Berita Wisata

Trenggalek Gelar Penghargaan Seratus Desa Wisata, Apa Gunanya?

Trenggalek

Trenggalek memiliki ajang Penghargaan Seratus Desa Wisata (Sadewa) yang akan memuncak pada November 2022. Apa tujuan diadakannya event wisata ini?

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek Sunyoto menjelaskan, program Sadewa Prize sengaja diselenggarakan untuk menggairahkan dan menggairahkan sektor desa wisata.

“Saya berharap kedepannya jumlah peserta semakin banyak dan kualitas desa wisata Trenggalek juga semakin meningkat,” kata Sunyoto kepada wartawan, Selasa (15/11/2022).

Sunyoto mengatakan Sadewa Prize mempertemukan 19 kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang tersebar di seluruh kecamatan. Ke depan, kata Sunyoto, desa wisata ini ditakdirkan menjadi objek wisata di Trenggalek, karena setiap desa memiliki keunikan dan budayanya masing-masing.

“Untuk itu, kami terus mendorong desa wisata untuk berkembang. Program pendampingan terus kami lakukan, baik dari segi sumber daya manusia maupun strategi pengembangannya,” ujar Sunyoto.

Menurut Sunyoto, kegiatan tersebut kini telah memasuki tahap evaluasi lapangan. Tim juri dari luar kota akan mengunjungi 19 destinasi desa wisata untuk memverifikasi kondisi sebenarnya di lapangan.

“Kami akan meninjau semua aspek penilaian, apakah sesuai atau tidak dengan profil yang diajukan,” jelasnya.

Menurut Sunyoto, dalam Sadewa Award tahun ini ada enam kategori yang diperebutkan, yaitu:

1. Desa wisata dengan atraksi wisata terbaik (alam, budaya, buatan)
2. Desa wisata dengan ekonomi kreatif terbaik
3. Desa wisata dengan homestay terbaik
4. Desa Wisata dengan Institusi Terbaik
5. Desa wisata dengan produk wisata terbaik
6. Desa wisata dengan pelestarian lingkungan terbaik.

Simak Videonya “Desa Wisata Hanjeli Memukau Sandiaga Uno”
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button