Tempat Wisata

Tugu Muda, monumen bersejarah untuk memperingati 5 hari pertempuran di Semarang

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam Alamat: JL. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Tugu Muda adalah sebuah monumen batu di kota Semarang yang diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai simbol perjuangan para pemuda mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini didirikan untuk memperingati pertempuran 5 hari di Semarang melawan Tentara Jepang pada masa transisi dari 15 Oktober hingga 20 Oktober 1945.

Tugu peringatan ini berbentuk lilin sebagai filosofi semangat juang kemerdekaan Indonesia yang tidak pernah padam. Tugu ini terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kepala, badan dan alas yang kesemuanya terbuat dari batu. Di sisi alas tugu terdapat relief dengan sanggar lima tiang. Sedangkan penampang tugu berbentuk segi empat.

Tidak hanya sebagai monumen bersejarah, Tugu Muda Semarang yang terletak di Sekayu juga memiliki keindahan yang menarik untuk Anda kunjungi saat berada di Semarang. Kawasan ini memiliki taman yang asri dan Instagramable. Tak heran jika Anda berada di Semarang Anda tidak boleh melewatkan monumen ini.

Daya Tarik Tugu Muda

Daya Tarik Tugu Muda SemarangSumber gambar: Facebook VIVA.co.id

Ini bukan hanya sebuah monumen. Tugu Muda di Semarang juga memiliki pesona tersendiri. Oleh karena itu, kawasan ini selalu ramai dikunjungi banyak orang, terutama saat musim liburan atau akhir pekan. Berikut beberapa tempat wisata yang termasuk destinasi wajib dikunjungi di tengah kota Semarang ini.

1. Taman

Sebuah taman diletakkan di sekitar monumen, cukup luas untuk digunakan oleh pengunjung rekreasi. Taman ini ditumbuhi berbagai jenis pohon dan bunga, sehingga terlihat bagus dan segar. Taman ini juga menjadi salah satu daya tarik karena merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Taman ini juga memiliki spot foto yang menarik, salah satunya adalah taman cinta. Dengan bentuknya yang unik, tempat ini populer di kalangan pengunjung yang datang untuk berfoto. Banyak juga pengunjung yang hanya duduk-duduk saja di sekitar taman.

2. Arsitektur

Tugu Muda memiliki arsitektur yang sangat unik, terdapat relief pada sisi-sisinya. Selain itu, monumen ini memiliki filosofi yang tentunya sangat mendalami sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu. Berbentuk seperti nyala lilin, berisi semangat pemuda yang terus membara untuk bela bangsa Indonesia yang masih harus dilakukan.

Bangunan batu ini memiliki 5 relief yang menopangnya. Masing-masing relief tersebut memiliki cerita tentang perjuangan zaman penjajahan hingga kemerdekaan Indonesia di Semarang. Di atas relief ini terdapat lambang Pancasila.

3. Air Mancur

Tempat wisata Tugu MudaKredit foto: Google Maps Putri Isnayni Dewi

Air mancur adalah salah satu daya tarik utama daerah ini. Pada malam hari, air mancur ini dipenuhi dengan lampu hias yang sangat indah, sehingga sangat cocok sebagai lokasi wisata malam. Air mancur ini ditunggu-tunggu oleh pengunjung untuk melihat pertunjukannya. Terhubung dengan kolam di sekitarnya sehingga terlihat sejuk dipandang mata.

Kolam air yang mengelilingi monumen ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Dengan adanya kolam ini, suasana di sekitarnya terlihat segar. Ketika air mancur bermain di atas kolam ini, airnya yang segar menerpa Anda.

4. Lawang Sewu

Siapa yang tidak mengenal Lawang Sewu? Bangunan ini sangat terkenal dan memiliki sejarah yang panjang.

Lokasinya yang sangat dekat dengan Tugu Muda, sehingga banyak pengunjung yang datang ke monumen ini juga mampir ke gedung yang sudah ada sejak zaman Belanda ini. Ketika Anda datang ke monumen, Anda juga dapat mencoba mengunjungi Lawang Sewu ini

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tugu Muda SemarangSumber gambar: Google Maps Sutardi

Tugu Muda Semarang terletak di pusat Kota Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 15 menit dari Bandara Ahmad Yani. Rute yang dapat diakses adalah melalui Jl. Yos Sudarso melaju ke Bundaran Kalibanteng. Kemudian belok kiri ke Jl. Jenderal Soedirman. Anda hanya perlu mengikuti jalan sekitar 4 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Sedangkan jika anda datang dari arah Yogyakarta, anda perlu naik kendaraan menuju Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi tepat di Jl. DR.Sutomo yang hanya berjarak 1 km dari Tugu. Selain menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus Trans Semarang dengan biaya mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Tugu ini merupakan salah satu tempat wisata murah yang bisa dijadikan tempat liburan keluarga. Buka 24 jam sehari, kamu juga tidak perlu membayar tiket untuk menikmati suasana taman kota yang asri. Anda juga dapat bepergian dengan bebas di malam hari karena ada air mancur dan lampu warna-warni yang indah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tugu Muda

Kegiatan menarik di Tugu MudaKredit foto: Google Maps raden agus suparman

Mereka yang datang ke Tugu Muda tentunya tidak hanya duduk-duduk saja. Ada beberapa kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Meski bukan area yang terlalu luas, Anda tetap bisa leluasa melakukan beberapa aktivitas seperti berikut ini.

