Tempat Wisata

WAYANG WINDU Panenjoan Bandung: Review & Tiket Masuk

Tidak ada habisnya berbicara tentang wisata alam di Bandung, salah satunya adalah Wayang Windu Panenjoan Bandung atau dikenal dengan WWP. Obyek wisata WWP ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan banyaknya perkebunan teh hijau.

Dengan pemandangan alam yang indah dan kebun teh yang asri, WWP memang menjadi tujuan wisata yang direkomendasikan. Untuk mengetahui harga tiket masuk lengkap, jam buka dan atraksi Wayang Windu Panenjoan simak ulasan yang dipaparkan Suwatu berikut ini.

Atraksi boneka Panenjoan Windu Bandung

Atraksi boneka Panenjoan Windu BandungAtraksi Wayang Windu Panenjoan Bandung, image by @wisatapangalengan

Bandung tidak pernah kehabisan tempat wisata yang hits, mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner. Salah satu obyek wisata yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai daerah adalah Wayang Windu Panenjoan Pangalengan Bandung.

1. Jembatan kayu Kebun Teh

Salah satu daya tarik yang ditawarkan objek wisata ini adalah wahana jembatan kayu yang dibangun di atas area kebun teh. Jembatan yang membentang sekitar 100 meter ini menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto dengan background kebun teh yang indah.

Sejauh mata memandang mata Anda tersaji hamparan hamparan kebun teh hijau. Jembatan kayu memanjang ini seolah membelah pohon teh sehingga semakin menarik untuk dipandang.

Awalnya, jembatan ini hanya berfungsi sebagai jalan bagi pengunjung yang ingin mengelilingi kebun teh Wayang Windu. Namun, tak sedikit orang yang tertarik untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di sepanjang jembatan kayu ini.

2. Pemandangan alam yang indah dan sejuk

Terletak di dataran tinggi. Wayang Windu Panenjoan menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri dengan udara yang sejuk. Karena itu, banyak orang yang tertarik mengunjungi objek wisata ini untuk refreshing dan melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Pihak pengelola tempat wisata WWP ini juga telah menyediakan gardu pandang atau menara kayu untuk menikmati keindahan alam dari atas. Menara ini juga menjadi spot populer bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga atau teman.

3. Hiking di Wayang Windu Bandung

Selain keindahan kebun teh yang hijau, Anda juga bisa trekking ke puncak Wayang Windu yang cukup menantang stamina. Jalur pendakian masih berbatu dan belum diaspal.

Jalur yang harus anda lewati untuk jalur pendakian ini juga cukup terjal, namun terbayar dengan panorama alam yang ditawarkan. Udara sejuk khas dataran tinggi pun ikut menemani perjalanan Anda saat mendaki di Wayang Windu.

4. Jalur sepeda

Selain hiking, Anda juga bisa mencoba jalur bersepeda di kawasan wisata Wayang Windu Panenjoan Bandung. Jalur sepeda ini membelah luasnya perkebunan dengan panjang mencapai 15 km.

Menariknya, jalur sepeda di WWP telah dibagi menjadi beberapa level sehingga bisa digunakan oleh pemula hingga profesional dengan tingkat kesulitan tinggi.

Beberapa rute sepeda di WWP antara lain rute Mini Down Hill (DH), rute All Mountain (AM), rute Cross Country (XC) dan lain-lain.

5. Tempat Berburu Golden Sunset

Wayang Windu Panenjoan 1800 juga merupakan tempat yang populer untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam yang menakjubkan. Dibalut dengan udara sore yang sejuk dan suasana yang menenangkan, momen golden sunset di WWP akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

Anda yang berkunjung ke objek wisata ini saat musim kemarau akan disambut dengan pemandangan kabut tipis yang menyejukkan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan golden sunset di Wayang Windu.

