Tempat Wisata

Tiket masuk Masjid Atta’awun dan keindahannya

Harga Tiket Masuk Masjid Atta’awun: GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jalan Raya Puncak – Gadog No.90, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750

Wisata ke Puncak Bogor bukan hanya objek wisata alam yang bisa dijadikan tujuan, tapi ada Masjid Atta’awun. Masjid Atta’awun merupakan salah satu ikon wisata Puncak yang dibangun sejak tahun 1997. Seperti halnya masjid, pengunjung kebanyakan datang untuk berdoa. Atau untuk istirahat sejenak karena lelah di perjalanan.

Masjid yang dibangun puluhan tahun ini juga menjadi tujuan utama untuk beribadah. Namun kini tujuannya lebih dari itu, masjid kini juga dikunjungi sebagai objek wisata karena bangunannya yang unik. Selain masjid, ada juga pemandangan dan kuliner yang patut dicoba.

Biaya masuk ke Masjid Atta’awun

Masjid ini tidak menetapkan tiket masuk bagi siapa saja atau gratis bagi siapa saja yang ingin berkunjung. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir.

Biaya masuk
tiket masuk Gratis

Baca: Biaya masuk dan aktivitas wisata alam di Sevilla

Jam buka Masjid Atta’awun

Masjid Atta’awun, buka 24 jam sehari. Jika ingin istirahat tidak perlu tidur di mesjid, karena tersedia tempat istirahat. Sehingga pengunjung bisa langsung menuju tempat peristirahatan jika ingin beristirahat di area masjid.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Kagumi keindahan Masjid Atta’awun Bogor

Indahnya bangunan Masjid Atta'awunIndahnya bangunan Masjid Atta’awun. Foto: Gmap/Masjid Atta’Awun Puncak

Masjid Atta’awun merupakan salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya warga Bogor, tapi juga warga luar kota, biasanya yang berkunjung ke kawasan Puncak. Masjid ini biasanya menjadi tujuan ibadah sebelum atau sesudah berwisata. Bangunan masjid ini tidak megah namun memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang begitu memikat.

Dari luar, wisatawan melihat kubah masjid yang berbentuk seperti jamur payung. Saking uniknya, berbeda dengan masjid yang umumnya berbentuk kubah setengah lingkaran. Kubah bangunan utama berwarna putih senada dengan warna dinding bangunan. Terlihat mencolok jika dilihat dari atas, apalagi jika terkena sinar matahari.

Lalu ada menara di dekat kubah bangunan utama masjid sebagai pemancar suara. Masjid ini juga dikelilingi oleh taman yang penuh dengan tanaman dan pepohonan. Saking bagus dan asrinya, apalagi taman ini terlihat sangat terawat. Lengkap dengan jalan setapak yang tertata rapi memudahkan wisatawan untuk berkeliling masjid.

Baca: Tiket & Aktivitas Kebun Teh Puncak Gunung Mas

Perpaduan indah arsitektur Timur Tengah dan tradisional

Interior masjid yang menarikInterior masjid yang menarik. Foto: Gmap/Hamid Noor

Masjid Atta’awun mengadopsi desain interior yang unik. Perpaduan bangunan masjid Timur Tengah dengan sentuhan tradisional yang khas. Misalnya, ada kolam kecil sedalam pergelangan kaki di depan pintu sebelum masuk masjid. Bak cuci kaki sebelum masuk masjid, ciri khas bangunan masjid di Jawa.

Saat memasuki masjid, Anda akan merasakan suasana sejuk karena sirkulasi udara yang baik di dalam masjid. Penerangan di dalam masjid juga sangat baik, dengan kaca dan jendela sebagai tempat masuknya cahaya. Kemudian, di beberapa sudut terlihat kaca patri warna-warni khas bangunan Timur Tengah. Ini berpadu indah dengan pilar-pilar marmer yang menopang lantai dua masjid.

Lantai masjid terbuat dari kayu jati yang terkenal dengan kualitasnya yang baik. Penggunaan kayu jati sengaja dipilih karena cepat beradaptasi dengan suhu sekitar sehingga masjid tetap sejuk. Peletakan lantai kayu, seperti rumah panggung, dilakukan pada jarak 50 sentimeter di atas permukaan tanah. Ruang antara tanah dan tanah dengan tujuan untuk menghindari kelembaban dan serangan rayap.

Baca: Biaya masuk dan aktivitas wisata alam di Sevilla

Interior masjid yang artistik

Lantai dua tempat Jemaat WanitaLantai dua tempat Jemaat Wanita. Foto: Gmap/irma irawan

Masjid ini terdiri dari dua lantai, dengan lantai atas diperuntukkan bagi jamaah wanita. Tempat ibadah jamaah pria dan wanita dibedakan berdasarkan lantai. Lantai kayu juga masih digunakan di lantai dua bangunan tersebut. Bahkan, beberapa tiang di masjid juga menggunakan kayu polesan yang cantik.

Di lantai pertama, kaca patri berwarna dan kaligrafi menjadi hiasan yang menarik. Di bagian depan lantai satu terdapat mihrab, tempat kecil berbentuk baskom. Mihrab biasanya digunakan sebagai tempat imam memimpin salat dan khutbah. Mihrab di Masjid Atta’awun sendiri sangat tinggi dan terlihat begitu berhias.

Bagian mihrab dihiasi dengan kaligrafi surat yang dikutip dari Al-Qur’an. Yakni Surat At-Taubah ayat 3. Tak lupa, lampu gantung menambah keindahan interior ruangan.

Baca: Tiket & Aktivitas THE RANCH Puncak Cisarua Bogor

Dari sungai hingga air terjun buatan yang indah

Kolam air yang mengalir dari sungaiKolam air yang mengalir dari sungai. Foto: Gmap/Luqman Hakim

Sebuah sungai yang sangat dangkal mengalir di belakang masjid. Sungai ini berasal dari mata air alami yang konon tidak pernah habis. Bahkan saat musim kemarau, selain terus mengalir, airnya sangat jernih.

Untuk mempertegas keindahannya, sungai ini juga dilengkapi dengan air terjun kecil. Wisatawan bisa bermain-main di sekitar sungai, bahkan ada yang berbasah-basahan di sungai. Meski mengalir deras, arus sungai ini terbilang tenang sehingga masih aman bagi pengunjung.

Sungai ini merupakan sumber air yang mengisi kolam di sekitar masjid. Adanya kubangan air yang jernih ini juga membawa kesejukan tersendiri di sekitar masjid.

Baca: Tiket & Aktivitas Puncak TELAGA SAAT

Kuliner di sekitar masjid sambil menikmati kebun teh

Kios makanan dan snack bar berjejer di sekitar masjid. Menjual berbagai makanan khas Bogor dan Jawa Barat lainnya. Ubi cilembu manis dan jagung bakar misalnya bisa menjadi cemilan hangat di kawasan Puncak yang dingin. Ditemani segelas minuman yang menghangatkan tubuh.

Sembari menikmati kuliner, wisatawan bisa menyaksikan keindahan kebun teh. Di sekitar masjid terdapat kebun teh dengan tanaman yang tertata rapi. Bahkan, pengunjung bisa menyempatkan diri untuk berfoto di area kebun teh.

perabot

Masjid Atta’awun memiliki fasilitas umum yang baik. Tempat parkir, toilet, dan tempat istirahat tersedia dalam kondisi baik. Ada juga banyak warung kecil di sekitar masjid. Yang menjual berbagai makanan dan perlengkapan untuk oleh-oleh.

Lokasi Masjid Atta’awun, Bogor

Masjid ini terletak di Jalan Raya Puncak – Gadog No.90, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button