Berita Wisata

Tips mengendarai mobil di alam dan pegunungan

TEMPO.CO, Jakarta – Produsen ban mobil asal Korea Selatan Hankook Tire memberikan beberapa tips berkendara mobil di udara terbuka atau di pegunungan, seperti di kawasan Puncak, Bogor.

Medan jalan yang cukup ekstrim, berkelok-kelok, dengan tanjakan dan turunan yang terjal, serta jalan yang sempit membutuhkan bantuan mobil yang terampil selain keterampilan berkendara.

Berikut empat tips berwisata ke kawasan wisata outdoor dikutip dari siaran pers Hankook Tire Indonesia hari ini, Senin 21 November 2022:

1. Periksa mobil sebelum berangkat
Menurut data Kementerian Perhubungan, 9% kecelakaan disebabkan oleh faktor teknis mobil atau motor. Pengendara disarankan untuk memeriksa mesin kendaraan, kondisi air radiator dan tekanan angin pada ban mobil. Tekanan udara ideal pada ban mobil adalah 32 sampai 35 psi (per inci persegi).

“Ban bocor atau kempes merupakan salah satu pemicu kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia,” ujar National Sales Manager Passanger Car Radial PT Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono.

2. Tentukan muatan mobil
Mobil jenis minivan atau SUV dapat mengangkut maksimal 8 orang termasuk pengemudi, dengan berat total maksimal 3.500 kilogram. Mobil yang kelebihan muatan sering menyebabkan insiden ban pecah dan rem blong.

3. Tujuan dan jarak tempuh
Dengan mengetahui jarak tempuh, Anda bisa mempersiapkan kebutuhan bahan bakar, komponen dan suku cadang, kondisi ban mobil, tool kit dan perlengkapan darurat lainnya. Ban mobil yang dibutuhkan memiliki desain tapak yang lebih kasar dan elastis agar lebih aman dan nyaman untuk melintasi berbagai jenis medan.

4, fokus
Kuasa Kementerian Perhubungan juga menunjukkan bahwa 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Hindari pengendara menggunakan ponsel, multitasking dan aktivitas lainnya.

Jangan mengendarai mobil dalam keadaan tidur. Istirahat yang cukup dan hindari konsumsi obat-obatan yang dapat memicu rasa lemas saat mengendarai mobil.

Bunga bakung: ohCara tepat mengendarai mobil matic untuk pemula

Ingin mengobrol dengan editor artikel di atas? Mari bergabung dengan grup Telegram GoOto.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button