Tempat Wisata

Top 10 Wisata Pantai Hits di Balikpapan

Top 10 Wisata Pantai Hits di Balikpapan

Apakah Anda ingin pergi berlibur? Balikpapan? Inilah daftar wisata pantai terpopuler di Indonesia Balikpapan, Kalimantan Timur. Obyek wisata laut terindah, eksotik dan populer untuk liburan yang tak terlupakan.

Dikenal sebagai pusat bisnis dan industri Kalimantan Timur, Balikpapan memiliki beragam destinasi wisata yang menakjubkan. Dikenal dengan sebutan Kota Iman, kawasan ini juga menawarkan banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata pantai di kota ini menawarkan panorama yang sangat indah dan memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk memanjakan para pengunjungnya. Bagi Anda yang menyukai wisata laut, berikut ini adalah daftar wisata pantai di Balikpapan yang paling populer.

1. Pantai Monpera

Pantai MonperaFoto: Google Maps/Triyanto Prabowo

Wisata pantai pertama yang ada di Balikpapan yang tidak boleh anda lewatkan adalah Pantai Monpera. Pantai ini terletak di kawasan Klandasan Ulu yang masih tidak jauh dari kota sehingga untuk mencapai destinasi ini cukup mudah. Meski dekat dengan kota, Pantai Monpera masih merupakan kawasan pedesaan sehingga udaranya masih alami.

Sepanjang jalan mendekati Pantai Monpera Anda akan disuguhi pemandangan alam kiri kanan yang terlihat indah dan hidup. Sesampainya di kawasan pantai, Anda langsung disambut oleh pantai berpasir putih bersih yang terbentang sejauh mata memandang. Jangan lewatkan laut jernih yang mengajak Anda bermain.

Saat ini Pantai Monpera semakin mendukung sektor pariwisata. Karena pihak pengelola pantai sudah memperbaiki fasilitas objek wisata ini. Dijamin bikin kamu makin betah bermain di pantai selama berkunjung ke sana. Meski begitu, pemandangan dari destinasi yang satu ini sungguh memukau setiap orang yang melihatnya.

harga tiket: -; Map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Jenderal Sudirman No.1, RW.RT.11, Klandasan Ulu, Kec. Kota Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

2. Pantai Sepinggan

Pantai SepingganFoto: Google Maps/Wiwin Nila Rulyanti

Wisata pantai selanjutnya yang tak kalah populer adalah Pantai Sepinggan. Kawasan Sepinggan sendiri merupakan kawasan di Balikpapan yang belakangan ini semakin berkembang dan populer di kalangan wisatawan. Karena kawasan tersebut menawarkan berbagai tempat wisata seru dan menghibur yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

Pantai Sepinggan menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, apalagi jika Anda mengunjunginya saat senja atau menyaksikan matahari terbit di pagi hari. Panorama fajar yang menjulang di ufuk timur dan terbenam di ufuk barat, meninggalkan semburat jingga di tengah deru ombak laut merupakan salah satu wujud kemahakuasaan yang patut Anda saksikan di sini.

Selain itu, Pantai Sepinggan memiliki deretan pohon rindang yang tumbuh subur di pinggir pantai. Jadi saat bermain di sana tidak terasa panas tapi bisa menikmati udara yang sejuk dan rindang. Agar perjalanan liburan Anda ke Pantai Sepinggan semakin seru, Anda bisa mencoba beberapa olahraga air yang ditawarkan.

harga tiket: Rp10.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L. Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

3. Pantai Kemala

Pantai KamalaFoto: Google Maps/Hasbul Hadi

Pantai Kemala terletak di kawasan Prapatan, tak jauh dari kota. Sehingga Anda dapat menjangkau tempat wisata dengan mudah dan tanpa perlu repot mencari. Selain itu, Anda juga dapat menemukan sarana transportasi yang cocok untuk membawa Anda ke resor pantai.

Sejak dibuka sebagai tempat wisata, Pantai Kemala mengalami beberapa penambahan fasilitas. Mulai dari tempat parkir, toilet, tempat makan pantai dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan semata-mata demi kenyamanan pengunjung yang sedang berlibur dan menghabiskan waktu di destinasi tersebut.

Selain karena mudah dikunjungi dan memiliki banyak fasilitas yang memadai, wisatawan mengunjungi Pantai Kemala karena keindahan yang ditawarkan pantai ini. Dimana wisata bahari ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat asri, dengan pepohonan yang rindang dan angin yang sejuk.

harga tiket: Rp5.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

4. Pantai Banua Patra

Pantai Banua PatraFoto: Google Maps/M

Pantai Banua Patra merupakan salah satu tempat wisata pantai di Balikpapan yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Pantai ini menjadi sangat ramai pengunjung saat musim liburan atau akhir pekan. Di sini Anda bisa melihat banyak pengunjung yang berlibur bersama keluarga. Banua Patra memang sangat cocok untuk wisata keluarga.

Karena Pantai Banua Patra sangat mudah ditemukan, bahkan di aplikasi peta digital sekalipun. Kemudian lokasi di kawasan Perrapatan juga sangat mudah dijangkau dan transportasi menuju objek wisata ini juga mudah didapat. Dan untuk akomodasi, Anda bisa menemukan banyak hotel murah di sekitar pantai.

harga tiket: Rp15.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Temui Kec Kota Balikpapan, Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

5. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari, BalikpapanFoto: Google Maps/Haris Putra Nasution

Saat mencari pantai di Balikpapan di internet, nama Pantai Manggar Segarasari selalu muncul di pencarian teratas. Walaupun nama pantai ini sendiri sebenarnya bukanlah nama resmi karena nama pantai ini diambil dari nama daerah tempatnya berada yaitu Manggar Segarasari, Manggar Baru.

