Tempat Wisata

Tiket Masuk TELAGA MANGUNAN, Lokasi dan Objek Wisata September 2023

Tiket Masuk TELAGA MANGUNAN, Lokasi dan Objek Wisata September 2023

Danau Mangunan Biaya masuk: Rp10.000. Jam buka: Pukul 08.00 – 17.00 WIB. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Tlogohendro, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia, 51193

Danau Mangunan Wisata alam yang menarik untuk relaksasi di liburan akhir pekan. Objek wisata ini telah dibuka sejak tahun 2019 oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Luas danau yang luasnya sekitar 10 hektar ini memiliki daya tarik tersendiri. Suasana tempat ini sangat asri dengan banyak pepohonan yang sejuk.

Di sekelilingnya Anda bisa melihat deretan bukit menjulang tinggi yang dihiasi vegetasi tropis. Dalam kabut, danau di bawah bukit ini terlihat semakin eksotis. Tempat ini cocok untuk penyembuhan, bersantai atau fotografi. Pasalnya panorama di sini masih sangat alami dan bersuasana khas pedesaan.

Biaya masuk Danau Mangunan

Tiket masuk destinasi wisata Telaga Mangunan tidak mahal. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk menikmati keindahan telaga ini. Wisatawan tidak perlu membayar biaya parkir karena sudah termasuk dalam tiket masuk. Oleh karena itu, wisata ini cocok untuk semua kalangan karena harganya yang terjangkau.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp10.000
Penyewaan perahu (per 15 menit) Rp10.000
berkemah Rp20.000

Biaya masuk dan aktivitas Danau Mangunan

Baca : Tiket BLACKCANYON Petungkriyono, Area Camping dan Body Rafting

Jam Buka Danau Mangunan

Danau Mangunan buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Jika hari sudah gelap, pengunjung sebaiknya segera meninggalkan danau. Sebab, penerangan di kawasan danau kurang memadai. Namun bagi pengunjung yang ingin berkemah bisa bermalam di lokasi ini.

Objek wisata Telaga Mangunan

Objek wisata Telaga Mangunan masih asriSuasana danau masih asri dan bebas polusi.

Bagi pecinta alam, Danau Mangunan jelas menjadi magnet wisata. Sebab tempat ini menawarkan panorama yang sangat alami. Pepohonan di sekitar danau tumbuh subur dan hijau. Selain itu, danau ini memiliki atraksi air yang menarik bagi pengunjung.

Tempat foto siap Instagram

Spot foto Instagram di Telaga Mangunan kerap menjadi tempat foto preweddingSpot foto Instagram di Telaga Mangunan kerap menjadi tempat foto prewedding. Foto: Google Maps/Ibnu Jihad Elathievi

Pengunjung bisa mendapatkan banyak spot foto menarik di sini. Di tengah danau terdapat jembatan kayu yang menyerupai dermaga. Properti ini menjadi spot foto populer karena menawarkan pemandangan danau dan perbukitan terbaik. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai spot foto dengan background natural.

Puncak bukit yang berkabut juga meninggalkan kesan estetis. Kabut bisa menjadi elemen pendukung agar foto semakin Instagrammable. Selain itu, panoramanya yang indah juga cocok dijadikan lokasi foto prewedding. Pasalnya, danau juga bisa disulap menjadi tempat yang terkesan romantis.

Baca: Tiket, Jam Buka dan Daya Tarik Taman BENGKELUNG

Area piknik

Destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan tepat untuk piknik cuaca cerah. Sebab terdapat pemandangan yang begitu memanjakan mata. Pengunjung bisa datang di waktu senggang atau berlibur. Terkadang kabut yang turun membuat suasana piknik menjadi lebih tenang.

Pengunjung boleh membawa makanan dari rumah asalkan kebersihannya tetap terjaga. Jangan lupa membawa alas duduk agar Anda bisa duduk leluasa di atas rumput. Karena manajemen tidak menyediakan persewaan tikar atau karpet.

Baca : Tiket dan Objek Wisata PANTAI PASIR KENCANA

berkemah

Pengunjung bisa mendirikan tenda di tepi Danau MangunanPengunjung bisa mendirikan tenda di tepi danau. Foto: Google Maps/Makhsun Yuda

Telaga Mangunan memiliki luas daratan yang cukup luas sehingga cocok dijadikan lokasi berkemah. Namun pengunjung harus membawa tenda sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakannya. Berkemah di tepi danau memang sangat menyenangkan dan sejuk. Jangan lupa memakai pakaian tebal dan membawa jaket karena udaranya cukup dingin.

Baca: Harga dan Daya Tarik Bumi Perkemahan Manasuka

Dengan kapal

Naik perahu karet di Danau MangunanNaik perahu kecil mengelilingi Danau Mangunan. Foto: instagram/guntur.rent

Kehadiran wisata air semakin menambah daya tarik wisata telaga ini. Wisatawan bisa bersenang-senang mengelilingi danau dengan perahu karet. Ada perahu dayung untuk Anda sendiri atau perahu dayung untuk dua orang. Berkunjung pada musim kemarau tidak disarankan karena berisiko air danau surut.

Trekking Atas bukit

Di depan kawasan danau juga terdapat akses jalan yang menanjak ke atas bukit. Jadi wisatawan bisa berolahraga Trekking Menuju puncak bukit. Dari puncak bukit, wisatawan akan semakin disuguhi pemandangan alam. Pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan layanan memandu atau portir kapan Trekking ke bukit.

Warung makan

Pengunjung tidak hanya bisa membawa makanan dari rumah, tapi juga membeli makanan ringan. Terdapat beberapa warung sederhana di dekat danau yang bisa dikunjungi pengunjung. Ada aneka jajanan, mie instan, masakan telur, bahkan gorengan panas. Pas sekali menyantapnya sambil menikmati indahnya keindahan danau.

Menjadi tempat diadakannya festival budaya

Selain keindahan danaunya, objek wisata ini juga terkenal dengan festival budayanya. Peristiwa unik ini biasanya terjadi beberapa tahun sekali. Acaranya antara lain Karnaval Seribu Tumpeng, Gunungan Sayur dan Persatuan Tirta Pitu. Lalu ada pula upacara penyembelihan kerbau yang kepalanya dikorbankan di tengah telaga.

Tradisi ini sudah ada sejak zaman dahulu dan masih dipertahankan hingga saat ini. Upacara tersebut merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di Telaga Mangunan, upacara ini berlangsung dari jam 8 pagi hingga selesai. Wisatawan bisa menyaksikan atau mengabadikan momen ini karena hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu saja.

Perabot

Objek wisata ini sudah memiliki fasilitas yaitu parkir, toilet dan mushola. Kemudian pihak pemerintah juga menyediakan tempat sampah. Jadi tidak ada alasan bagi wisatawan untuk sembarangan membuang sampah ke danau ini. Bagi wisatawan yang ingin mengadakan pertemuan, tersedia pendopo dan aula.

Lokasi Danau Mangunan

Objek wisata tepi danau ini terletak di Tlogohendro, Kec. Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah 51193. Jaraknya 47,3 km dari pusat kota Pekalongan ke Telaga Mangunan. Dengan mobil perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam 44 menit.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button