Tempat Wisata

Tiket & Atraksi Kaliurang PUTRI TLOGO

Harga Tiket Masuk Tlogo Putri: Rp 6.000 Jam Buka: 07:00 – 18:00 No. Telepon: -Alamat: Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55582

Tlogo Putri Kaliurang salah satu tempat wisata alam dengan suasana sejuk dan pepohonan yang rimbun. Bahkan, masih ada hewan liar seperti monyet yang sering berbaur dengan turis. Kaliurang sendiri merupakan kawasan wisata pegunungan di lereng Gunung Merapi.

Di sini Anda tidak hanya menikmati keindahan alamnya. Wisatawan juga dapat memainkan berbagai game drive yang menarik. Pertunjukan juga diadakan di kawasan objek wisata ini pada waktu-waktu tertentu atau akhir pekan. Selain itu, ada juga masakan khas Kaliurang yang wajib dicoba.

Harga tiket masuk Kaliurang Putri Tlogo

Tempat wisata ini mematok harga tiket masuk yang lebih terjangkau. Selain itu, wisatawan juga dikenakan biaya parkir tergantung kendaraan.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 6.000
Penyewaan skuter Rp 15.000 – Rp 35.000
tarif parkir
sepeda motor Rp2.000
mobil Rp 10.000
bis Rp20.000

Baca: Tiket & Aktivitas Taman Wisata Kaliurang

Jam buka Tlogo Putri Kaliurang

Objek wisata ini buka setiap hari dan dapat dinikmati dari pagi hingga malam hari. Pada hari libur nasional atau akhir pekan, tempat ini sering ramai dikunjungi wisatawan. Jika tidak ingin terlalu ramai bisa datang pada hari biasa. Dan pada pagi atau sore hari, jumlah pengunjung biasanya berkurang.

jam operasional
Setiap hari 07:00 – 18:00 WIB

Keindahan alam Putri Tlogo yang cantik

Wisata Tlogo Putri KaliurangWisata Tlogo Putri Kaliurang. Foto: Gmap/Sarminto Rumadi

Tlogo Putri merupakan kawasan wisata alam di lereng Gunung Merapi. Lokasinya yang dekat dengan Gunung Merapi memastikan udara sejuk. Kawasan ini juga terlihat begitu asri dengan pepohonan yang tinggi dan rimbun. Wisatawan membenamkan diri dalam suasana, mendengar kicau burung dan suara binatang lain yang datang dari hutan.

Sedangkan daya tarik utamanya adalah danau air tawar yang jernih. Danau ini memiliki air yang hijau jernih serta permukaan air yang tenang. Bahkan, bisa dilihat dari permukaan pantulan pepohonan di sekitarnya. Sesekali pusaran air kecil dibuat oleh burung atau serangga hinggap.

Sebuah dinding semen mengelilingi danau ini untuk memisahkan danau dari daratan. Serta pagar pinggir jalan agar lebih aman saat wisatawan berjalan di sebelahnya. Wisatawan dapat bersantai dan menikmati keindahan di sekitar danau. Berfoto dengan latar belakang danau yang indah ini.

Baca: Tiket Masuk SURALOKA ZOO & Wahana Lengkap

Sejarah dan Mitos di Tlogo Putri

Nama Tlogo Putri sendiri memiliki arti tersendiri. Dimana “tlogo” berarti laut atau danau dalam bahasa Jawa. Sedangkan “putri” mengandung arti yang sebenarnya, yaitu putri atau bidadari. Hal ini tidak terlepas dari legenda yang terkait dengan masyarakat setempat.

Menurut legenda, danau ini pernah menjadi tempat mandi para bidadari surga. Tentu saja, ini adalah kisah turun-temurun yang tidak ada buktinya. Meski begitu, masyarakat masih mempercayainya. Dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, ada juga kepercayaan bahwa air di danau dapat membawa kebaikan. Jika Anda mencuci muka dengan air dari danau, itu akan membuat wajah Anda terlihat lebih muda.

