Tempat Wisata

Tiket STUDIO ALAM GLAMPONG & 6 Fakta Menarik Maret 2023

Tiket STUDIO ALAM GLAMPONG & 6 Fakta Menarik Maret 2023

Harga Tiket Masuk Alam Gamplong Studio: LAYAK-Rp 150.000. Jam buka: 09.00-17.00 WIB. Nomor Telepon: 087823682000. Alamat/Lokasi: Gamplong 1, Moyudan, Dukuh, Sumberrahayu, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55563.

Destinasi wisata di Jogja tidak ada habisnya. Belum lagi wisata buatan yang sedang booming dan melanda Yogyakarta saat ini. Ada destinasi wisata buatan yang saat ini sedang hits di jogja yaitu Studio Alam Gamplong.

Hotel ini terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya 16 kilometer dari titik nol Yogyakarta. Sering disebut sebagai mini-Hollywood, tempat wisata ini menampilkan berbagai desain bangunan yang unik. Sangat cocok bagi wisatawan yang suka berfoto.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

Biaya masuk ke Studio Alam Gamplong

Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke Studio Alam Gamplong. Ada sebuah kotak di dekat pintu masuk tempat pengunjung dapat memasukkan jumlah yang sesuai.

Biaya masuk ke Studio Alam Gamplong
tiket masuk MENGHASILKAN
Tiket kereta lama Rp 10.000
Tiket masuk Museum Habibi & Ainun Rp 10.000
Tiket masuk ke Museum Bumi Manusia Rp 10.000
Tiket masuk ke barang antik dan ruang rahasia galeri Rp 10.000
jip Rp 150.000
Izin Penggunaan Kamera Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas World Landmarks di Merapi Park

Syarat memasuki area Alam Gamplong Studio:

  • Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer.
  • Wajib memakai masker dan cek suhu.
  • Isi peralatan yang sesuai.
  • Wisatawan dapat pergi ke loket informasi untuk mendapatkan tiket wahana (opsional dan tidak wajib).
  • Segala aktivitas seperti prewedding, produk, drone, sesi foto harus meminta izin di keterangan.

Jam buka Studio Alam Gamplong Yogyakarta

Wisatawan bisa mengunjungi sanggar ini setiap hari. Tempat wisata ini buka dari pagi hingga sore hari.

jam buka
Sehari-hari 09.00 – 17.00 WIB

1. Dijuluki Mini Hollywood Indonesia

Mini Hollywood IndonesiaStudio yang sering digunakan untuk syuting ini juga sering disebut dengan Mini Hollywood Indonesia. Foto: Instagram/gamplong_studio

Bukan tanpa alasan tempat ini disebut Mini-Hollywood. Hal ini tidak lepas dari penggunaan Gamplong Studios sebagai lokasi film. Sultan Agung The Untold Love Story merupakan film yang syutingnya di sini.

Film ini merupakan film terbaru karya sutradara terkenal Hanung Bramantyo. Sultan Agung The Untold Story terjadi sekitar abad 16 dan 17. Awalnya tempat ini adalah tanah desa yang kemudian menjelma menjadi Indonesia abad ke-16.

Menjelang akhir abad ke-16, Indonesia berada di bawah kekuasaan Belanda. Jadi ada benteng-benteng Belanda, bangunan Tionghoa, Joglo, hingga nuansa Betawi di Gamplong Studio. Tentu akan sangat unik bisa memotret nuansa kuno seperti itu.

Baca: Tiket Masuk Candi Borobudur Magelang dan Top 4 Things to Do

2. Memulai pembuatan Gamplong Studio Alam

Area studio dengan bangunan tematikKawasan Alam Gampling Studio di Yogyakarta dengan berbagai tema bangunan. Foto: Google Maps/Fis Ihsani

Sanggar ini dibangun atas prakarsa Mooryati Soedibyo, seorang pengusaha sukses yang mendirikan Mustika Ratu. Wanita berusia 91 tahun ini awalnya ingin menyumbangkan film untuk bangsa. Dia ingin film itu mengajarkan pelajaran tentang pengembangan karakter dan kepemimpinan.

