Tempat Wisata

Waduk Keuliling: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Waduk Keuliling: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pesona wisata Aceh Besar seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Banyak sekali keindahan alam tersembunyi yang tersebar di berbagai tempat di kabupaten ujung Provinsi Aceh ini. Waduk Keuliling merupakan salah satu contoh kecil dari sekian banyak tempat wisata di Aceh Besar. Terdapat pemandangan alam indah disekitarnya yang mampu meninabobokan pengunjungnya.

Waduk Keuliling memang merupakan salah satu tempat wisata murah nan ceria yang populer di kalangan warga Aceh. Tak jarang tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal di akhir pekan. Lokasinya yang terbilang terpencil tidak menghalangi warga untuk menikmati indahnya panorama waduk.

Waduk Keuliling

Secara administratif waduk ini terletak di Kecamatan Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi Waduk Keuliling, wisatawan perlu menempuh perjalanan setidaknya sekitar 35 kilometer atau sekitar satu jam dari Kota Banda Aceh. Banyak juga warga yang menyebut waduk ini sebagai Waduk Indrapuri.

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda bisa mengambil jalur Medan-Banda Aceh dari Banda Aceh yang kondisi jalannya cukup baik. Jalannya sudah beraspal baik sehingga memudahkan perjalanan wisatawan. Selanjutnya wisatawan dapat mengikuti rambu-rambu jalan yang ada di kawasan Cot Glie. Selama perjalanan Anda akan melihat indahnya gugusan bukit dan rumah-rumah penduduk.

Pesona Waduk Keuliling

Setelah kurang lebih 15 menit berkendara dari kawasan Cot Glie, Anda akan melihat pintu masuk waduk yang dijaga petugas. Wisatawan harus membayar biaya masuk terlebih dahulu dan memarkir kendaraannya di dekat pintu masuk waduk. Saat memasuki waduk, Anda akan disuguhkan pemandangan indah waduk besar disertai awan biru cerah.

Padahal, fungsi utama Waduk Keuliling adalah mengairi sawah untuk mengairi sawah di sekitar Krueng, Aceh, yang luas sawahnya mencapai 4.000 hektar. Pembangunan waduk ini dimulai pada tahun 2000 dan selesai sekitar tahun 2008. Waduk tersebut memiliki luas cekungan 228 hektare dan mampu menampung 17 juta meter kubik air.

Waduk Keuliling

Di pintu masuk waduk Anda bisa melihat bebatuan alam yang tertata rapi di pinggir jalan. Terdapat juga pendopo sederhana di sekitar waduk dimana wisatawan dapat bersantai menikmati udara segar dan angin sepoi-sepoi dari waduk. Area sekitar waduk juga dihiasi dengan rerumputan hijau yang membuat suasana tempat ini sangat asri.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah berupa gugusan gunung yang tampak berjajar dari kejauhan. Selain itu, terdapat juga beberapa pulau yang dipenuhi tanaman hijau di tengah waduk sehingga terlihat alami dan menarik secara visual. Menjelang sore, banyak warga yang datang menunggu matahari terbenam sambil menikmati panorama alam Waduk Keuliling.

Sayangnya wisatawan tidak diperbolehkan berenang di waduk ini. Di beberapa tempat, kedalaman Waduk Keuliling mencapai puluhan meter sehingga dapat membahayakan keselamatan wisatawan. Selain itu, tidak ada petugas keamanan yang menjaga waduk jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Di dalam waduk juga terdapat berbagai jenis ikan yang biasa dijadikan tempat pemancingan warga sekitar. Berbagai jenis ikan air tawar disini ada seperti ikan mujair, ikan mujair dan masih banyak lagi. Wisatawan bisa memancing secara gratis di tempat ini dan membawa pulang ikannya untuk dimakan.

Fasilitas Waduk Keuliling

Padahal, fasilitas di Waduk Keuliling cukup lengkap. Terdapat beberapa fasilitas seperti tempat parkir dan musala yang dapat digunakan wisatawan untuk beribadah. Selain itu, terdapat juga pendopo sederhana beratap jerami di sekitar waduk. Wisatawan dapat memanfaatkan pendopo untuk bersantai dan menikmati keindahan waduk.