Baca Juga: Pangalengan Sky Park Bandung

Harga tiket Wayang Windu Panenjoan Bandung

Harga tiket Wayang Windu Panenjoan BandungTiket masuk Wayang Windu Panenjoan Bandung, picture by @_jalanjalan_yuk_

Untuk menikmati keindahan alam di obyek Wayang Windu Panenjoan, biaya masuknya sangat terjangkau. Setiap pengunjung baik dewasa maupun anak-anak dikenakan HTM sebesar Rp10.000 per orang.

Harga tiket masuk ini berlaku pada hari kerja (weekdays) dan akhir pekan (weekend). Namun, turis asing dikenakan biaya tiket yang berbeda.

Jam buka Wayang Windu Panenjoan

Jam buka Wayang Windu PanenjoanJam buka Wayang Windu Panenjoan, gambar

Bagi anda yang tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di Wayang Windu Panenjoan ini merupakan tempat wisata 24 jam. Obyek wisata alam ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, termasuk hari libur nasional.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam hijaunya kebun teh, waktu terbaik mengunjungi WWP adalah pagi hari. Namun, bagi Anda yang ingin menyaksikan sunset, Anda bisa datang ke objek wisata ini pada sore hari.

Baca Juga: Tebing Keraton Bandung

Fasilitas wayang Windu Panenjoan

Fasilitas wayang Windu PanenjoanFasilitas Wayang Windu Panenjoan, image by @tikasutanti1

Untuk memberikan kenyamanan pengunjung, pihak pengelola objek wisata Wayang Windu Panenjoan telah menyediakan sejumlah fasilitas seperti gardu pandang, spot foto, toilet umum, dan mushola.

Lahan parkir yang disediakan juga cukup luas, sehingga bisa digunakan untuk memarkir mobil, motor, atau minibus. Selain itu, tempat wisata WWP ini juga menawarkan beberapa pendopo tempat Anda bisa beristirahat atau berteduh.

Jangan khawatir, Anda juga akan menemukan beberapa warung makan yang menawarkan berbagai hidangan untuk mengisi perut Anda. Wayang Windu juga dekat dengan beberapa objek wisata lainnya seperti Wisata Batu Eon, Gunung Nini, Kertamanah Waterpark dan lain sebagainya.

Tempat wisata WWP juga dekat dengan akomodasi seperti wisma dan homestay, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu lebih lama di sini.

Lokasi Wayang Windu Panenjoan Bandung

Lokasi Wayang Windu Panenjoan BandungLokasi Wayang Windu Panenjoan Bandung, image by @novanovita

Obyek wisata Wayang Windu terletak di kawasan dataran tinggi, tepatnya di Desa Banjarsari, Pangalengan, Bandung. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Bandung dan memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam tergantung kondisi jalan, macet atau tidak.

Akses jalan dan jalur menuju Wayang Windu relatif mudah, meski tidak semulus itu. Bagi Anda yang keluar melalui Tol Purbaleunyi, Anda bisa mengarahkan laju kendaraan ke pintu keluar GTO Moh Toha.

Setelah itu, Anda bisa belok kanan untuk melanjutkan perjalanan menuju Pangalengan. Saat keluar dari Gerbang Tol Ketapang, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah Banjaran. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Cimaung hingga tiba di Bundaran Pangalengan.

Selanjutnya anda bisa belok kiri dan ikuti jalan atau petunjuk arah hingga tiba di objek wisata Wayang Windu Panenjoan. Hati-hati juga karena kontur jalan menuju WWP cenderung menanjak dan berkelok-kelok.

Saat anda mendekati kawasan wisata Wayang Windu, anda akan menemukan kondisi jalan yang tidak lain adalah tanah dan bebatuan. Meski demikian, Anda akan dihadapkan pada pemandangan alam yang indah dan udara dataran tinggi yang sejuk dalam perjalanan menuju WWP.

Wayang Windu Panenjoan Bandung memang menjadi destinasi wisata alam yang direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Dengan panorama alam yang indah dan udara yang sejuk, tempat wisata WWP ini sangat cocok untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button