Tempat Wisata

Tiket masuk, lokasi dan objek wisata SILOWO TUBAN September 2023

Tiket masuk, lokasi dan objek wisata SILOWO TUBAN September 2023

Silovo Tuban Biaya masuk: 2.000 hingga 10.000 Rp. Jam buka: Pukul 08.00 – 15.00 WIB. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Juwiri, Mandirejo, Merakurak, Tuban, Jawa Timur, Indonesia, 62355

Silovo Tuban merupakan properti ekowisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini akan merasa lebih dekat dengan alam. Wisata Silowo terletak di tengah hutan yang ditumbuhi pohon sagu. Suasananya masih sangat asri dan menyenangkan bagi pengunjung yang mencari relaksasi.

Selain bernuansa hijau, tempat ini juga menawarkan pelayaran sungai dengan kano. Selain itu, wisatawan juga bisa merasakan sejuknya air sungai sambil berenang. Bila lapar, pengunjung bisa membeli aneka makanan olahan berbahan dasar sagu. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi di akhir pekan.

Biaya masuk ke Silowo Tuban

Memulai ekowisata tidaklah mahal, bahkan relatif murah untuk semua kalangan, hanya Rp 5.000. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar biaya parkir. Beberapa wisata sungai merupakan fasilitas berbayar. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin bermain kano, power boat atau berenang harus membayar biaya tambahan.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Rp5.000
Perjalanan: kano, perahu motor, berenang, penyewaan jaket pelampung 5.000 – Rp 10.000
Parkir: sepeda motor, mobil Rp2.000, Rp5.000

Biaya masuk dan aktivitas Silowo Tuban

Baca: Biaya Masuk dan Daya Tarik PANTAI REMEN

Jam buka Silowo Tuban

Wisata Silowo buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Tentu saja tempat ini lebih ramai saat musim liburan. Pengunjung yang ingin menaiki kendaraan harus mengantri. Jadi jika ingin suasana lebih tenang bisa mampir di hari biasa.

Atraksi dan aktivitas di Silovo Tuban

Objek wisata ini menawarkan keindahan alam sederhana dengan pemandangan hijau. Tempat menginap yang paling utama adalah perkebunan sagu dan sungai yang arusnya tenang. Meski sederhana, namun segala hal yang ada di ekowisata ini mampu memukau pengunjung. Keindahannya meninggalkan kesan tersendiri karena begitu eksotis.

Panorama perkebunan sagu

Perkebunan sagu yang subur di Silowo TubanPerkebunan sagu yang subur. Foto: Google Maps/Danita Kusuma Putri

Sagu merupakan salah satu produk perkebunan yang mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar kawasan wisata. Sagu tumbuh baik di lokasi ini karena cocok tumbuh di lingkungan berair. Anehnya, kebun sagu ini justru menjadi magnet wisata bagi Silowo Tuban. Karena ekowisata mempunyai keunikan dan mempunyai ciri khas tersendiri.

Baca: Tiket BOOM BEACH Tuban dan Berbagai Aktivitasnya

Keindahan sungai yang eksotis

Tempat wisata ini cukup bagus karena air sungainya masih jernih dan berwarna kebiruan. Bahkan ikan-ikan kecil yang berenang bebas pun bisa dilihat dengan mata telanjang. Pemerintah setempat melarang penangkapan ikan dan membuang sampah sembarangan di Sungai Silowo. Hal ini merupakan upaya melestarikan ikan asli dan menyelamatkan sungai sebagai sumber kehidupan.

Di sisi kanan dan kiri sungai terdapat deretan pohon sagu yang rimbun. Panorama eksotik ini memberi nilai tambah karena mirip hutan Amazon. Sungainya tidak hanya jernih, tapi juga bersih dan bebas sampah.

Baca: Harga Tiket dan Wahana COCONUT BEACH Tuban

Naik perahu menyusuri sungai

Naik kano di Silowo TubanBerlayar melintasi kawasan wisata dengan kano sungai. Foto: Google Maps/PS Pho

Pengunjung bisa mencoba wahana seru yaitu wisata jalan kaki di sungai. Kano atau perahu motor digunakan sebagai kendaraan. Pengunjung dapat menaiki wahana tersebut sendirian atau berpasangan selama 15 menit. Arus sungainya tenang, sehingga perahu bisa mengapung di atasnya dengan stabil.

Pengunjung yang menaiki perahu akan diberikan jaket pelampung keselamatan. Tim penyelamat akan menjaga dan mengawasi pengunjung jika membutuhkan bantuan. Sebelum menaiki perahu, Anda harus menyimpan barang bawaan Anda di loker yang telah ditentukan. Namun barang berharga seperti dompet, ponsel, dan lain-lain wajib dibawa.

Baca: Tiket dan Aktivitas PANTAI SOWAN

Berenang di Sungai Silowo yang jernih

Berenang di Sungai Silowo memang sangat menyegarkanBerenang di Sungai Silowo memang sangat menyegarkan. Foto: Google Maps/Indah Rokhmawati

Khusus bagi wisatawan yang ingin berenang, selain membayar tiket berenang, juga diwajibkan mengenakan jaket pelampung. Manajemen menawarkan penyewaan pelampung dengan harga pantas. Jadi pengunjung tidak perlu repot membawanya dari rumah. Berenang di sungai memang menyegarkan sehingga bisa sekaligus menenangkan.

Ambil foto objek yang Instagrammable

Wisata Silowo mempunyai nuansa yang menunjang kegiatan fotografi. Pasalnya, objek rekreasi ini memiliki tampilan mirip Instagram. Tempat yang paling populer untuk mengambil foto adalah sampan dengan latar belakang sungai dan pohon sagu. Bila perlu, pengunjung juga bisa meminta petugas untuk mengambil foto.

Bersantailah di gazebo yang menghadap ke sungai

Ada banyak paviliun untuk relaksasi di tepi Sungai SilovoAda banyak paviliun untuk relaksasi di tepi Sungai Silovo. Foto: Google Maps/Galaz Anugrah

Atraksi ekowisata ini juga cocok bagi pengunjung yang sekedar ingin nongkrong. Ada banyak paviliun yang tersedia untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Paviliun ini juga cocok untuk menunjang kegiatan piknik di objek wisata Silowo.

Masakan khas Silowo berbahan dasar sagu

Anda tidak perlu repot membawa sembako dari rumah karena banyak pedagang di Silowo Tuban. Para pedagangnya merupakan warga sekitar yang menawarkan makanan berbahan dasar pengolahan sagu. Bahan bakunya langsung dari perkebunan Sagu Silowo, masih segar dan tanpa bahan pengawet. Hidangan utama di tempat wisata ini adalah bubur sagu tradisional dalam tempurung kelapa.

Ada juga jajanan khas Jawa yang enak bernama gandos. Merupakan makanan ringan yang terbuat dari adonan sagu. Lalu campurkan dengan kelapa dan garam untuk memberi rasa gurih.

Perabot

Fasilitas di Silowo Tuban sudah lengkap. Tersedia tempat parkir pengunjung, ruang ganti/cuci, dan toilet. Banyak stopkontak tersedia bagi pengunjung yang ingin mengisi daya perangkat elektronik. Fasilitas pendukung seperti musala juga tersedia.

Lokasi Silovo Tuban

Wisata perkebunan ini berlangsung di Juwiri, Mandirejo, Kec. Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62355. Dari pusat kota Tuban ke Wisata Silowo jaraknya cukup dekat yaitu 7,7 km. Jika menggunakan mobil perjalanan hanya memakan waktu sekitar 13 menit saja.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button