Tempat Wisata

Tiket Wisata Wadaslintang Waduk, Lokasi dan Atraksi Maret 2023

Harga Tiket Masuk Waduk Wadaslintang: Rp 10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Sigudeg, Sendangdalem, Padureso, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54394.

Waduk Wadaslintang merupakan bendungan di dua kabupaten yaitu Wonosobo dan Kebumen. Menempati ribuan hektar tanah, ia memiliki fungsi yang begitu penting bagi masyarakat. Meski sudah dibangun sejak 1988, bendungan ini masih berfungsi dengan baik. Bahkan pada zamannya, banyak negara lain yang memuji pembangunan Waduk Wadaslintang.

Waduk Wadaslintang sendiri memiliki fungsi utama sebagai pembangkit listrik tenaga air dan irigasi. Selain itu, sebagai sarana rekreasi bagi wisatawan. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari memancing hingga permainan air. Suasana waduk yang asri dan sejuknya udara turut mendukung hal tersebut.

Harga tiket masuk Waduk Wadaslintang

Tempat wisata ini mematok harga yang masih terjangkau. Wisatawan juga dikenakan biaya parkir tergantung kendaraannya. Selain itu, jika wisatawan ingin menikmati berbagai wahana yang tersedia, dikenakan biaya tersendiri.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 10.000
Berperahu Rp 10.000
tarif parkir
sepeda motor Rp3.000
mobil Rp5.000

Baca: Pesona Tiket & Atraksi Kayangan Kebumen

Jam buka Waduk Wadaslintang

Tempat wisata ini tidak memiliki jam operasional tertentu. Namun umumnya wisatawan meninggalkan tempat wisata tersebut pada sore hari.

jam operasi
Sehari-hari 24 jam

Nikmati keindahan dan kesejukan Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang, WonosoboWaduk Wadaslintang, Kebumen. Foto: Gmap/Arzha Ali Rahmat

Waduk Wadaslintang menempati area seluas 2.626 hektar. Yang mana daerah tersebut merupakan hutan pinus dan pepohonan yang rimbun, serta danau untuk waduk. Bendungan itu sendiri memiliki panjang 650 meter, tinggi 116 meter, dan lebar 10 meter. Dengan luasan tersebut, waduk mampu menampung air hingga 443 juta meter kubik.

Air danau di waduk ini sangat jernih, bahkan wisatawan bisa melihat pantulan langit dan pepohonan di permukaan air. Airnya juga cenderung tenang, membuat pemandangan terlihat begitu damai. Di sekitar waduk, wisatawan juga dapat melihat rimbunnya pepohonan yang membuat kawasan waduk menjadi asri. Ada juga kawasan khusus berupa hutan pinus.

Selain pepohonan, waduk juga dikelilingi perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau. Sedangkan di daerah lain yang tidak ada pohonnya, tumbuh rerumputan hijau yang terhampar. Di sisi bukit berumput, wisatawan bisa menyaksikan air terjun. Yang mengarah langsung ke reservoir dan menciptakan perasaan ombak dan kabut yang unik di bawahnya.

Baca: Wisata Bujet Kebumen Town Square

Mengunjungi Lubang Sewu yang unik

lubang sewulubang sewu. Foto: Gmap/Sugi Arto

Waduk Wadaslintang tidak hanya cantik, tetapi juga memiliki keunikan tersendiri. Yakni keberadaan lubang Sewu yang letaknya tak jauh dari lokasi waduk. Lubang Sewu adalah ribuan lubang pada batugamping yang terbentuk secara alami. Proses pembentukannya juga berlangsung sepuluh bahkan seratus tahun yang lalu.

Batugamping ini tersusun secara timbunan di tepi waduk. Warna batu-batu ini tampak putih, agak kecokelatan di beberapa sisi akibat bekas air. Cairns akan terlihat tinggi saat musim kemarau. Karena air tidak menggenangi dasar kawasan ini.

