Berita Wisata

Vihara Batam mulai berdandan jelang Tahun Baru Imlek

IMG 20230115 WA0001 e1673843338705Para pemuda Tionghoa Ciptaland terlihat kompak menyiapkan lampion untuk menghiasi Kelenteng Ciptaland Sekupang.

batampo – Perayaan Imlek menurut penanggalan Masehi jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Masyarakat yang akan merayakannya di Kota Batam mulai mempersiapkan diri menyambut Imlek.

Sejumlah vihara di Batam yang nantinya akan menjadi tempat ibadah saat Imlek sudah mulai berbenah. Seperti pemandangan candi Ciptaland di Sekupang, Minggu (15/1).

Menyaksikan pemandangan itu, sejumlah pemuda Tionghoa bersama-sama menghiasi Kelenteng Ciptaland. Mereka dengan semangat menata dan membersihkan areal vihara, dimulai dengan membersihkan tembok, pagar dan rerumputan di halaman.

Baca juga: Antisipasi Penculikan, Anak Harus Menunggu di Sekolah

Selain itu, seluruh area vihara diterangi dengan lampion merah. Sejumlah ornamen khas Khonghucu menambah semarak suasana Imlek. Hal ini dirasakan saat pengunjung berkunjung ke Vihara. “Setiap tahun kami membersihkan vihara bersama. Biar semuanya bersih menyambut Imlek nanti. Sekarang kita lanjutkan pemasangan lampunya,” kata Acai, pemuda Tionghoa asal Ciptaland, sambil merapikan kabel-kabel lampion.

Saat memasang Lentera Acai, beberapa anak muda lainnya membantunya. Berdampingan mereka duduk hingga sekeliling biara dipenuhi lentera. Kondisi ini menjadi perhatian warga sekitar, banyak warga yang melihat dan mendokumentasikan kegiatan tersebut.

“Suasana Imlek sudah terasa, lampion-lampion ditata dengan hati-hati agar pemandangan pantai semakin terasa,” kata Andin, warga sekitar.

Baca Juga: Pesan PSK dan Bongkar Tempat Pelacuran di Jodoh

Vihara Ciptaland memang tidak sebesar vihara lainnya di Batam. Hanya saja, Vihara yang dikelola Yayasan Cipta Dewi Samudera ini memiliki pemandangan yang menarik. Vihara ini berhadapan langsung dengan laut lepas Singapura – Batam. Dari tempat ini, Anda bisa melihat dengan jelas deretan gedung pencakar langit di Singapura. Selain itu, Anda juga bisa melihat kapal-kapal besar berjejer di tengah laut.

Halaman Vihara yang hijau membuat pengunjung betah saat berkunjung ke tempat ini, apalagi tersedia tempat duduk. Banyak warga lokal yang sengaja datang untuk berfoto dengan pemandangan pantai laut yang menyejukkan mata.

“Setiap main ke sini harus mampir ke vihara, pemandangannya indah dan banyak spot fotonya,” tambah warga Tanjung Riau Sekupang.

Reporter: Rengga Yuliandra

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button