Karena cita-cita tersebut, tokoh Sultan Agung dipilih sebagai inspirasinya. Setelah mencari lokasi yang cocok, pilihan jatuh pada Gamplong Studio. Setelah syuting selesai, pihak Mooryati Soedibyo menghibahkan studio ini kepada pemerintah setempat.

3. Film Wisata Pendidikan

Wisatawan juga bisa belajar seni perfilman di sini. Foto: Instagram/gamplong_studio

Gamplong Studio memiliki area yang sangat bagus dan cukup luas. Selain itu, ciri dan himpunan dibuat sedetail mungkin. Tak heran jika tempat ini juga cocok sebagai wisata edukasi film.

Pariwisata yang mengedukasi penonton tentang proses pembuatan film. Proses kreatif seperti apa yang dibutuhkan untuk menyajikan tontonan yang berkualitas? Ini tentu saja menjadi referensi yang valid bagi orang yang bekerja di bidang ini.

Bahkan orang yang tidak aktif di bidang perfilman pun bisa melanjutkan pendidikannya. Bahwa sebuah film tidak dibuat hanya dalam satu atau dua hari. Setiap adegan memiliki tingkat kesulitannya masing-masing, apakah itu alat peraga atau aktingnya.

Baca: Tiket Masuk BREKSI Cliff Park & ​​4 Aktivitas Teratas

Pengetahuan seperti itu akan menciptakan dukungan besar bagi pembuat film. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah menonton film di bioskop. Sehingga sineas bisa terus berkreasi saat membuat film yang berkualitas.

4. Berfoto di benteng Belanda

Benteng Belanda di Gamplong StudioBenteng Belanda di Gamplong Studio. Foto: google maps/wisata ke jogja

Karena syuting, benteng di sini bukanlah benteng asli dari zaman Belanda. Benteng di sini adalah salah satu latar belakang untuk syuting. Meski hanya untuk keperluan syuting, detailnya cukup mengagumkan.

Benteng ini memiliki pintu besar yang sangat khas dan indah. Di depan benteng ini juga terdapat sungai yang merupakan pembatas khas jaman dahulu. Tentu saja berfoto di depan pintu benteng atau jembatan merupakan foto yang anti mainstream.

5. Selfie di Joglo Studio Alam Gamplong Hall

aula rumah Jawa Studio Alam GamplongSalah satu bangunan sanggar anjungan rumah Jawa. Foto: Google Maps/Wulan Purnama

Sebagai film dengan nuansa tempo dulu yang kental, ada juga paviliun joglo di sini. Pendopo adalah tempat untuk berkumpul, berdiskusi atau berkonsultasi. Bangunannya berbentuk rumah joglo namun tanpa penutup di kedua sisinya.

Pendopo joglo ini begitu luas dan tinggi. Untuk menambah suasana tempo dulu, ada beberapa meriam di pelataran sebagai senjata. Selain itu, gazebo ini juga dikelilingi pagar tinggi dengan gapura besar.

Baca: Tiket Masuk BECICI PEAK Yogya dan 6 Aktivitas Pilihan

6. Pasar tradisional lama

Pasar tradisional ditetapkan.Pasar tradisional ditetapkan. Foto: instagram/gamplong_studio

Untuk memperkaya kegiatan pada zaman dahulu, di sini juga terdapat rangkaian pasar tradisional. Pasar ini menjual berbagai buah dan sayuran. Pasar ini juga memiliki warung makan papan kayu tua.

Semua fitur di atas dipertimbangkan dengan cermat secara mendetail untuk benar-benar mendukung latar belakang kuno. Tak ketinggalan, ada 2 benda lain dari abad ke-16 di pasar ini, yaitu payung kertas dan keranjang besar.

Fasilitas di Gamplong Studio

Untuk membantu kenyamanan pengunjung, beberapa fasilitas tersedia di sini. Yang pertama adalah snack, disini bukan hanya satu, tapi beberapa. Selain itu, ada juga tempat untuk istirahat sejenak.

Lokasi dan Kontak Gamplong Studio

Tidak terlalu jauh dari pusat kota, Gamplong Studio terbilang mudah ditemukan. Alamat lengkap Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563. Untuk menghubungi Gamplong Studio bisa menghubungi @gamplong_studio melalui Instagram.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button