Baca: Tiket & Aktivitas Agrowisata Bhumi Merapi

Air Terjun di Tlogo Putri

Daerah air terjun yang sangat bagusDaerah air terjun yang sangat bagus. Foto: Gmap/Muhammad Asad

Di kawasan Tlogo Putri, selain danau juga terdapat air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 10 meter. Aliran airnya tidak begitu deras, sehingga aman bagi wisatawan untuk mendekatinya. Saluran airnya cukup kecil dan tidak jarang anak-anak bermain di bawahnya.

Aliran airnya begitu jernih dan mengalir ke kolam dan sungai di bawahnya. Kolam di bawah air terjun juga sangat dangkal, dengan bebatuan yang berserakan. Wisatawan bisa mandi di kolam ini atau sekedar bermain. Tentu saja saat mengambil foto menampilkan latar belakang air terjun yang indah ini.

Baca: Tiket & Tempat Menarik LAVA TOUR MERAPI

Berjalan-jalan dan nikmati ketenangan danau

Danau Tenang Tlogo PutriTlogo Putri laut tenang. Foto: Gmap/Baihaqi Aditya

Danau Tlogo Putri sendiri bisa dinikmati tanpa harus berenang di dalamnya. Yaitu dengan kano atau mengayuh perahu. Saat berkano, wisatawan diberikan perlengkapan seperti dayung dan pelampung. Sebuah kano hanya dapat menampung satu orang.

Perjalanan kano ini lebih cocok untuk remaja daripada orang dewasa. Karena itu perlu keseimbangan agar sampan tidak terbalik.

Jika anak-anak ingin menikmati danau, mereka bisa mencoba wahana sepeda air. Tentunya lebih aman karena dilengkapi dengan pengaman di sisi kanan dan kiri pedal boat. Wisatawan hanya perlu mengayuh kincir air dan menyetir.

Baca: Tiket & Aktivitas Bukit Klangon Sleman

Berkeliling kawasan wisata dengan skuter

Dengan Suter melalui kawasan wisataDengan Suter melewati kawasan wisata. Foto: Wisata Gmap/Jogja

Inovasi berikutnya di Tlogo Putri adalah wahana skuter. Wisatawan dapat menyewa skuter untuk jangka waktu tertentu. Harga sewa yang berlaku juga didasarkan pada waktu tempuh penyewa antara 15 menit hingga 60 menit.

Wisatawan bisa menggunakan skuter untuk menjelajahi kawasan Tlogo Putri yang lebih luas. Bahkan, Anda bisa berkeliling di sekitar patung Elang Jawa di depan gapura depan. Saat mengambil foto di depan patung elang di spot yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk mengambil foto agar momen indah ini terabadikan dengan baik.

Nikmati kelezatan kuliner Kaliurang

Jika Jogja memiliki kuliner khas Gudeg, ada yang berbeda untuk dicoba di Kaliurang. Wisatawan bisa mencoba Jadah Tempe, yang paling terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik.

Jadah adalah makanan ketan dengan adonan yang halus. Umumnya dikenal sebagai Uli atau di Jawa sebagai Gemblong. Teksturnya kenyal dengan rasa kelapa yang gurih. Ditemani dengan tempe bacem manis dan asli serta cabai rawit pedas.

Jika belum kenyang, Anda bisa mencoba Warung Mbah Ganis. Di sini Anda akan menemukan pilihan menu sate dan tongseng. Mulai dari olahan ayam, kelinci hingga kambing. Dijamin bisa membungkam perut yang keroncongan.

Baca: Tiket & Aktivitas BREKSI Cliff Park

perabot

Hiburan Panggung tempat pementasanHiburan panggung untuk pementasan. Foto: Gmap/Jati Kurniawan

Tempat wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap. Mulai dari mushola, tempat parkir, toilet hingga fasilitas hiburan. Berbagai acara berlangsung pada peringatan khusus, hari libur atau akhir pekan. Ada pertunjukan wayang kulit, sari campuran, band musik dan komedian.

Lokasi logo Putri Kaliurang

Kawasan Wiata ini terletak di Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button