Tempat Wisata

Tiket dan atraksi WOT BATU September 2023

Tiket dan atraksi WOT BATU September 2023

Wot Batu Biaya masuk: Rp50.000. Jam buka: 10 pagi – 5 sore. Nomor telepon: (022) 82524480. Alamat/Lokasi : Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40198

Sebuah karya seni memang harus mendapat pengakuan. Apresiasi tersebut misalnya berupa galeri yang memamerkan karya tersebut Wot Batu mereka ada di Bandung. Karya seni batu ini dibuat oleh seniman terampil bernama Sunaryo.

Seniman kelahiran Banyumas ini kini tinggal di Bandung dengan membawa karya seninya. Tugu batu Sunaryo ini tercipta dari konfigurasi energi spiritual perjalanannya. Merupakan instalasi seni yang menggunakan batu, media seni khas Sunaryo.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Terlengkap

Biaya masuk ke Wot Batu

Karya seni merupakan suatu hal yang sangat berharga dan patut mendapat pengakuan. Oleh karena itu, tidak heran jika pengunjung harus membayar tiket masuk saat memasuki objek wisata ini. Biaya masuk Wot Batu sebesar Rp 50.000 dan berlaku untuk pengunjung berusia 12 hingga 64 tahun.

Lalu senior tidak perlu bayar tiket atau gratis. Selain itu, pengunjung harus menunjukkan kartu identitas saat memasuki area monumen.

Baca: Tiket SELASAR SUNARYO dan Berbagai Koleksinya

Jam buka Wot Batu

Untuk mengunjungi objek wisata ini pengunjung harus memperhatikan waktu berkunjung. Karena Wot Batu tidak buka setiap hari. Dan jam berkunjungnya hanya pada pukul 10.00 hingga 17.00 sore. Sedangkan Wot Batu tutup pada hari Senin dan hari libur.

Kagumi seni cadas yang indah

Kawasan taman Wot Batu BandungArea taman batunya hijau dan asri. Foto: Gmap/Bernardo Bertolucci

Tempat menyimpan karya seni Sunaryo di ruang terbuka seluas 2.000 meter persegi. Terdapat 11 instalasi batu di sini yang ditata serasi dan selaras dengan alam. Hal ini menciptakan kedamaian bagi setiap orang yang melihatnya.

Ada sekitar 135 batuan di Bandung dan Jawa Barat yang berasal dari batuan vulkanik. Ada juga batu khusus dari Gua Hira, namun ukurannya tidak besar. Batu-batu ini digunakan tanpa mengubah bentuk aslinya sehingga dapat menonjolkan sifat asli batu tersebut.

Baca: Tiket Masuk Purwakarta Batu Park dan Berbagai Aktivitas Menariknya

Pemandangan di dalam gedung begitu indah, perpaduan batu alam dan pepohonan hijau. Pengunjung juga bisa berfoto dengan instalasi batu di sini. Namun, Anda hanya bisa menggunakan kamera ponsel untuk mengambil foto. Di bawah ini adalah beberapa karya seni batu yang terdapat di Wot Batu Bandung

Batu gerbang yang menyambut pengunjung

Torstein menyambut pengunjung yang datang ke monumen. Batu-batu ini membentuk jalan peralihan dengan tiang-tiang dan kanopi. Dimana pilar dan kanopi tersebut memisahkan dimensi Wot Batu dengan dunia luar.

Batu Mushalla

Batu mushola ini sangat istimewa karena salah satu batunya berasal dari Gua Hira. Di sini ada kaca dengan tulisan “Al Fatihah”. Batu dari Gua Hira konon menghubungkan Wot Batu dengan Mekah.

Batu air

Karya seni batu airBatu air. Foto: Gmap/Herry Mulya

Dari kejauhan Batu Air tampak seperti Stonehenge yang berdiri di atas air. Batuan ini terletak di atas genangan air yang tak berujung dan menyatu sempurna dengan alam. Refleksi batu ini merupakan gambaran perspektif kematian yang damai.

Batu Abah Ambu

Abah Ambu melambangkan laki-laki dan perempuan di sini. Sepasang batu pertama melambangkan asal mula kehidupan, simbol ini juga melambangkan dua unsur kontras dan harmoni.

Antara bumi dan langit

Ada sebuah karya seni berjudul Antara Bumi dan Langit. Karya seni ini mewakili dualisme di alam semesta. Dimana dua susunan batuan bersatu sebagai simbol keseimbangan antara bumi dan langit.

Baca: Sesar LEMBANG Pesona alamnya memesona

Batu mandala

Batu mandala cukup unik, berbentuk persegi tak beraturan dengan ukiran melingkar di tengahnya. Patung ini berbentuk garis mandala simetris yang merepresentasikan narasi tentang hubungan manusia dengan orang lain.

Batu Angin

Batu Angin secara konseptual masih berpasangan dengan Batu Mandala. Bentuk batu yang tinggi dan megah ini melambangkan hubungan manusia dengan Tuhan dan alam semesta.

Lawang Batu

Pahatan batu LembangLawang Batu. Foto: Gmap/fify s

Saat melihat Lawang Batu pasti teringat dengan film kartun “The Flintstone”. Terletak di tengah-tengah Wot Batu, sebagai pintu yang membuka jalan dari kehidupan menuju kematian. Sunaryo pun meninggalkan sidik jarinya di sana sebagai bukti peradaban modern.

Baca: Tiket NuArt Sculpture Park serta berbagai atraksi dan koleksinya

Wot Batu

Wot dalam bahasa Jawa artinya jembatan. Di sini juga terdapat instalasi yang melambangkan keharmonisan. Yakni keselarasan otak manusia yang seimbang antara kanan dan kiri.

Lokasi Wot Batu dan Kontak

Tugu batu ini terletak di Jalan Bukit Pakar Timur No.98 No.1 Bandung. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi 022-825-244-80.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button