Tempat Wisata

Tiket & Tempat Wisata Air Terjun Curug Lawe Benowo Januari 2023

Tiket masuk Curug Lawe Benowo Air Terjun Kalisidi Harga: Rp 8.000. Jam buka: 08.00 – 14.00. Nomor telepon : -. Alamat: Kalisidi, RT.01/RW.06, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50519.

Destinasi wisata alam lainnya berupa air terjun, cocok bagi pecinta wisata alam. Curug Lawe terletak di kawasan Gunung Ungaran, Semarang.

Lokasinya yang berada di hutan dan dikelilingi tebing membutuhkan usaha lebih untuk bisa dijangkau. Namun pengalaman dan pemandangan yang ditawarkan oleh wisata alam ini tidak boleh dilewatkan saat berlibur di Semarang.

tiket masuk

Air terjun ini merupakan tujuan wisata alam yang murah. Ongkos yang dibayarkan sudah termasuk ongkos ke Curug Benowo yang berada di area yang sama.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 8.000

Baca: Air Terjun Semirang Semarang Tiket Murah Ada Kolam Renang Alami

Harga tiket normal berlaku untuk anak usia 5 tahun ke atas.

jam operasi

Curug Lawe ditutup sementara menunggu selesainya proses rehabilitasi.

Curug Lawe dibuka untuk umum setiap hari. Namun, sebaiknya hindari berkunjung pada musim hujan karena jalannya terlalu licin dan berbahaya.

jam buka
jam operasi 08.00 – 14.00 WIB
Batas maksimum check-out 16.00 WIB

Keindahan Curug Lawe

Curug LaweAir yang mengalir menyerupai benang putih yang jatuh dari tebing – Foto: Google Maps/Cahaya Mukti Dwi Kurnia

Curug Lawe adalah salah satu air terjun di Gunung Ungaran, Semarang. Air terjun ini dilindungi oleh hutan dan lereng berbentuk setengah lingkaran yang mengelilinginya. Tingginya mencapai sekitar 30 meter dengan air yang jatuh menyerupai benang putih. Untuk alasan ini disebut “lawe”.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Jumog dan Kegiatannya

Seiring dengan Curug Benowo, objek wisata ini disebut sebagai Curug Lawe Benowo Kalisidi, disingkat CLBK. Kedua air terjun ini menawarkan panorama air terjun yang masih alami dengan kondisi air yang jernih. Selain itu, dalam perjalanan menuju tempat air terjun, pengunjung akan dimanjakan dengan suasana hutan dan pemandangan puncak Ungaran yang mempesona.

Jalur trekking yang menantang

KTT HungariaPemandangan hutan dan pegunungan yang bisa dinikmati dalam perjalanan menuju air terjun – Foto: Google Maps/SWU

Jalan menuju air terjun cukup melelahkan dan menantang. Jalur yang akan dilintasi berupa parit di samping jurang. Lebar jalan ini hanya sekitar 40 cm, cukup untuk satu orang.

Selama perjalanan, pengunjung akan dihibur oleh suara alam. Perpaduan antara ketenangan hutan yang masih alami, suara serangga dan gemericik air jernih yang mengalir di selokan. Parit ini merupakan saluran irigasi buatan yang mengambil air langsung dari mata air Gunung Ungaran.

Baca: Air Terjun Sekar Langit Wisata Legan Jaka Tarub

Selain pemandangan hutan dan sungai, pengunjung juga melewati bendungan kecil. Bendungan bernama Sidomble dibangun pada tahun 1975 untuk memenuhi kebutuhan air desa Kalisidi. Tempat ini menjadi spot foto yang menarik karena terdapat tulisan “We Love CLBK”.

Jembatan romantis

Jembatan romantisSalah satu jembatan yang menjadi spot foto populer, Romantic Bridge – Foto: Google Maps/Three Murjianto

Salah satu ikon atau kekhasan kawasan wisata air terjun ini adalah perbedaan jembatan yang dilintasi. Jembatan ini melintasi sungai kecil dan saluran irigasi. Setiap jembatan menawarkan panorama menarik yang bisa dijadikan spot foto.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Watu Gunung Ungaran

Jembatan Romantis adalah salah satu jembatan yang dilintasi pada rute tersebut Kenaikan. Jembatan kayu ini berdiri di atas ngarai sedalam sekitar 20 meter. Jembatan ini juga merupakan saluran air. Jadi jika diperhatikan dengan seksama, air mengalir tepat di bawah papan kayu yang diinjak. Keunikan ini menjadikan Jembatan Romantis sebagai salah satu tempat foto paling populer di Curug Lawe.

Panorama Curug Lawe

Curug LaweCurug Lawe terletak di tengah tebing berbentuk cekung di Gunung Ungaran, Semarang – Foto: Google Maps/Atha Indra Rifansha

Setelah melewati jalur trekking dan deretan undakan bebatuan yang licin, pengunjung tiba di rest area. Pos ini berdiri di persimpangan jalan. Belok kiri menuju Curug Benowo sedangkan Curug Lawe ambil jalan ke kanan. Jaraknya sekitar 100 meter dari pertigaan.

Curug Lawe merupakan air terjun yang dikelilingi tebing berbentuk cekung. Dari kejauhan, air terjun ini menyerupai benang putih halus. Airnya masih jernih dan bersih, mengalir ke sungai kecil berbatu.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Air Terjun Jenggala

Anda akan benar-benar merasakan suasana asri dan menenangkan saat tiba di Curug Lawe. Air tempias yang terbawa angin mendinginkan udara di sekitar air terjun. Pengunjung bisa bermain air atau berenang di sekitar air terjun. Jika Anda lelah, istirahatlah di warung-warung yang tersedia sambil perut Anda kenyang.

Air Terjun Benowo

"<yoastmark

Curug Benowo berjarak 1 km dari Curug Lawe. Rute yang harus dilalui untuk menuju air terjun ini cukup menantang, dengan jalanan berbatu yang licin dan terjal. Air terjun ini tingginya sekitar 20 meter dan berada di lereng yang lebih terbuka. Jika ingin bermalam, kawasan sekitar Curug Benowo bisa dijadikan tempat perkemahan.

Baca: 5 Tempat Wisata Air Terjun Paling Menarik di Jawa Tengah

Fasilitas air terjun Lawe

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain tempat parkir, toilet, mushola dan tempat istirahat. Terdapat warung makan di sekitar air terjun.Pekarangan Curug Benowo cukup luas untuk dijadikan tempat perkemahan bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Lokasi Curug Lawe

Properti wisata air terjun ini terletak di Desa Kalisidi, Hungaria Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Air terjun ini termasuk dalam kawasan Gunung Ungaran. Jalur alternatif menuju Curug Lawe ada dua, yaitu dari Semarang melalui Universitas Negeri Gunungpati Semarang atau dari Ungaran melalui Mapagan.

Keduanya bertemu di pertigaan desa Sumurgunung. Pilih jalan ke kiri mengikuti petunjuk arah menuju air terjun. Tidak ada angkutan umum yang melintasi objek wisata ini, jadi sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button