Tempat Wisata

Tiket & Koleksi SOLASAR SUNARYO Februari 2023

Tiket & Koleksi SOLASAR SUNARYO Februari 2023

Harga tiket masuk Tuesdayar Sunaryo: Rp 25.000. Jam buka: 10.00 – 17.00. Nomor Telepon : 0222507939. Alamat / Tempat : Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40198.

Ruang Seni Tuesdayar Sunaryo (SSAS) adalah galeri seni di Bandung, Jawa Barat. Galeri ini resmi didirikan pada tahun 1998 untuk mendukung perkembangan seni rupa Indonesia. Selasar menggambarkan ruang terbuka untuk menghadirkan karya seni kepada audiens mereka.

Galeri seni nirlaba ini didirikan oleh Sunaryo, seniman kontemporer dan mantan dosen seni rupa ITB. Selain memamerkan karya Sunaryo, galeri ini juga menampilkan karya seniman lain, terutama seniman kontemporer.

harga tiket selasa sunaryo

Pengunjung yang ingin datang dan melihat berbagai koleksi seni di galeri ini perlu membeli tiket. Harga tiketnya masih terjangkau.

Harga Tiket Masuk Sunaryo Sunaryo Bandung
tiket masuk Rp 25.000

Baca: Tiket dan Atraksi NuArt Sculpture Park

Selasa Sunaryo jam buka

Pengunjung dapat mengunjungi galeri ini dari hari Selasa hingga Minggu. Buka dari pagi hingga sore hari. Galeri tutup pada hari Senin dan hari libur nasional.

Selasa jam buka Sunaryo Art Space
Selasa Minggu pk. 10.00. – 17.00
Senin dan Hari Libur Tertutup

Seni dan objek wisata

Monochrome Mogu dalam nuansa putih dalam karya Satu oleh Selasar Sunaryo BandungMogus monokromatik bernada putih dalam karya One adalah metafora untuk mengingat Tuhan dan bagaimana kita menaruh harapan kita dalam struktur memori dalam semangat Selasar Sunaryo Bandung.
Foto: Instagram/selasarsunaryo

Wisatawan yang datang ke Selasar Sunaryo harus mematuhi peraturan yang berlaku di kawasan SSAS. Pengunjung harus menjaga jarak aman dari karya seni dan tidak boleh menyentuhnya. Ini karena sifat karya seni yang sensitif dan rapuh.

Selasar Sunaryo adalah area bebas rokok. Penggunaan foto untuk keuntungan pribadi juga dilarang. Semua foto dan video yang diambil harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari SSAS.

Koleksi Selasa Sunaryo

salah satu karya Tangan Ganda karya Mulyana dkk.  di Selasar Sunaryo Bandungsalah satu karya Tangan Ganda karya Mulyana dkk. di Selasar Sunaryo Bandung. Foto: Instagram/selasarsunaryo

Inilah kumpulan karya yang mencerminkan masa kiprah dan karir Sunaryo di berbagai media. Koleksinya meliputi patung, lukisan, dan instalasi. Karya seni dalam koleksi ini disumbangkan oleh Sunaryo kepada Yayasan Selasar Sunaryo. Contohnya termasuk lukisan berjudul Antara Langit dan Bumi (Yin dan Yang), Karamba & Aqua, dan Baliku II.

Karya seni ini merupakan koleksi pribadi Sunaryo dan tidak dipamerkan di galeri. Beberapa contohnya adalah lukisan Adzan Batu Kapur, Emas di Ladang Kelam II dan Bunga Merah.

Beberapa koleksi di galeri ini merupakan karya seni sumbangan dari berbagai seniman. Sunaryo memulai koleksi ini pada tahun 1974. Contohnya adalah karya “Pakuon”. Yakni, lukisan kaca patri berukuran 79×59 cm berjudul Nuansa Travel karya seniman Haryadi Suadi dari tahun 1986.

Baca: Tiket Masuk dan Koleksi Museum Sri Baduga Bandung

amfiteater mini

amfiteater miniMini Amphitheatre pada hari Selasa Sunaryo Bandung.
Foto: Google Maps/Arne Trautmann

Seluruh situs SSAS dirancang secara artistik. Mulai dari ruang pamer seni, bangunan yang ada di dalamnya, hingga mushola. Yang membuat wisatawan terkesan adalah amfiteater mininya.

