Berita Wisata

Wisata 20 Tahun Baru di Jakarta, ada tempat bersantai yang instagrammable

KOMPAS.com – Dalam waktu kurang dari sebulan, kita akan meninggalkan tahun 2022 dan memasuki tahun 2023.

Momentum pergantian tahun ini umumnya dirayakan oleh masyarakat, termasuk DKI Jakarta. Ada banyak ide kegiatan untuk merayakan tahun baru, termasuk pergi berlibur ke tempat-tempat wisata.

Baca Juga: Jelang Natal 2022 di Gereja Katedral Jakarta, Jemaat Bisa Parkir di Masjid Istiqlal

Selain itu, 1 Januari 2023 ditetapkan sebagai hari libur nasional, meskipun jatuh pada hari Minggu. Jika Anda berada di ibu kota, ada sejumlah tempat wisata untuk merayakan tahun baru 2023.

Baca Juga: 5 Tempat Nobar Piala Dunia 2022 di Jakarta, Ada yang Suasananya Mirip di Qatar

Berikut sejumlah tempat wisata untuk merayakan tahun baru 2023 di DKI Jakarta sebagai rangkuman Kompas.com.

1. Halte Transjakarta Bundaran HI

Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022). Dermaga. Ngabila Salama Salah satu pengunjung yang berfoto di sky deck halte Bundaran HI yang baru saja direvitalisasi dan diresmikan pada Sabtu (15/10/2022).

Bundaran Hotel Indonesia (HI) merupakan salah satu ikon ibu kota. Saat ini, kawasan ikonik ini semakin cantik pasca renovasi halte Transjakarta.

Kutipan Kompas.com (18/10/2022), halte di Jalan MH Thamrin kini memiliki nomor tempat gambar yang menarik.

Halte bus terdiri dari dua lantai. Di lantai dua terdapat paviliun atau sky deck. Sedangkan lantai satu tetap difungsikan sebagai ruang penumpang Transjakarta.

Pengunjung bisa berfoto dengan background tugu selamat datang di tengah Bundaran HI.

Baca juga: 7 Hotel Murah Dekat Bundaran HI Tahun Baru Hanya Rp 100.000

2. Sarinah

Setelah puas berfoto di halte Transjakarta Bundaran HI, Anda bisa lanjut ke Sarinah. Demikian pula, mal ini juga baru saja direnovasi.

Setelah diluruskan, Sarinah sudah banyak tempat Foto instagrammable diantara yang lain amfiteater, skydeck, museum dan galeri foto. Pengunjung juga bisa melihat relief dari zaman Presiden Soekarno.

Sebelumnya, generasi penerus yang berusia di atas 50 tahun disembunyikan di ruang mesin atau ruang AHU di belakang restoran cepat saji.

Pengunjung Sarinah juga bisa membeli berbagai produk lokal dari UMKM.

Baca Juga: Simak Mobil Kepresidenan Sejak Era Soekarno Bisa Singgah di Sarinah

3. Distrik Kota Tua

Warga melintas di Stasiun Jakarta Kota pada Jumat (26/08/2022).  Kawasan yang dulunya merupakan halte TransJakarta Kota dan jalur kendaraan kini menjadi ruang terbuka yang lebih nyaman bagi pejalan kaki.  Namun kawasan ini masih dalam tahap pembangunan.KOMPAS.com/NABILLA TASANDRA Warga melintas di Stasiun Jakarta Kota pada Jumat (26/08/2022). Kawasan yang dulunya merupakan halte TransJakarta Kota dan jalur kendaraan kini menjadi ruang terbuka yang lebih nyaman bagi pejalan kaki. Namun kawasan ini masih dalam tahap pembangunan.

Tak mau kalah, kawasan Kota Tua di Jakarta Barat juga baru saja direvitalisasi. Jika penasaran dengan wajah baru kota lama, Anda bisa mengunjunginya saat liburan tahun baru 2023.

Kutipan Kompas.com (27/8/2022), pasca revitalisasi, masyarakat dapat menikmati zona pejalan kaki yang lebih luas dan angkutan umum yang lebih terintegrasi.

Beberapa jalan telah diubah menjadi bebas sepeda motor menjadi ramah pejalan kaki. Di sepanjang jalan juga terdapat beberapa tempat duduk bagi warga untuk beristirahat.

Baca Juga: 6 Museum di Kota Tua Jakarta dan Harga Tiket Masuknya

4. wilayah Sudirman

Kawasan Sudirman sempat viral karena fenomena Citayam Fashion Week. Meski gaung Citayam Fashion Week mulai meredup, masyarakat tetap bisa berlibur di kawasan Sudirman.

Sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan Sudirman antara lain berfoto di tempat yang instagramable seperti terowongan Kendal.

Pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner atau berjalan-jalan di sepanjang promenade tepi sungai di sekitar Stasiun BNI City atau Taman Dukuh Atas.

5. Karet Pinisi JPO

Hujan yang turun di kawasan Sudirman, Jakarta tak menyurutkan tekad para pemburu foto di Perlintasan Phinisi Karet Sudirman, Sabtu (3/12/2022) sore. Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Hujan yang mengguyur kawasan Sudirman, Jakarta, tak menyurutkan tekad para pemburu foto di Jembatan Penyeberangan Phinisi Karet Sudirman, Sabtu (3/12/2022) sore.

Usai diresmikan pada Kamis (10/3/2022), jembatan penyeberangan bertema Phinisi Karet Sudirman (JPO) itu ramai dikunjungi warga sekitar.

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya ingin berfoto di JPO yang menyerupai desain kapal pinisi tersebut.

Kutipan Kompas.com, (12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai Jembatan Penyeberangan Sepeda (JPS). JPO Phinisi mengusung konsep modern, dilengkapi dengan platform yang menyerupai kapal pinisi.

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan jalur lengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung untuk pengendara sepeda.

Jika Anda tidak sempat berfoto di JPO instagrammable itu, maka cobalah berkunjung saat liburan tahun baru.

Baca Juga: 4 Tips Penting Berfoto di JPO Phinisi Sudirman, Hati-Hati!

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button