Tempat Wisata

Tiket Masuk dan Tempat Wisata TIRTA BUANA WATERFALL Februari 2023

Tiket Masuk dan Tempat Wisata TIRTA BUANA WATERFALL Februari 2023

Biaya masuk ke air terjun Tirta Buana: Rp 10.000 – Rp 30.000. Jam buka : 08.00 – 18.00. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Desa Pegadungan, Sukasada, Buleleng, Bali, Indonesia, 81161.

Air Terjun Tirta Buana merupakan air terjun alami yang layak dikunjungi bagi para wisatawan. Apalagi jika Anda berencana untuk mampir ke Kabupaten Buleleng, Bali. Kabupaten Buleleng terkenal dengan wisata air terjunnya yang banyak. Diantaranya air terjun Gitgit, Sekumpul, Lemukih dan masih banyak lagi.

Air Terjun Tirta Buana bisa menjadi pilihan spot berenang untuk berendam. Selain itu cocok juga untuk yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan bersenang-senang. Beristirahatlah dari penat bekerja dan nikmati segarnya desiran air terjun.

Biaya masuk ke Air Terjun Tirta Buana

Untuk menikmati pemandian ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Karena harga tiketnya terjangkau baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun perlu diperhatikan bahwa harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Berikut harga tiket untuk pengunjung domestik dan wisatawan mancanegara.

Biaya masuk
Wisatawan Domestik Rp 10.000
Wisatawan Asing Rp30.000
Taman Rp 2.000
Sewa loker Rp5.000

Baca: Tiket & Aktivitas TERJUN BANYUMALA WATERFALL

Jam buka air terjun Tirta Buana

Semakin awal Anda sampai ke air terjun ini, suhu airnya akan semakin dingin. Kawasan wisata air terjun ini buka dari pagi hingga malam hari. Tapi sebaiknya jangan berkunjung setelah jam 6 sore. Karena pencahayaan yang kurang di area ini, hari menjadi lebih gelap sebelum malam.

jam buka
Sehari-hari 08.00 – 18.00

Indahnya panorama air terjun Alam Tirta Buana diselimuti udara sejuk

Air Terjun Tirta BuanaAir terjun Tirta Buana yang indah. Foto: Google Maps/AM Colours

Saat berkunjung ke air terjun Tirta Buana, pengunjung dimanjakan dengan latar belakang alam yang mempesona. Menariknya, air terjun ini merupakan objek wisata tersembunyi yang terletak di tengah lembah berbukit. Jadi, dalam perjalanan menuju air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau pepohonan yang rimbun.

Bagi yang lelah berwisata ke pantai, air terjun Tirta Buana adalah pilihan yang tepat. Pengunjung bisa menikmati udara sejuk dan segar khas perbukitan. Ada juga banyak perkebunan cengkih, durian dan lainnya yang dapat ditemukan di dekatnya. Sedangkan kawasan terlihat bersih dan terawat berkat pengelolaan yang baik oleh pengelola setempat.

Baca: Tiket & Atraksi Air Terjun Gitgit

Air terjun yang indah

Asyiknya bermain air di Air Terjun Tirta BuanaAsyiknya bermain air di Air Terjun Tirta Buana. Foto: Google Maps/Ati Liang

Air di air terjun Tirta Buana memiliki pesona tersendiri, berasal dari sumber yang tidak pernah surut. Airnya jernih, dingin dan suasana alamnya masih sangat alami. Karena berada di pedesaan dengan penduduk yang tidak padat. Pengunjung merasa menyatu dengan alam, sehingga betah berada di kamar mandi ini.

2 kolam renang alami yang keren

Pengunjung bisa menikmati serunya berenang di kolam alami di Kolam Air Terjun Tirta Buana. Setidaknya ada 2 kolam dewasa yang cukup dalam. Kolam sudah memiliki partisi. Jadi saat pengunjung sedang tidak ramai, serasa berenang di kolam renang pribadi.

Saat berenang, airnya terasa dingin dan bersih. Salah satu alasannya adalah area kolam terawat dengan baik. Pengelola objek wisata rutin membersihkan kolam agar air tetap jernih. Tak lupa juga terdapat tempat sampah di sekitar kolam untuk menjaga kebersihan area kolam setiap saat.

Baca: Tiket dan Kegiatan SEKUMPUL WATERFALL

Makan sambil menikmati air terjun

Jika Anda lapar setelah seharian di dalam air, langsung menuju ke warung makan di sekitar air terjun. Pengunjung bisa memesan teh panas atau kopi panas. Sedangkan makanannya adalah mie instan. Ada mie goreng dan mie kuah panas yang cocok untuk cuaca dingin.

Sambil menikmati makanan, rasanya lengkap dengan pemandangan air terjun dan kehijauan kawasan wisata. Keberadaan toko ini membuat pengunjung tidak perlu membawa bekal makanan. Dengan begitu, isi tas jinjing tidak menjadi terlalu berat.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo Gianyar dan Ragam Keunikannya

Akses dari Easy Parking

Jalan setapak menuju air terjunJalan Menuju Air Terjun-AM Warna

Tirta Buana sedikit berbeda dengan air terjun lain yang aksesnya mudah. Jarak dari tempat parkir ke lokasi air terjun tidak terlalu jauh, sekitar 300 meter. Pengunjung harus menuruni banyak anak tangga. Langkah-langkahnya dirancang unik menggunakan ban mobil bekas.

Mungkin terasa sedikit lelah bagi pemula yang jarang pergi jauh. Jika kondisi jalan buruk, diperlukan tenaga tambahan. Tapi anggap saja kita berlatih pada saat yang sama Kenaikan di perbukitan. Meski lokasinya berada di dalam hutan, jangan khawatir karena sudah dipasang plang penunjuk arah agar tidak tersesat.

Baca: Air Terjun Tegenungan Terindah di Gianyar

Fasilitas di Air Terjun Tirta Buana

Fasilitas di air terjun ini cukup memadai. Sudah ada toilet, ruang ganti dan tempat penyewaan loker bagasi. Toilet dan ruang ganti ini dapat digunakan secara gratis. Sedangkan untuk loker barang disewakan mulai dari Rp 5.000 saja.

Pengelola menyediakan pendopo bagi pengunjung yang ingin beristirahat. Air terjun Tirta Buana juga memiliki area khusus bagi yang ingin berkemah. Banyak sekali spot foto yang cantik, cocok untuk yang suka memposting foto di Instagram. Salah satu spot foto paling populer adalah anjungan kayu yang mengarah ke hutan dan perbukitan.

Lokasi air terjun Tirta Buana

Wisata air terjun ini bertempat di Desa Pegadungan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali (81161). Lokasi sangat mudah ditemukan melalui google maps. Berangkat dari kawasan Kuta, jaraknya sekitar 74 kilometer dan perjalanan memakan waktu hingga 2,5 jam. Namun jika berangkat dari Kota Singaraja akan lebih dekat. Jaraknya hanya 25 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button