Di lokasi ini juga terdapat toilet, serta kotak-kotak sederhana di pinggir waduk. Sayangnya warung tersebut hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. Sebagian besar fasilitas tersebut masih dapat digunakan wisatawan namun kondisinya memprihatinkan. Penyebabnya adalah ketidakjelasan administrasi dan rendahnya kesadaran warga terhadap pariwisata.

Baca juga: Tahura Pocut Meurah Intan, Taman Hutan Raya di Aceh Besar

Belum lagi wisatawan tidak bertanggung jawab yang merusak fasilitas tersebut dan tidak ikut serta dalam pemeliharaannya. Waduk Keuliling menawarkan pesona wisata yang berpotensi menarik lebih banyak wisatawan. Tentu saja hal ini memerlukan keterlibatan pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih terhadap waduk tersebut. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di waduk tersebut.

Nikmati keindahan waduk

Saat Anda berkunjung ke Waduk Keuliling, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah. Pesona waduk yang berisi air tenang, dipadukan dengan birunya awan dan hijaunya tanaman di sekitarnya, menciptakan komposisi warna yang sangat memanjakan mata. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama pegunungan yang bisa dilihat dari jauh.

Anda bisa menikmati keindahan waduk dengan bersantai di bebatuan atau di pendopo yang disediakan untuk wisatawan. Udara di waduk ini juga sangat sejuk dan segar, bebas polusi namun masih sangat alami. Angin sepoi-sepoi akan membawa Anda ke atmosfer dan Anda tidak akan pernah ingin meninggalkan waduk.

penangkapan ikan

Waduk Keuliling tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga berbagai jenis ikan air tawar yang bisa Anda tangkap untuk memancing. Jika Anda hobi memancing, Anda bisa menyiapkan kail dan umpan terlebih dahulu sebelum menuju ke waduk. Karena masih belum ada persewaan alat pancing untuk wisatawan disini.

Anda akan merasa seperti sedang memancing di air tawar sambil menikmati suasana alam yang indah. Tentunya Anda tidak akan bosan menunggu ikan menyerang umpan pancing. Anda bisa mendapatkan ikan seperti nila, nila dll. Memancinglah pada hari Sabtu dan Minggu dan Anda akan menemukan banyak pemancing yang mencari ikan di waduk ini.

Perburuan Foto

Saat berada di waduk ini, wajib rasanya bersenang-senang bersama teman-teman terdekat. Ada berbagai objek menarik yang bisa Anda jadikan background selfie. Selain itu, banyak juga fotografer lanskap yang melewati waduk ini hanya untuk mengambil foto. Bahkan, keindahan waduk ini sayang untuk dilewatkan.

Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk foto prewedding. Tentu saja foto-foto yang sangat menarik dan tak terlupakan akan tercipta jika Anda berfoto di waduk di Aceh Besar ini.

Biaya masuk Waduk Keuliling

Untuk memasuki Waduk Keuliling wisatawan harus membayar pajak sebesar Rp. 3.000 per orang atau Rp 5.000 untuk dua orang saja.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Waduk Keuliling

Tips menuju Waduk Keuliling

  • Bawalah kail dan umpan dari rumah jika Anda berencana memancing di waduk.
  • Selalu berhati-hati di dalam waduk, karena kedalaman waduk ini beberapa puluh meter.
  • Berenang di waduk dilarang karena dapat membahayakan keselamatan wisatawan.
  • Selalu menjaga kebersihan wadah dengan tidak membuang sampah ke dalam atau sekitar wadah.
  • Selalu simpan dengan aman dan jangan merusak apapun yang ada di dalam wadah.

Galeri foto waduk Keuliling

Selamat datang di waduk KeulilingWaduk Keuliling

Potret pengunjungKeindahan Waduk KeulilingPotret pepohonan di tepi wadukDengan sepeda ke waduk

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button