Tempat ini menarik perhatian setiap wisatawan karena berada di tengah SSAS. Amfiteater memiliki desain simetris sempurna dengan mempertimbangkan akustik. Ini mengikuti teknologi lama seperti Colosseum di Italia.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Museum Geologi Bandung

Pameran seni

Terowongan instalasi khusus SunaryoJarum waktu terus berdetak dan Hall of Space berevolusi. Terowongan bambu memanjang menembus dinding aula. Lorong ini merupakan bagian dari instalasi khusus oleh Sunaryo untuk merayakan ulang tahun ke-20 Selasar Sunaryo, Bandung. Foto: Instagram/selasarsunaryo

Selasar Sunaryo rutin menyelenggarakan pameran seni rupa. Seperti Lawangkala yang bertepatan dengan HUT SSAS ke-20. Lawangkala menghadirkan instalasi berbasis serat dan karya multidisiplin sebagai implementasi gagasan ketidakkekalan.

Lawang artinya “gerbang” dan Kala artinya “waktu”. Berkaca pada tahun 1998 hingga 2018, Sunaryo menyadari bahwa apa yang dilakukannya tidak dapat terulang kembali. Air mata dan tusukan adalah ekspresinya, yang tidak bisa digantikan oleh sapuan kuas.

Pameran lain yang pernah ada adalah Proyek Bale. Pameran ini merupakan kolaborasi 20 seniman yang berlangsung pada tahun 2018. Beberapa artis yang terlibat adalah Joko Avianto, Arin Dwihartanto Sunaryo dan M. Reggie Aquara.

Baca: Tiket dan Atraksi Museum Asia-Afrika

kopi Selasa

Area Kopi pada hari SelasaArea Kopi Selasar di Selasar Sunaryo Bandung. Foto: Instagram/selasarsunaryo

Tuesdayar Coffee menawarkan makanan Indonesia dan kopi yang disajikan dengan kesejukan alami. Kawasan ini menawarkan bangku dan meja kayu yang tertata rapi di bawah naungan pepohonan. Lebih dari 11 lampu cantik digantung di setiap atap.

Menu andalannya adalah Kopi Selasar yang terbuat dari biji kopi, jahe, dan susu. Harga makanan dan minuman berkisar antara Rp 10.000 hingga 78.000. Tersedia hotspot WiFi dan payung besar untuk kenyamanan pengunjung.

Ada bangku khusus yang menghadap ke amfiteater. Dari posisi ini, pengunjung dapat menikmati perpaduan antara seni dan alam. Tuesdayr Coffee buka setiap Senin – Kamis pukul 11.00 – 17.00 dan Jumat, Sabtu pukul 11.00 – 22.00.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Trans Studio Bandung

souvenir Selasa

Area ini meliputi toko galeri, berbagai reproduksi seni rupa eksklusif, pameran poster, peta, poster, dan kerajinan tangan. Ada juga buku-buku tentang seni, desain, arsitektur, sastra dan budaya kontemporer, katalog fotografi dan pameran.

perpustakaan pada hari Selasa

Ini adalah fasilitas yang dibuka sejak September 2008 dan terbuka untuk umum. Perpustakaan Selasar buka dari hari Selasa – Minggu Pk. 10.00 – 17.00, tutup pada hari Senin dan hari libur nasional.

Perpustakaan ini memiliki fungsi khusus sebagai pusat adat, penelitian dan dokumentasi, berisi 1500 benda seni. Termasuk seni visual, fotografi, pameran katalog, teater dan sastra, film, esai dan transkrip.

Perabot

Wot Batu terletak di atas lahan seluas 2.000 meter persegi. Instalasi taman batu oleh Sunaryo, yang berarti “jembatan batu”. Mushola yang tersedia cukup untuk lima orang, juga dengan design art untuk menciptakan suasana tenang.

Lokasi Balai Sunaryo, Bandung

Galeri seni ini terletak di Jl. Bukit Pakar Timur No.100 Bandung – 40198. Informasi lebih lanjut hubungi Telp (+62) 22 250 7939 Fax (+62) 22 251 6508.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button