Tempat Wisata

Tumpeng Menoreh Kulon Progo Jogja, harga tiket dan menu 2023

TUMPENG MENOREH JOGJA
Tiket masuk: Rp 50.000,-
Jam buka: 24 jam
Nomor telepon: 0819-0422-1889
Alamat: Kebun Teh J L. Nglinggo, Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah 55673

Wisata Tumpeng Menoreh di Kulon Progo menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Jogja dalam beberapa tahun terakhir. Hotel ini terletak di area perbukitan dan menawarkan pemandangan 360 derajat Jogja, Magelang dan sekitarnya yang spektakuler. Belum lagi desain arsitektur dan pencahayaan yang bagus. Tak heran jika foto-fotonya, meski tergolong baru berwisata, kerap viral di media sosial. Untuk itu kali ini kami tertarik untuk memberikan gambaran lebih detail mulai dari fasilitas, harga tiket masuk, menu dan rute menuju tempat wisata tersebut.

Kabupaten Kulon Progo sebenarnya sudah cukup terbebani di sektor pariwisata selama lima tahun terakhir. Hamparan persawahan yang hijau, menoreh perbukitan dan keindahan Waduk Sermo menjadi magnet kuat yang menarik ribuan wisatawan. Hal ini juga tidak terlepas dari munculnya sejumlah tempat wisata dan kafe/tempat nongkrong di kawasan tersebut. Tur baru muncul dari waktu ke waktu. Sebut saja warung kopi, payung pule, bunga soka atau kafe kaki lima yang menghadap sawah geblek dengan pemandangan menorehkan.

Euforia tentang sederet wisata baru di Kulon Progo belum usai, kini ada tempat wisata yang tak kalah keren. Sebuah restoran di puncak bukit di kawasan Incised Hills bernama Tumpeng Menoreh. Destinasi ini diciptakan oleh Erix Soekamti, pentolan band punk Endang Soekamti, bekerja sama dengan masyarakat setempat.

Tempat wisata Tumpeng Menoreh di Kulon Progo

Sebenarnya destinasi yang satu ini adalah restoran. Hanya saja lokasinya berada di atas bukit di kawasan bukit potong dan menawarkan pengalaman yang spektakuler. Bentuk bangunan heksagonal memungkinkan pengunjung melihat 360 derajat. Perbukitan hijau disekitarnya, Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro semuanya terlihat begitu indah apalagi saat cuaca sedang cerah. Dari sini, pengunjung juga bisa merasakan keindahan matahari terbit dan terbenam di tempat yang sama. Jika beruntung, awan tipis yang mengelilinginya memberi kesan berada di atas awan.

Penggagasnya adalah Erix Soekamti, seorang musisi dan penyanyi dari band Endang Soekamti. Dengan bantuan warga sekitar yang tergabung dalam komunitas Gelangprojo, restoran ini akhirnya resmi dibuka pada Mei 2021. Nama “Tumpeng Torehan” dipilih karena gundukan tersebut menyerupai torehan tumpeng, yang tentunya mengacu pada letaknya.

Secara filosofis, tumpeng juga merupakan simbol sembahyang, khususnya bagi masyarakat Jawa. “Harapannya ke depan tempat ini bisa menjadi doa dan rasa syukur semua orang,” kata vokalis Endang Soekamti. Menariknya, semua dibangun secara mandiri dan tanpa dukungan pemerintah. Diharapkan kedepannya dapat meningkatkan potensi wisata daerah dan membantu meningkatkan perekonomian kotamadya.

Nikmati matahari terbit dan pemandangan 360 derajat

Pariwisata di Tumpeng mengandalkan keindahan alam sekitarnya. Keajaiban terbitnya matahari atau sunrise menjadi pertunjukan utama di sini. Cahaya kuning kemerahan yang mulai pecah dan menerangi pegunungan Jawa Tengah menjadi pemandangan yang spektakuler.

Golden Sunrise Tumpeng Menoreh Jogja via ig @tumpengmenorehGolden Sunrise Tumpeng Menoreh Jogja via ig @tumpengmenoreh

Gugusan gunung tertinggi di Jawa Tengah juga terlihat seperti Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro. Ini adalah salah satu spot sunrise terbaik di Jogja.

Nongkrong dan nikmati kuliner yang nikmat

nongkrong dan menikmati kulinernongkrong dan menikmati kuliner

Pada siang hari, pengunjung juga bisa nongkrong dan menikmati menu resto bergores tumpeng. Pengalaman menginap dan bersantap di tempat di ketinggian 950 mdpl dengan pemandangan 360 derajat sepertinya masih langka. Di malam hari, lampu kota mulai menyala. Desain bangunan yang disempurnakan dengan penataan lampu juga memberikan pengalaman yang luar biasa.

