Tempat Wisata

Tiket masuk, atraksi, wisata sejarah

Makam Bung Karno -Ir. Sukarno. Siapa yang tidak pernah mendengar nama ini. Presiden pertama Republik Indonesia tidak pernah dilupakan. jasa-jasanya akan selalu dikenang. Tekadnya untuk melawan penjajah benar-benar menginspirasi banyak orang.

Bahkan nama Pak Proklamator berlabuh sebagai sebuah jalan di Belanda. Ada juga tempat di Indonesia yang melanjutkan sisa-sisa perjuangan Soekarno yaitu di kota Blitar.

Bapak Soekarno yang meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 dimakamkan di Kota Blitar, Jawa Timur. Karena kharismanya yang tak terlupakan, banyak orang yang rajin mengunjungi makamnya.

Maka tidak heran jika kawasan makam Bung Karno Blitar tidak pernah sepi pengunjung dan selalu menjadi andalan kota Blitar. Anda yang tinggal di luar kota Blitar tidak akan menyesal mengunjunginya. Karena selain ziarah, banyak yang bisa dilakukan di kawasan makam Bung Karno di Blitar. Apa yang kamu? Baca artikel ini sampai akhir ya?

Kawasan Wisata Makam Bung Karno (Sumber indonesiakaya.com)Kawasan Wisata Makam Bung Karno (Sumber indonesiakaya.com)

Lokasi makam Bung Karno di Blitar

Lokasi makam Bung Karno di Blitar sangat mudah ditemukan. Lokasinya benar-benar strategis. Jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari pusat kota.

Makam Bung Karno terletak di sebelah utara Kota Blitar, di kawasan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan. Jika Anda masih kesulitan menemukan lokasinya, silakan bertanya kepada penduduk setempat. Mereka akan dengan senang hati memberitahu Anda arah yang benar menuju kawasan Makam Bung Karno Blitar.

Lihat juga: 47 Tempat Wisata di Blitar

Biaya masuk

Bisa masuk kawasan wisata dari Makam Bung Karno Blitar ini sangat nyaman. Anda hanya perlu membayar Rp. 3.000 per orang saja.

Untuk biaya parkir dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 untuk bus atau kendaraan wisata. Dan Rp 10.000 untuk biaya parkir kendaraan pribadi. Anda tidak perlu khawatir kebingungan saat mencari tempat parkir. Karena area parkir crypt cukup luas dan aman.

Kunjungi juga: Obyek wisata Pantai Serang Blitar

Hal menarik tentang makam Bung Karno di Blitar

Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di makam salah satu orang paling berpengaruh di dunia. Anda tidak akan menyesal mengunjunginya.

1. Wisata religi untuk semua kalangan

Astono Mulyo, tempat makam Bung Karno berada.  (Foto: LIcom Creative)Astono Mulyo, tempat makam Bung Karno berada. (Foto: LIcom Creative)

Kawasan ini awalnya dibangun untuk melindungi makam Ir. Soekarno sekaligus mengapresiasi jasa-jasanya. Maka tak heran jika ziarah menjadi aktivitas utama di sini.

Setiap hari banyak pengunjung yang datang berziarah dan mendoakan Presiden kebanggaan bangsa Indonesia ini. Makamnya didesain dengan gaya khas Jawa yang identik dengan bentuk Joglo.

Meski selalu banyak pengunjung yang berziarah dari berbagai latar belakang, namun para peziarah tetap khusyuk dalam salat. Mereka tetap menjaga postur tubuh, bergantian dengan peziarah lainnya untuk berdoa di sekitar makam.

2. Ditambahkan sekilas tentang Perpustakaan Bung Karno

Makam Bung Karno, Jl.  orang Irlandia  Soekarno No. 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.  (Foto: LIcom Creative)Makam Bung Karno, Jl. orang Irlandia Soekarno No. 152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. (Foto: LIcom Creative)

Selain komplek makam, area makam juga dilengkapi dengan perpustakaan. Pada 3 Juli 2004, perpustakaan ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri, putri kandung Ir. Sukarno.

Perpustakaan ini memiliki buku-buku yang lengkap. Banyak pengunjung terutama mahasiswa yang hanya datang untuk membaca atau mencari referensi buku. Tempatnya memiliki suasana yang menyenangkan dan tenang membuat kita betah berlama-lama di perpustakaan membaca buku.