1. Santai

Jika Anda tidak yakin dengan tempat bersantai yang murah di Semarang, Anda bisa datang ke wisata yang satu ini. Tempatnya yang nyaman dan asri menjadikan kawasan ini sangat cocok untuk bersantai. Kaum muda juga suka menggunakan area ini sebagai tempat pertemuan. Ini adalah taman terbuka di mana Anda dan teman Anda dapat berbicara dan tertawa dengan bebas.

2. Ambil foto

Kawasan monumen ini memiliki spot foto yang sangat menarik. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang berburu foto-foto Instagram-ready. Salah satu tempat yang banyak digemari adalah taman cinta. Namun, jika Anda berjalan kembali melewati taman di monumen ini, Anda akan menemukan spot lain yang tak kalah menarik.

3. Nikmati air mancurnya

Jika beruntung, Anda bisa melihat pertunjukan air mancur di Tugu Muda Semarang. Air mancur di kolam yang mengelilingi taman memang menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung datang untuk melihat air mancur. Apalagi di malam hari, air mancur ini terlihat jauh lebih bagus dengan lampu hias warna-warni.

4. Tur Malam

Kawasan monumen ini buka 24 jam sehari dan merupakan tempat yang sempurna untuk wisata malam. Selain itu, karena letaknya yang berada di tengah kota, kawasan ini tidak pernah terasa sepi. Menariknya, area memorial yang dikelilingi kolam dengan air mancur ini dilengkapi dengan lampu hias yang membuatnya semakin indah di malam hari.

5. Pelajari sejarah

Kegiatan di Tugu MudaKredit foto: Google Maps Bintangsemarang354

Sebagai monumen, kawasan ini menyimpan sejarah, khususnya tentang perjuangan para pemuda untuk meraih kemerdekaan. Detail arsitekturnya memiliki makna dan arti penting tersendiri yang harus dipelajari agar tidak pernah melupakan sejarah Indonesia di masa lalu, terutama perang 5 hari yang pernah ada di Semarang untuk mengusir penjajah Jepang.

6. Nongkrong

Kawasan ini memang sangat cocok untuk tempat nongkrong anak muda. Terutama pada malam hari. Karena tempatnya yang santai, anak muda bisa bersosialisasi dan melakukan berbagai kegiatan seru bersama. Kadang juga ada pedagang kaki lima seperti bakso, jadi pengunjung juga bisa jajan di area ini.

7. Datang ke Lawang Sewu

Karena jaraknya yang sangat dekat, hal menarik lainnya datang dari wisata Lawang Sewu. Bangunan yang sangat ikonik ini juga menyimpan berbagai cerita dan peristiwa dari masa lalu. Oleh karena itu banyak pengunjung yang penasaran dan datang sendiri. Oleh karena itu, jika Anda memang ingin mengunjungi monumen tersebut, jangan lupa untuk mengunjungi Lawang Sewu juga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Tugu Muda SemarangSumber Gambar: Google Maps Youhua Nita

Tugu Muda memiliki fasilitas berupa taman yang asri. Ada spot foto kekinian, salah satunya taman cinta. Seperti namanya, taman ini penuh dengan tanaman merambat yang berbentuk seperti hati. Di bawah ini adalah jalan. Banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk berfoto.

Fasilitas lainnya meliputi rest area, toilet dan tempat parkir kendaraan. Ada dua pilihan parkir yaitu di sebelah kanan Lawang Sewu atau juga di halaman Museum Mandala. Taman kota yang terdaftar ini juga sangat bersih dari sampah yang berserakan, karena terdapat juga tempat sampah di beberapa sudut taman.

Monumen ini terletak di tengah kota dan karena itu juga dekat dengan alun-alun. Jika Anda datang dari luar kota Anda tidak perlu repot mencari penginapan. Tidak jauh dari monumen ini terdapat penginapan yang nyaman dan murah. Penginapan terdekat hanya berjarak 450 m dan menawarkan fasilitas yang memadai.

Tugu Muda adalah monumen ikonik di Semarang, Jawa Tengah. Sebagai kawasan yang bernilai sejarah, monumen ini juga menyuguhkan taman dan air mancur yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, monumen ini juga terletak sangat dekat dengan gedung Lawang Sewu yang sangat terkenal. Oleh karena itu, tugu ini menjadi destinasi wajib saat berkunjung ke Semarang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button