Ada drive game yang menarik

Naik Tumpeng Cable Car dengan foto by ig @keretagantungNaik Tumpeng Cable Car dengan foto by ig @keretagantung

Tahun 2023, kendaraan mainan baru akan diperkenalkan di tumpeng ini. Kendaraan tersebut adalah kereta gantung dengan panjang rute sekitar 1 km. Kereta ini memiliki satu kursi yang digantung secara bergantian dari kabel baja. Soal keamanan, tentunya dijamin Anda akan mendapatkan helm pelindung.

Buka 24 jam

Menariknya lagi, restoran di dekat Kebun Teh Nglinggo ini buka 24 jam non stop. Tentunya hal ini masih cukup jarang dilakukan oleh objek wisata lainnya. Jadi Anda bisa datang kapan saja untuk menikmati matahari terbit atau terbenam. Ke depan bahkan akan ada kamar pribadi, penginapan, dan wisata edukasi cara membuat nasi tumpeng.

Menginap di glamping

Menginap di Menoreh GlampingMenginap di Menoreh Glamping

Sejak dibuka pada tahun 2021, tempat wisata ukiran tumpeng ini terus berinovasi. Salah satunya adalah penyediaan akomodasi berupa glamping. Glamping merupakan tenda semi permanen dengan kapasitas untuk 3 orang. Menariknya, di area glamping terdapat kolam renang dengan desain menyerupai pantai. Tentu saja unik, pantai yang berada di atas gunung. Baca selengkapnya di Glamping Menoreh.

Biaya masuk Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Namun, untuk bepergian ke sini, pengunjung harus merogoh kocek lebih dalam. HTM torehan tumpeng adalah Rp 50.000/orang. Tapi jangan khawatir nanti kita dapat voucher yang bisa kita tukarkan dengan makanan dan minuman disana. Hidangan yang dijual menambah hasil olahan para ibu-ibu yang berada di dekat wisata lho. Kebanyakan menu Indonesia seperti sayur lodeh, ikan nila bakar, ayam madu wijen, dll.

JENIS TIKET HARGA
Tiket Tumpeng Menoreh + Voucher Makan Rp50.000
Tiket Kereta Gantung + Tumpeng Menoreh + Voucher Makan 100.000 Rp
Paket menginap di Glamping Menoreh 500.000 Rp

Daftar Harga Menu Tumpeng Menoreh Resto

Untuk makan di sini, sistemnya adalah buffet. Menu terdiri dari hidangan tradisional. Berikut adalah berbagai menu dan daftar harga untuk Anda pilih dan nikmati:

menu prasmanan

  • Beras 5k
  • kue 5k
  • Sayuran 5k
  • Telur dadar 5k
  • Kerikil Sayuran 10k
  • ayam goreng 10k
  • Mangga lele 15k
  • Nasi soto 15rb
  • asam jawa 15rb
  • ayam bakar 20rb
  • ikan nila bakar 20rb
  • Ayam madu 20k
  • Rica burung puyuh 20k
  • nasi bakar 15rb
  • Telur balado 7rb
  • Mie ayam 25rb
  • Bakso 25k

menu minuman

  • teh panggang 10k
  • Teh jahe 10k
  • Teh rempah 15k
  • susu putih 10k
  • Susu coklat 10rb
  • Susu jahe 15k
  • Minuman jahe 10rb
  • lebih dari 15k
  • Rempah kayu manis 15rb
  • Kolam belahan dada 15k
  • dll.

Tumpeng Menoreh Jogja

Secara administratif alamat lengkapnya adalah Sumbersari, Pagerharjo, Samigaluh, Ngargoretno, Kulon Progo, DIY. Rutenya sendiri disarankan melalui Jogja – Dekso – Plono – Kebun Teh Nglinggo. Karena jalannya cukup mulus dan lebar. Jadi kalau bisa berkendara dari Jogja ke Dexo, ikuti saja jalan menuju Pasar Plato. Setelah itu naik ke Kebun Teh Nglinggo. Dibutuhkan sekitar satu jam dari Jogja ke Tumpeng Menoreh Samigaluh. Lihat Google Maps untuk detail lebih lanjut.

Nah itulah akhir dari review wisata tumpeng Kulon Progo. Keren bukan tempatnya? Kalau ke sini jangan lupa bawa jaket, apalagi kalau datang di malam hari. Waktu terbaik untuk bepergian adalah antara Juli dan Oktober, karena intensitas hujan sudah berkurang. Ini memastikan tidak hanya pengendaraan yang nyaman tetapi juga pandangan yang stabil.

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button