Eksterior perpustakaan tidak kalah nyaman dan indah. Di luar perpustakaan, Anda akan melihat pilar-pilar besar menghiasi halaman perpustakaan. Ada sebuah kolam di tengah yang menciptakan suasana yang menyenangkan. Dan pada dindingnya terdapat relief yang bertuliskan Ir. Soekarno dari masa mudanya hingga perjuangan masa tuanya.

3. Belajar sejarah dengan masuk museum

Museum Bung Karno (Foto: LIcom Creative)Museum Bung Karno (Foto: LIcom Creative)

Jika anda ke kawasan Makam Bung Karno Blitar, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Bung Karno juga. Letaknya tidak jauh dari perpustakaan. Tepatnya berada di Gedung A Barat.

Di sana Anda bisa melihat berbagai lukisan yang mengisahkan perjuangan Bung Karno dari awal hingga akhir hayatnya. Ada juga beberapa peninggalan sejarah dari Bung Karno. Mengunjungi museum dapat memperluas wawasan Anda. Karena pada setiap lukisan atau benda yang ada di museum juga terdapat keterangan dari benda yang mendasarinya.

Anda juga diperbolehkan mengambil foto di dekat objek-objek tersebut. Tapi ingat, tetap tenang dan jangan sampai merusak barang-barang yang ada di museum ya.

Kunjungi juga: Kampung Cokelat Blitar

4. Simbol Perdamaian Dunia ada di sini

Gong Perdamaian Dunia di BlitarGong Perdamaian Dunia di Blitar

Sebelum memasuki area makam, Anda akan melihat tangga menuju ke kanan setelah melewati Gedung Perpustakaan B. Tangga membawa Anda ke Gong Perdamaian Dunia.

Atau Anda bisa menyebutnya Gong Perdamaian Dunia. Gong besar ini diukir dengan 116 bendera nasional yang mengelilingi simbol-simbol keagamaan di seluruh dunia. Gong ini dibuat sebagai simbol perdamaian dan persatuan seluruh umat manusia di dunia. Pengunjung biasanya mengabadikan momen dengan berfoto di depan gong.

5. Rumah Masa Kecil Bung Karno yang masih terawat dengan baik

Pengunjung melihat interior ruang tamu rumah masa kecil Presiden Pertama Ir Soekarno di Ndalem Gebang, Blitar, Jawa Timur.  FOTO ANTARA Arief PriyonoPengunjung melihat interior ruang tamu rumah masa kecil Presiden Pertama Ir Soekarno di Ndalem Gebang, Blitar, Jawa Timur. FOTO ANTARA Arief Priyono

Sekitar 2 kilometer dari Makam Bung Karno Blitar terdapat sebuah rumah yang menjadi rumah masa kecil Bung Karno. Rumah itu diberi nama Istana Gebang. Untuk menuju Keraton Gebang, Anda bisa naik becak yang terletak di dekat area makam.

Begitu memasuki kompleks Keraton Gebang, Anda akan melihat patung Ir tepat di depan rumah. Soekarno berdiri lurus ke depan. Di dalam Istana Gebang terdapat mebel antik karya Bung Karno yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Anda juga akan melihat mobil antik Procamator.

Lebih baik jika Anda datang ke sana pada tanggal 6 Juni. Karena pada hari itu akan ada tangkapan dan berbagai kesenian di Keraton Gebang. Dan Grebeg Pancasila merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung yang datang.

6. Belanja oleh-oleh khas Blitar tidak perlu jauh-jauh

Berburu souvenir di area makam Bung KarnoBerburu souvenir di area makam Bung Karno

Liburan tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh. Setelah puas berkeliling Makam Bung Karno Blitar, Anda bisa berbelanja oleh-oleh sesuai keinginan.

Setelah keluar dari pelataran pemakaman, Anda akan melihat banyak kios yang menjual oleh-oleh khas Blitar dan Ir. Sukarno. Harganya cukup terjangkau. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan uang untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

* * * * *

Demikian ulasan mengenai tempat wisata edukasi dan religi bernama Makam Bung Karno. Atau biasa disingkat MBK. Bagaimana? Menarik kan? Yang bisa kita andalkan adalah

Karena tempat wisata Makam Bung Karno ini mengandung sejarah yang tidak boleh kita lupakan dari seorang yang sangat dihormati di Indonesia yaitu Ir. Sukarno. Jadi tunggu apa lagi. Segera meluncur ke Blitar dan mengunjungi Makam Bung Karno Blitar.

Kunjungi juga: Taman cambuk Kota Blitar

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button