Berita Wisata

Tumbuh kepedulian terhadap keindahan wisata alam Toraja

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman

Pengarang: Irene Silviana
(Artikel ini juara 3 lomba menulis untuk pelajar SMA dan mahasiswa dalam rangka memperingati HUT media Zonakata.com yang ke 4)

Toraja kaya akan sumber daya alam. Tak hanya itu, keindahan alam Toraja juga tak kalah menarik. Menurut saya Toraja adalah negeri sejuta keindahan.

– PENGUMUMAN –

Pengumuman Penerimaan Anggota Panwaslu Kecamatan/Desa/Lembang di Toraja Utara

Keindahan alam Toraja mampu membuat kita terpesona, membuat hati kita senang dan merasa beruntung menjadi orang Toraja yang memiliki sejuta keindahan alam.

Beberapa tempat di Toraja membuat saya terpesona dengan keindahan alamnya, seperti Danau Limbong, Danau Assa’, Bori’, Pango-pango, Tilangga’, Mapongka dan Bukit Sapi.

Dari tempat tersebut kita bisa melihat indahnya karya Tuhan di Tana Toraja. Hal ini membuat Toraja banyak dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai suku bahkan mancanegara (wisatawan), karena ketakjubannya akan keindahan alamnya.

Ada daya tarik tersendiri dalam hal keindahan alam. Misalnya mengenai perbukitan, juga danau. Keindahan alam Toraja memiliki nilai estetika yang tinggi yang dapat digunakan untuk meningkatkan devisa Toraja melalui pariwisata.

Dan saya yakin keindahan alam ini akan semakin bertambah jika kita mau menjaga dan merawatnya. Begitu pula sebaliknya, jika kita tidak menjaga Alam yang telah Tuhan berikan kepada kita, bencana alam pasti akan terjadi.

Contoh kegiatan manusia yang dapat merusak alam adalah membuang sampah sembarangan, menebang pohon sembarangan, dan membuang limbah pabrik sembarangan.

Pernahkah kita berpikir tentang apa yang akan terjadi jika kita tidak menjaga alam? Hal ini akan terjadi jika alam tidak dijaga dan dirawat oleh manusia.

Hal itu akan terjadi jika kita tidak menjaga kelestarian alam, banjir, tanah longsor, pemanasan global, hilangnya tempat tinggal bagi hewan, sehingga dapat mengganggu kesehatan manusia. Ini sangat berbahaya.

Untuk itu saya berharap kepada masyarakat Toraja khususnya yang sudah dewasa agar kita menjadi yang pertama menjaga keindahan alam Toraja. Karena jika kita orang dewasa tidak menjaganya, bagaimana dengan si bungsu yang akan menjadi penerus masa depan yang akan menjaga alam yang sangat kita cintai ini.

Menurut saya, kita yang sudah dewasa harus menjadi contoh dan teladan bagi adik-adik kita agar tahu betapa pentingnya menjaga alam di Tana Toraja.

Beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian alam, seperti menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan melainkan mendaur ulang sampah menjadi hal yang bermanfaat, menetapkan peraturan agar manusia tidak merusak alam secara sembarangan, dan jika merusak dapat dikenakan hukuman. hewan yang hidup di alam untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Mungkin dengan upaya seperti itu kita bisa mengembangkan dalam diri kita rasa kepedulian terhadap lingkungan. Mari lestarikan alam Toraja!

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button