Di Pantai Manggar Segarasari, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai yang sangat seru dan menyenangkan. Misalnya bermain di air yang jernih dan bersih, bermain di pasir pantai yang lembut atau sekedar berjalan-jalan di pinggir pantai saat garis pantai cukup panjang. Selain itu, Pantai Manggar Segarasari telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

harga tiket: Rp3.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

6. Pantai batu

Pantai Batu BalikpapanFoto: Google Maps/Riko Hannafi

Berikutnya adalah Pantai Batu yang menawarkan suasana damai dan tenteram bagi para pengunjungnya. Pasalnya destinasi wisata pantai yang satu ini masih belum banyak diketahui media, sehingga pengunjung yang datang hanya warga lokal dan segelintir wisatawan yang pernah mendengar nama Pantai Batu sendiri.

Meski jarang dimuat di media, Pantai Batu cukup mudah dijangkau. Destinasi ini berada di kawasan Perapatan dan tidak jauh dari Pantai Manggar Segarasari. Saat anda tiba di tempat wisata anda akan disambut dengan pemandangan cakrawala yang sangat indah dan mempesona. Ditambah dengan pasir bersih dengan butiran halus kecil.

harga tiket: Rp15.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: Prapatan, Kec. Kota Balikpapan, Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

7. Pantai Melawai

Pantai MelawaiFoto: Google Maps/Retno Ayu

Salah satu pantai terdekat yang menawarkan banyak pilihan akomodasi bagi pengunjungnya, yaitu Pantai Melawai. Dengan demikian, destinasi ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di luar wilayah Balikpapan. Jika lelah bermain di pantai, mereka bisa beristirahat di penginapan yang ada di sekitar lokasi.

Banyak penduduk setempat yang mengunjungi Pantai Melawai sendiri untuk melepas penat. Karena tempat wisata ini menawarkan berbagai pengalaman wisata yang menarik, seperti arena olah raga air, pemandangan laut yang indah hingga wisata kuliner seafood yang lezat dan bervariasi dengan harga yang cukup terjangkau.

harga tiket: Bebas; Map: pemeriksaan situs
Alamat: J L. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Kota Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

8. Pantai Lamaru

Pantai LamaruFoto: Google Maps/Umar Rohim

Pantai Lamaru terletak di kawasan Teritip, tidak jauh dari kota. Sehingga pantai ini bisa menjadi salah satu tujuan liburan utama Anda saat berada di Balikpapan. Pemerintah setempat juga telah berupaya mengembangkan wisata Pantai Lamaru dengan baik. Alhasil, pantai tersebut kini menjadi salah satu destinasi utama di kawasan Balikpapan Timur.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Lamaru pada siang hari, tak perlu khawatir tidak bisa menikmati suasana pantai akibat teriknya sinar matahari yang membakar kulit. Karena pantai ini terkesan dikelilingi pembatas berupa pepohonan hijau, suasana di sekitarnya sangat sejuk dan rindang.

harga tiket: Rp15.000; Map: pemeriksaan situs
Alamat: JL.Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

9. Pantai Pulau Segajah

Pantai SegajahFoto: Google Maps/Kaharuddin Syah (Undung)

Salah satu destinasi wisata unik yang bisa Anda temukan di Balikpapan adalah Pantai Pulau Segajah yang hanya berjarak sekitar 250 km dari pusat kota Kalimantan Timur. Pulau Segajah sendiri merupakan pulau kecil serba pasir yang hanya bisa Anda kunjungi pada siang hari atau saat air laut sedang surut.

Pada malam hari, saat air pasang datang, Pulau Segajah tidak terlihat, yakni tenggelam bersama air laut. Tak hanya keunikannya, panorama indah yang ditawarkan Pantai Pulau Segajah di siang hari sayang jika dilewatkan begitu saja. Dari pulau ini Anda bisa melihat lebih dekat laut lepas dengan cara yang unik.

harga tiket: Rp500.000; Map: verifikasi lokasi
Alamat: Bontang Kuala, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

10. Pantai Serumpun

Pantai SerumpunFoto: Google Maps/Dedi Satriya Subani

Terakhir ada Pantai Serumpun yang tak kalah populer di kalangan wisatawan, khususnya fotografer. Pasalnya, terdapat beberapa pohon yang tumbuh di lepas pantai di kawasan Teritip. Agar terlihat sangat cantik dan menjadi salah satu spot foto yang cantik dan instagramable sekali.

Karena keindahan dan keunikan Pantai Serumpun, jangan heran jika Anda datang ke sini, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang melakukan sesi foto prewedding. Bahkan saat senja, Pantai Serumpun selalu dipadati fotografer yang sibuk mengabadikan keindahannya dalam sebuah potret.

Pasalnya saat senja, keindahan pepohonan yang tumbuh di kawasan lepas pantai semakin indah. Hal ini disebabkan oleh efek pancaran sinar jingga matahari yang jatuh melalui celah pepohonan sehingga menghasilkan momen yang sangat mengesankan. Dimana pemandangan tersebut banyak dicari oleh para fotografer untuk diabadikan dalam foto.

harga tiket: Bebas; Map: verifikasi lokasi
Alamat: J L.Mulawarman, Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Balikpapan, ibu kota provinsi Kalimantan Timur, berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Alhasil, kawasan Balikpapan memiliki sejumlah pantai yang memiliki potensi wisata yang cukup signifikan. Oleh karena itu, kota iman ini disebut sebagai surga wisata bagi pecinta destinasi bahari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button