Tempat Wisata

Tiket, Aktivitas & Wahana Maret 2023

Biaya Masuk Pantai Anyer: Rp 10.000 – Rp 800.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat / Tempat : Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten, Indonesia, 42112.

Pantai mana saja merupakan objek wisata pantai di sisi timur Provinsi Banten. Pantainya berpasir bersih dengan panorama laut sebagai daya tarik utamanya. Selain itu, berbagai wahana dan fasilitas mendukung berbagai aktivitas wisata.

Sedangkan kawasan pantai selalu ramai dikunjungi wisatawan yang sebagian besar merupakan wisatawan lokal. Terutama dari daerah ibu kota. Pasalnya, padatnya kunjungan wisatawan kerap menyebabkan kemacetan lalu lintas di kawasan sekitar pantai. Namun, para wisatawan ini rela hidup dalam kemacetan untuk mencapai kawasan wisata Anyer.

Biaya masuk ke Pantai Anyer

Ada beberapa pantai di kawasan wisata Anyer. Namun yang paling ramai adalah Pantai Sambolo Anyer. Tarif masuk kawasan pantai relatif mahal untuk ukuran resort pantai.

Harga tiket masuk Pantai Sambolo Anyer
Tiket masuk tanpa kendaraan per orang Rp 10.000
Tiket masuk sepeda motor termasuk orang Rp 25.000
Tiket masuk sedan/kijang termasuk orang Rp 100.000
Tiket masuk elf termasuk orang Rp 250.000
Tiket masuk minibus termasuk orang Rp 500.000
Tiket masuk bus panjang sedang termasuk orang Rp600.000
Tiket masuk Big Bus termasuk orang Rp 800.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pantai Tanjung Lesung

jam buka

Kawasan wisata Anyer buka 24 jam sehari.

jam buka
Sehari-hari 24 jam

Aktivitas dan wahana di Pantai Anyer

Turis bermain di setiap pantaiKeindahan pantai ini membuatnya layak dijadikan destinasi liburan keluarga atau sekedar menghabiskan akhir pekan. Foto: Google Maps/ ISKANDAR COD

Segera setelah tsunami Selat Sunda, berbagai pihak melakukan perbaikan dan restorasi secara intensif. Termasuk upaya mendukung revitalisasi pariwisata di kawasan Pantai Anyer yang terdampak aktivitas Gunung Krakatau. Berbagai kegiatan diselenggarakan, mis sepeda yang menyenangkan di Anyer Urban Festival.

Saat ini, rata-rata 1.000 wisatawan per hari mengunjungi kawasan pantai tersebut. Bahkan aktivitas wisata masih berjalan normal. Selain itu, puluhan lifeguard mengamankan kawasan tersebut dan memasang rambu-rambu di sepanjang kawasan pantai. Sehingga wisatawan bisa bermain dengan aman di pantai. Bagi yang berencana liburan ke sini, berikut beberapa hal seru yang bisa dilakukan di sekitar pantai:

Menjelajahi area pantai

Jika ingin bersantai menikmati keindahan Pantai Anyer, wisatawan bisa menggunakan jasa persewaan sepeda. Selain itu, Anda juga bisa menyusuri kawasan pantai dan menikmati panorama pantai yang eksotik. Jika tak ingin jalan-jalan menyusuri pantai, Anda tetap bisa menikmati keindahan Anyer. Yang harus Anda lakukan hanyalah menggelar tikar atau menyewa kabin yang ada.

Kegiatan menarik lainnya adalah mengunjungi mercusuar. Di kawasan sekitar pantai terdapat mercusuar setinggi 16 lantai. Kemudian, dari atas puncak, wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai dari atas. Pemandangan langsung hamparan laut lepas dengan Anak Krakatau sebagai latar belakang.

Selain itu, wisatawan juga bisa bersantai dan mengarungi perairan di tepi laut dengan perahu.

Berenang, menyelam, dan snorkeling

Wisatawan melakukan aktivitas snorkeling di laut Pantai AnyerJernihnya air laut memungkinkan wisatawan untuk snorkeling di laut sekitar Ayer. Foto: Instagram/nizafebrisa

Air laut di kawasan Pantai Anyer ini masih bersih dan alami. Jadi aktivitas snorkel sangat populer dan banyak yang melakukannya.

Di sudut pantai lain yang cukup aman, wisatawan juga bisa berenang. Namun di bagian pantai yang berbatu, aktivitas berenang tentu saja tidak diperbolehkan karena alasan keamanan. Perairan di kawasan ini juga sering digunakan wisatawan untuk menyelam.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Carita Pulau Kelapa

bermain air dan pasir

Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati kawasan pantai, aktivitas bermain pasir bisa menjadi pilihan. Terutama untuk wisatawan dengan keluarga dengan anak-anak. Bermain air dan mengejar ombak juga menjadi salah satu permainan yang paling digemari.

berselancar

Ombaknya yang cukup tinggi memudahkan para pengunjung yang ingin berselancar untuk berselancarOmbaknya yang cukup tinggi mendukung aktivitas selancar di kawasan pantai sekitar Anyer. Foto: Instagram/mohammad_hashemi_rafsanjani

Pantai Anyer memiliki ombak yang cukup besar. Karena sangat mendukung untuk beraktivitas berselancar di daerah pantai. Surfing adalah salah satu kegiatan memompa adrenalin yang sering dilakukan di sini.

berjemur

Seperti wisata pantai lainnya, Pantai Anyer menjadi tempat pilihan wisatawan untuk berjemur di tepi pantai. Kegiatan ini menyerap manfaat sinar matahari, terutama dari wisatawan mancanegara.

