisan dan karya seni keramik. Untuk melihat koleksi wayang seluruh Indonesia, wisatawan bisa berkunjung ke Museum Wayang.

Baca: Tiket Masuk ANCOL SEAWORLD dan Beragam Aktivitasnya

Berburu spot foto

Berfoto bersama Statue Man berpakaian pejuang kemerdekaanBerfoto bersama Pria Patung yang berpakaian pejuang kemerdekaan – Foto: Instagram/fahrul.rizal.92

Kota tua adalah tujuan populer bagi para pemburu spot foto instagrammable. Latar belakang yang populer tentu saja bangunan bersejarah yang memberikan kesan klasik pada bidikan.

Wisatawan bisa berfoto dengan patung manusia yang biasa ada di kawasan wisata ini. Untuk gaya antik, situs koleksi mesin tik di Museum Bank Mandiri bisa menjadi referensi. Kaca patri di lantai dua gedung juga memberikan cahaya untuk foto siluet.

Pintu dan jendela besar Toko Merah juga menjadi spot foto yang populer bagi wisatawan. Wisatawan juga dapat menemukan tempat unik untuk kolom putih Museum Seni Rupa dan Keramik. Wisatawan juga bisa berfoto selfie dengan latar berbagai lukisan tiga dimensi di Magic Art 3D Museum.

Baca: Tiket Masuk dan Koleksi Museum 3D Kota Tua

Wisata kuliner di kota tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta menghadirkan berbagai sajian kuliner khas Jakarta di kawasan tersebut. Wisatawan bisa menjumpai banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman khas Betawi.

Ketoprak, Kerak Telur, Es Selendang Mayang, dan Dodol Betawi menjadi sajian pilihan. Anda juga dapat menemukan berbagai makanan ringan dari masa lalu seperti: B. Potong Es. Selain masakan tradisional, pilihan menu lainnya juga tersedia di kafe dan restoran terdekat.

Bersantai dan menikmati sore hari

Tidak hanya Kota Tua yang ramai di akhir pekan, namun setiap harinya kawasan ini dipadati wisatawan. Setiap sore tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bersantai di area taman.

Usai jalan-jalan, wisatawan biasanya memanfaatkan sore hari untuk beristirahat di Taman Fatahillah. Wisatawan bersantai di kawasan ini diiringi musik akustik yang mengalun di sana.

Suasana akan semakin mempesona di malam hari. Wisatawan dapat menyaksikan langit memerah di atas bangunan bersejarah saat matahari terbenam.

Baca: Tiket Masuk ATLANTIS ANCOL dan 8 Kolam Renang Anak

Nikmati suasana Kali Besar

Taman Terapung dan Jembatan Kali Besar adalah tempat yang menarikTaman Terapung dan Jembatan Kali Besar adalah tempat menarik di kawasan wisata Kota Tua – Foto: Instagram/grahayuda_prasetya

Proyek revitalisasi Kali Besar menambah daftar pilihan wisata. Kawasan sungai ini digandrungi wisatawan saat ini. Desainnya terinspirasi dari Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan.

Beberapa tempat menarik di Kali Besar adalah taman dan jembatan terapung. Patung dan kursi unik di tepi sungai menjadi ornamen yang mempercantik penampilannya.

Floating Park menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan sebagai latar foto. Begitu juga jembatan yang menghubungkan jalan antara Kali Besar Barat dan Kali Besar Timur. Tembok Perimeter Area pejalan kaki dan sungai dengan tanaman warna warni juga terlihat sangat indah.

Baca: Tiket Masuk Pantai Ancol Jakarta dan Beragam Aktivitas Wisata

Berpose sebagai model lukisan

Wisatawan dapat menemukan banyak seniman berjalan di antara bangunan. Para seniman ini dapat membuat sketsa wajah pada media lukis. Wisatawan bisa berpose layaknya model untuk membuat sketsa yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Wisatawan juga bisa menemukan oleh-oleh lainnya. bagaimana suvenir beragam benda khas dengan gambar Jakarta. Ada juga beberapa toko souvenir khusus di kawasan wisata ini.

Baca: 60+ Tempat Wisata Seru di Jakarta

Lokasi kota tua jakarta

Kawasan wisata ini terletak di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, Jakarta 11110. Wisata Kota Tua relatif mudah diakses karena lokasinya yang dekat dengan stasiun kereta api. bus antar-jemput.

Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum Commuterline (Kereta Api Indonesia) jurusan Stasiun Kota (Beos). Sedangkan pengguna bus Transjakarta bisa turun di halte Stasiun Kota.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button