Tempat Wisata

Vietnam Village: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Vietnam Village: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Desa Vietnam tidak hanya memiliki unsur sejarah yang kental, namun juga cocok dijadikan destinasi wisata outdoor untuk berbagai jenis aktivitas, termasuk berkemah.

desa Vietnam merupakan objek wisata sejarah yang menawarkan keajaiban keindahan yang tiada duanya. Di kawasan wisata ini Anda akan disuguhkan dengan bangunan bersejarah bekas kamp pengungsi Vietnam.

Saat Anda sampai di pintu masuk desa Vietnam, Anda akan menemukan sederet bangunan yang mewakili sebuah pemukiman. Pemukiman ini terdiri dari bangunan-bangunan peninggalan masyarakat Vietnam masa lalu. Pasalnya, desa Vietnam merupakan pemukiman tempat tinggal para pengungsi asal Vietnam.

Ada banyak bangunan bernilai sejarah di desa Vietnam ini. Bangunan-bangunan di desa-desa Vietnam adalah bangunan kosong. Diantaranya adalah rumah yang sudah tidak terawat, tempat ibadah, rumah sakit, penjara, kuburan, sekolah dan masih banyak lagi bangunan lainnya.

Bepergian dan belajar tentang sejarah pada saat yang bersamaan

Dengan mengunjungi tempat wisata ini Anda bisa belajar banyak tentang sejarahnya. desa Vietnam Dulunya merupakan kawasan yang menjadi tempat perlindungan orang Vietnam. Mereka melarikan diri karena perang besar sedang berkecamuk di negara mereka. Perang tersebut terjadi pada tahun 1970an.

Sekitar 250.000 orang, termasuk pria, wanita, anak-anak, orang dewasa dan bahkan orang tua, berlayar melintasi lautan dengan perahu kayu untuk mencari perlindungan. Dan akhirnya mereka sampai di perairan Indonesia lalu berlabuh di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Riau

Hingga akhirnya PBB melalui United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dengan persetujuan pemerintah Indonesia menetapkan Pulau Galang sebagai tempat evakuasi warga Vietnam.

Kemudian dibangun kawasan pemukiman yang layak bagi para pengungsi untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggalnya. Berbagai bangunan dibangun antara lain rumah tinggal, gedung sekolah, pelabuhan, tempat ibadah, rumah sakit dan bangunan lain yang menunjang aktivitas mereka. Hal ini menciptakan kawasan hunian yang lengkap dengan berbagai fasilitas.

Selama kurang lebih 17 tahun, sebanyak 250.000 warga Vietnam mengungsi ke Indonesia. Sekitar 500 di antaranya meninggal karena sakit dan usia. Sisanya kembali ke negaranya setelah perang berakhir.

Sehingga kampung Vietnam tersebut menjadi pemukiman tak berpenghuni dan kini dijadikan kawasan wisata di Batam, Kepulauan Riau. Museum desa Vietnam dibangun di sana, dan juga terdapat perahu kayu yang biasa digunakan para pengungsi untuk berlayar ke Indonesia.

Nikmati keindahan alam

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menikmati keindahan alam desa Vietnam. Misalnya berjalan-jalan menyusuri bangunan-bangunan yang sudah tidak berpenghuni sekaligus mempelajari nilai-nilai sejarah yang ada. Anda juga bisa berkemah di tempat wisata ini untuk lebih mengetahui nilai sejarahnya.

Fasilitas di desa Vietnam

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Desa Viernam belum memadai. Vietnam Village sebenarnya merupakan kawasan pemukiman, namun kini sudah ditinggalkan warganya. Oleh karena itu, kawasan ini kini dijadikan kawasan wisata, namun belum memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Misalnya saja warung makan, penginapan atau fasilitas lainnya.

Baca Juga: Nikmati Model Arsitektur Eropa di Jembatan Barelang

Berburu foto di desa Vietnam

Di kawasan wisata desa Vietnam ini banyak terdapat tempat-tempat unik yang bisa Anda jadikan spot foto. Anda bisa berfoto di depan bangunan-bangunan tua yang ditinggalkan penghuninya. Anda juga bisa berfoto di depan patung manusia yang ada di depan pintu masuk.

Akses ke desa Vietnam

Vietnam Village terletak sekitar 50-60 km dari pusat kota Batam. Anda bisa mencapai kawasan wisata ini dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi. Dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk mencapai objek wisata di desa Vietnam ini.

Tips bepergian ke desa-desa Vietnam

Jika Anda berencana berkunjung desa Vietnam, sebaiknya membawa makanan yang cukup karena tidak ada warung makan di tempat ini. Bagi Anda yang merupakan wisatawan dari luar Batam, sebaiknya sudah memesan akomodasi karena tidak tersedia akomodasi di kawasan ini.

Peta lokasi desa-desa Vietnam

Jam buka dan harga tiket Desa Vietnam

Anda bisa mengunjungi objek wisata desa Vietnam ini kapan saja, namun sebaiknya berkunjung pada pagi hingga sore hari. Pasalnya, desa-desa di Vietnam masih menyimpan suasana mistis yang diyakini masyarakatnya. Soal harga tiket masuk atau HTM, Anda bisa menyiapkan biaya sebesar Rp 5.000/orang dan biaya parkir kendaraan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tempat wisata desa Vietnam yang berlokasi di Batam. Semoga dapat memperkaya destinasi wisata anda di Kepri.

Galeri foto desa Vietnam

Selamat datang di Desa Vietnam, Batam
Potret sebuah rumah tua di desa Vietnam
Potret sebuah kapal tua
Potret tempat ibadah di desa Vietnam
Potret kuburan di desa Vietnam
Sejarah kampung Vietnam di Batam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button