Wisatawan bisa memanjat bebatuan ini karena cukup aman dengan permukaan yang rata. Namun Anda harus berhati-hati saat masuk, karena tidak ada tindakan pengamanan khusus di sini. Lokasinya cocok sebagai spot foto yang unik. Apalagi di sore hari menjelang sunset pemandangan menjadi lebih indah.

Baca: Pantai Surumanis Kebumen: Tiket & Atraksi

Bepergian dengan perahu di danau

Perahu untuk berkeliling danauPerahu untuk bergerak di danau. Foto: Gmap/Mafa Ikhir

Wisatawan dapat menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan perahu. Luas Waduk Wadaslintang begitu luas sehingga perairannya bisa dijelajahi. Anda akan merasakan suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi saat perahu sedang berjalan. Untuk menggunakan perahu, wisatawan hanya perlu membayar sedikit.

Di beberapa tempat di danau terdapat keramba yang merupakan tempat pembenihan ikan. Beberapa pembudidaya ikan air tawar memanfaatkan danau tersebut sebagai habitat budidaya ikan. Berupa kolam apung yang terbuat dari kayu dan tong besar. Wisatawan juga bisa mampir ke keramba untuk membeli ikan langsung dari penangkarnya.

Selain perahu, wisatawan juga bisa menjelajahi kawasan danau dengan mengayuh sepeda. Ini lebih lambat, jadi lebih aman. Dan wisatawan bisa lebih senang menikmati setiap titik wilayah lautnya. Namun tentunya butuh sedikit tenaga lebih untuk mengayuh sepeda ini.

Baca: Tiket, Pesona, dan Aktivitas Hutan Mangrove Kebumen

Memancing di waduk

Waduk Wadaslintang juga menjadi habitat berbagai jenis ikan air tawar. Beberapa ikan hasil tangkapan nelayan kemudian dijual langsung kepada pengunjung. Ada yang dijual mentah, ada yang sudah diolah. Umumnya diolah dengan cara dipanggang.

Namun, wisatawan tetap bisa mendapatkan ikan tanpa membelinya. Yaitu dengan memancing langsung dari waduk. Ada tempat-tempat yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melemparkan kail mereka. Atau Anda juga bisa menyewa perahu untuk pergi ke tengah danau dan memancing di sana.

Suasana danau cukup tenang sehingga mendapatkan ikan tidaklah sulit. Selain itu, memancing juga bisa menjadi sarana untuk merelaksasikan pikiran. Jenis ikan yang biasa dijumpai di sini adalah mujair, lele siam, platipus, brek dan betutu.

Bermain seru dengan Banana Boat

Dilarang berenang di Waduk Wadaslintang. Karena danau ini cukup dalam. Namun, wisatawan tetap bisa bermain perahu pisang. Sewa waterpark ini sangat cocok untuk menikmati serunya bermain air.

Wisatawan diberikan perlengkapan khusus seperti jaket pelampung agar tetap aman saat bermain. Dan tentunya setiap permainan diawasi oleh pemandu yang juga menaiki pelampung.

Baca: Tiket & Pesona GOA JATIJAJAR

Menikmati sore hari di Waduk Wadaslintang

Menikmati sore hari di Waduk WadaslintangMenikmati sore hari di Waduk Wadaslintang. Foto: Gmap/Ade Ard

Sore hari adalah waktu yang tepat bagi wisatawan untuk menikmati suasana di sini. Ada banyak tempat yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Wisatawan juga bisa berjalan-jalan santai atau bersepeda di jalan beraspal. Pemandangan dari atas jalan ini sungguh indah dan enak dipandang.

Perabot

Obyek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum pendukung. Seperti toilet, mushola, tempat parkir dan warung. Ada juga taman bermain anak di area waduk yang bisa digunakan secara gratis.

Lokasi Waduk Wadaslintang

Waduk ini terletak di Sigudeg, Sendangdalem, Kec. Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54394. Hanya berjarak 22 kilometer dari Alun-alun Kebumen dan hanya 40 menit berkendara.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button