kendaraan off-road

Bermain ATV di pantaiWisatawan dapat menjelajahi area berpasir di pantai dengan ATV. Foto: Instagram/tuty7899

Pantai Anyer menawarkan berbagai wahana, salah satunya adalah ATV. Wahana ini digunakan sebagai sarana untuk menambah keseruan kegiatan liburan. Pengunjung bisa menyewa ATV yang tersebar di sepanjang pantai. Setelah itu, aktivitas bisa dilakukan menyusuri pantai berpasir di pinggir pantai.

perahu pisang

Wahana banana boat sangat populer di kalangan wisatawan yang datang ke sini. Wahana pemacu adrenalin ini rata-rata berkapasitas hingga enam orang. Bersama-sama, wisatawan bisa merasakan sensasi melintasi perairan laut.

Pesona matahari terbenam

Matahari terbenam di setiap pantaiPantai Anyer merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan momen sunset. Foto: Instagram/keykochaniago

Pantai Anyer merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan sunset. Menjelang sore, pantai ini menyuguhkan keindahan sunset dengan pancaran jingganya. Panorama laut lepas termasuk Anak Krakatau pun tampak dalam siluet sebelum langit akhirnya menggelap.

11 pantai di kawasan wisata Anyer

Matahari terbenam di Pantai FloridaMatahari terbenam di Pantai Anyer Florida. Foto: Google Maps/Dian Ratna

Anyer memiliki banyak pantai dengan ciri khasnya masing-masing, antara lain:

  1. Pantai Marbella, menghadirkan prospek yang teduh dengan gubuk dan gubuk untuk wisatawan bersantai. Di sekitar pantai ini terdapat hotel dengan nama yang sama untuk menikmati pemandangan laut.
  2. Pantai Jambu, merupakan pantai yang bersih dengan akses yang mudah. Keindahan matahari terbenam di sini paling baik dinikmati dari bebatuan.
  3. Karang BolongIa memiliki batu besar dengan lubang di tengahnya seperti terowongan. Pantai ini memiliki spot di ketinggian dengan anak tangga untuk mendapatkan pemandangan yang lebih bagus.
  4. pantai Floridamemiliki berbagai atraksi dan pasir lembut dengan pantai biru.
  5. marina, menawarkan banyak wahana olahraga, seperti parasailing, Kapal petir, perahu pisangDan mampu.
  6. Pantai Cibeureumterkenal sangat nyaman karena banyaknya pohon kelapa yang rindang.
  7. Sambolo, merupakan tempat yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Menawarkan pemandangan pantai yang eksotis untuk dinikmati sambil parasailing, banana boat dan ATV.
  8. Cerita, populer di kalangan wisatawan karena pantainya yang berpasir putih. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.
  9. Pulau Merakdengan vegetasi pantai yang rimbun, dapat dicapai dengan perahu menyeberang ke Pulau Merak.
  10. Pantai Pulau SangiangTerletak di Selat Sunda, wisatawan bisa naik perahu untuk menyeberang dan mengitarinya.
  11. Pantai Pulau Umangsangat eksotis dengan akses sspeedboat dan perahu. Di pantai ini, wisatawan juga bisa berenang dan berenang Snorkel.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TN Ujung Kulon

Menginap

Terdapat sejumlah penginapan di sekitar kawasan pantai. Ada berbagai pilihan akomodasi seperti keluarga tuan rumah, resor, cottagerumah tamu, untuk jenis hotel.

Saat musim liburan, penginapan ini lebih ramai dari biasanya. Terutama pada perayaan malam tahun baru.

Acara Wisata di Kawasan Pantai Anyer

Saat puncak kunjungan wisatawan, kegiatan dan pertunjukan sering dilakukan di kawasan wisata sekitar pantai. Sejumlah acara seni dan budaya tradisional Banten digelar untuk menyambut wisatawan. Termasuk Rampak Bedug, tarian Debus dan Banten serta “pesta pantai Jamaika” dan band lokal.

Selain itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten menyelenggarakan “Media Fam Trip” untuk mempromosikan pariwisata. Hal itu bertujuan untuk memantau sejumlah objek wisata di Banten.

Perabot

Sebagai destinasi wisata yang populer, Pantai Anyer telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk keamanan dan kenyamanan para wisatawan. Beberapa di antaranya adalah pusat informasi, tempat parkir, perkemahan, pondok wisata, restoran, dan toko suvenir.

Ada lusinan yang tersedia Kehidupanpenjaga dan pemandu wisata. Juga disiapkan di daerah inikolam laut’Lapangan futsal, voli pantai, wahana fairground rubah terbang.

Lokasi dan akses menuju Wisata Pantai Anyer

Wisata pantai alami ini terletak di Jl. Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten 42112. Pantai Anyer berjarak sekitar 160 km dari Jakarta dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan jarak dari kota Serang hanya sekitar 35 km. Rutenya melalui tol Jakarta-Merak, keluar melalui tol Cilegon Barat, lalu menuju Anyer.

Saat musim liburan, kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Hal tersebut menyebabkan kawasan ini identik dengan kemacetan saat musim liburan.

Sebagai antisipasi, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan kereta api sebagai alat transportasi untuk mengurangi waktu tempuh. Dari Jakarta, wisatawan bisa menggunakan KRL jurusan Tanah Abang-Rangkasbitung. Kemudian menggunakan kereta api lokal Rangkasbitung-Merak. Wisatawan kemudian turun di Stasiun Krenceng dan naik angkot menuju kawasan pantai selama kurang lebih 10 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button